One Piece: Makna Tersembunyi Bendera Pemerintah Dunia

Terlihat sederhana, simak apa makna di bali bendera Pemerintah Dunia.

Agung Pratnyawan
Selasa, 22 November 2022 | 18:16 WIB
One Piece - Bendera Pemerintah Dunia. (ist)

One Piece - Bendera Pemerintah Dunia. (ist)

Hitekno.com - Bendera Pemerintah Dunia atau World Government di One Piece memang terlihat sederhana. Namun siapa sangka bendera tersebut memiliki arti dan makna tersembunyi. Simak pembahasan teori One Piece soal bendera Pemerintah Dunia ini.

Sebagai diketahui Pemerintah Dunia memiliki kuasa yang sangat besar di dunia One Piece. Di mana semua negara tunduk dan barang siapa berani membantah atau menolak perintah akan diberantas.

Baca Juga: - One Piece: Rencana Rahasia Dragon dan Dr Vegapunk, Siapkan Kuma untuk Melawan Pemerintah Dunia - One Piece: Ibu Luffy Jadi Karakter Kunci, Pegang Rahasia Pemerintah Dunia? - One Piece: 4 Kekuatan Militer Pemerintah Dunia yang Diwaspadai Bajak Laut - One Piece: Jadi Misteri, Ini Alasan Law Bekerja untuk Pemerintah Dunia

Dibekali angkatan laut yang punya armada kuat, ditambah laksamana tangguh membuat World Government ditakuti para penduduk di One Piece. Kecuali para Bajak Laut dan Tentara Revolusioner.

Jika kamu perhatikan lebih lanjut, Pemerintah Dunia memiliki sebuah simbol unik pada benderanya. Meski terlihat sederhana, bendera Pemerintah Dunia ternyata ada artinya sendiri.

Simbol dalam bendera Pemerintah Dunia tersebut berupa lima bulatan yang saling terhubung. Meskipun Eiichiro Oda belum menjelaskan tentang arti simbol tersebut, terdapat beberapa spekulasi yang muncul di kalangan fans terkait hal ini.

Berikut ini beberapa teori One Piece soal makna di balik bendera Pemerintah Dunia tersebut, dirangkum tim HiTekno.com dari Depok.suara.com.

Petunjuk Keberadaan Laugh Tale

One Piece - Bendera Pemerintah Dunia. (fandom)
One Piece - Bendera Pemerintah Dunia. (fandom)

Salah satu teori One Piece menyebutkan kalau arti simbol World Government adalah petunjuk mengenai keberadaan pulau terakhir, Laugh Tale. Simbol tersebut mewakili empat Road Poneglyph yang dan pulau Laugh Tale. 

Road Poneglyph sendiri diwakili oleh empat bulatan yang ada disekitarnya atau di sekelilingnya. Sedangkan, pulau Laugh Tale diwakilkan oleh bulatan di bagian tengah empat bulatan lain.

Keempat bulan tersebut kemudian terhubung ke bulatan tengah, yang mana hal ini pun sesuai dengan cara menuju Laugh Tale. Seperti yang kamu ketahui, untuk bisa pergi ke Laugh Tale seorang bajak laut harus terlebih dahulu menemukan keempat Road Poneglyph.

Karena, itu adalah satu-satunya jalan untuk bisa menemukan pulau terakhir. Pasalnya, ada petunjuk yang jelas di keempat Road Poneglyph tersebut.

Ketika seseorang berhasil untuk mengumpulkan keempat petunjuk dari Road Poneglyph, maka mereka akan mapu menuju Laugh Tale. Pihak World Government sendiri kemungkinan memiliki peta atau mengetahui lokasi di mana Road Poneglyph berada. 

Bahkan, spekulasi yang santer di kalangan fans menyebutkan bahwa mereka memiliki potongan terakhirnya.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya kemungkinan tersebut masuk akal mengingat mereka adalah pihak yang bertanggung jawab atas berbagai peristiwa besar seperti abad yang hilang.

Terlebih, mereka tidak mau ada seorang pun yang menemukan pulau tersebut dan mengungkapkan rahasia besar di dalamnya. 

Empat Lautan One Piece 

Dunia One Piece dan Im Sama. (HiTekno.com)
Dunia One Piece dan Im Sama. (HiTekno.com)

Teori One Piece lain soal bendera Pemerintah Dunia ini menghubungkan dengan adanya empat lautan. Selain petunjuk tentang Road Poneglyph, empat bulatan tersebut juga bisa melambangkan keempat lautan.

Dalam dunia One Piece, terdapat empat lautan luas atau Four Blues yang besar yaitu North Blue, South Blue, West Blue, dan East Blue.

Sedangkan, bulatan di bagian tengahnya bisa juga dianggap sebagai Red Line atau Mary Geoise yang menjadi rumah bagi kaum naga langit dan juga bangsawan lainnya. Serta menjadi rumah bagi World Government.

Melambangkan Gorosei

Lima tetua alias Gorosei di anime One Piece. (Fandom)
Lima tetua alias Gorosei di anime One Piece. (Fandom)

Teori One Piece lainnya adalah kelima bulatan di simbol World Government tersebut adalah simbol dari Gorosei atau lima tetua bintang. Gorosei adalah sebutan untuk lima orang tua yang hingga sekarang identitasnya masih belum terungkap namanya. 

Mereka adalah orang-orang penting di World Government dan memiliki jabatan yang lebih tinggi dari pada masyarakat biasa.

Bahkan, mereka adalah orang-orang yang memiliki akses langsung dengan Im Sama. Selama ini, orang-orang lebih mengetahui Gorosei adalah pemimpin dari seluruh dunia dan World Government. 

Merekalah yang menjadi wajah dari organisasi tersebut, meskipun pada faktanya hal tersebut tidaklah benar. Masih ada sosok Im yang berkuasa dan memberikan perintah kepada Gorosei.

Tetapi, seperti yang muncul dalam ceritanya, Im tidak pernah muncul ke permukaan. Dia selalu memberikan perintah dan mengatur semuanya dari balik bayang-bayang. 

Bahkan, masih ada kemungkinan bahwa para Gorosei sendiri belum pernah melihat wujud asli dari sosok Im. Jika memang demikian, maka artinya seluruh dunia One Piece tidak ada yang tahu keberadaan Im.

Ini juga yang sempat diprediksi jadi alasan mengapa Im menghancurkan kerajaan Lulusia. Karena, dia ingin menghancurkan Sabo yang sudah melihat dan mengetahui keberadaannya. 

Dengan Im yang tidak ingin keberadaannya diketahui orang, wajar jika kemudian Gorosei yang menjadi wajah World Government. Ini juga yang dilambangkan dalam lima bulatan di bendera mereka.

Itulah beberapa teori One Piece yang membahas makna di balik bendara Pemerintah Dunia. (Depok.suara.com)

Berita Terkait

TERKINI

"Dia kalau di Isekai, fix wanita tercantik," kata netizen.
geek | 21:40 WIB
Ternyata ada dosa-dosa Hiruzen Sarutobi yang berujung menyengsarakan warga Konoha.
geek | 12:19 WIB
Mengapa Itachi harus repot-repot membuat adiknya membencinya? Ternyata ini asal sebabnya.
geek | 18:00 WIB
Banyak yang salah mengira bahwa klan Uchiha lebih kuat dari Uzumaki, tapi faktanya tak demikian. Kok bisa?
geek | 15:50 WIB
Spoiler One Piece 1069 ini mengklaim akan adanya rahasia Rocks D Xebec yang terungkap.
geek | 15:10 WIB
Ternyata Buah Iblis juga ada penangkalnya lho. Berikut adalah senjata anti-buah iblis di One Piece yang mungkin belum kamu tahu.
geek | 13:59 WIB
Deretan tokoh anime ini punya banyak potensi yang bisa bikin cerita makin menarik, tapi gagal terdelivery dengan baik pada cerita masing-masing. Siapa saja selain Sakura?
geek | 13:51 WIB
Daftar nama karakter Tokyo Revengers ini mencapai puluhan, cocok untuk kamu yang mengikuti anime dan manga ini.
geek | 13:34 WIB
Isagi Yoichi, Bachira Meguru, atau Kunigami Rensuke. Siapa striker terbaik dan terkuat di Blue Lock.
geek | 10:59 WIB
Lihat bagaimana Jepang mencetak gol di gawang Spanyol, ternyata mirip apa yang ada di anime Blue Lock.
geek | 10:30 WIB
Pertemuan Luffy dan Rob Lucci menjadi sorotan utama spoiler One Piece 1069.
geek | 08:25 WIB
Walau jarang punya screen time, sebetulnya Shino Aburame adalah salah satu karakter seangkatan Naruto yang punya kekuatan mengerikan. Berikut 10 di antaranya.
geek | 19:43 WIB
Penggemar DC harus siap-siap, kali aja tak mau ketinggalan dengan keluarnya serial animasi baru.
geek | 15:35 WIB
Spoiler One Piece 1068 sudah bermunculan soal kelanjutan Luffy dan Dr Vegapunk, dan kehadiran CP0 di Egghead.
geek | 14:19 WIB
Lihat bagaimana Natasha Wilona duduk dalam pelukan Jiraiya si Petapa Genit.
geek | 10:51 WIB
Lihat Eimi Fukada Cosplay Makima Chainsaw Man, mendadak ramai kolom komentar minta dipelihara.
geek | 15:53 WIB
Sumbuer kekuatan misterius yang membuat Dr Vegapunk ingin dihabisi Pemerintah Dunia.
geek | 11:39 WIB
Dr Vegapunk yang mengetahui banyak rahasia buah iblis akan membantu Luffy dalam mendapatkan kekuatan baru.
geek | 09:42 WIB
Tampilkan lebih banyak