Geek

7 Rekomendasi Anime Bertema Wibu, Slice of Life hingga Romance

Mengangkat kisah karakter otaku, tentunya anime ini menarik bagi para wibu.

Agung Pratnyawan

Welcome to the NHK. (IMDB)
Welcome to the NHK. (IMDB)

Hitekno.com - Anime bertema wibu atau otaku sangat cocok untuk kamu yang suka jenis anime santai. Berikut ini tim HiTekno.com telah merangkum rekomendasi anime bertema wibu yang menarik untuk disimak.

Istilah wibu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Wibu merupakan sebuah julukan yang diberikan kepada seseorang yang menyukai, atau bahkan terobsesi dengan budaya Jepang, meskipun mereka bukanlah warga negara Jepang dan tidak tinggal di Jepang.

Setiap tahunnya selalu muncul berbagai judul anime baru yang untuk ditonton para wibu. Anime Doraemon, Ninja Hattori, Dragon Ball, hingga One Piece, yang menjadi anime melegenda dan laris manis disukai oleh para wibu.

Sekarang pun sudah muncul beberapa judul anime yang tak kalah menarik dan seru. Termasuk anime yang mengangkat kisah karakter yang menggemari budaya pop Jepang alias otaku.

Berikut rekomendasi anime bertema wibu yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Wotakoi: Love is Hard for Otaku

Wotakoi: Love Is Hard For Otaku. (IMDB)
Wotakoi: Love Is Hard For Otaku. (IMDB)

Wotakoi: Love is Hard for Otaku bergenre komedi romantis dan masuk dalam kategori manga Josei, atau diperuntukan untuk wanita dewasa berumur 18-40 tahun.

Berkisah tentang Narumi, wanita seorang otaku, fujoshi (penggemar BL), ia bahkan membuat dan menggambar komiknya juga, hingga mencintai idol.

Namun ia berusaha menutupi hal ini dari orang-orang di sekitarnya, terutama di lingkungan kerja. Hal ini karena ia merasa orang-orang menganggap sebelah mata para otaku, dan tidak akan ada yang menyukainya.

Apalagi trauma masa lalu yang membuat sang mantan pacar memutuskan hubungan mereka karena hobinya yang aneh itu.

2. My Dress-Up Darling

My Dress-Up Darling. (Bstation)
My Dress-Up Darling. (Bstation)

Anime ini bercerita tentang Wakana Gojo, siswa SMA yang memiliki mimpi menjadi seniman atau pengrajin boneka, bermodalkan kelebihannya dalam bidang menjahit. Wakana Gojo adalah seorang lelaki. Jadi kesukaannya pada boneka membuatnya kerap mendapat ejekan dari kawan-kawannya.

Pada satu kesempatan, ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Marin Kitagawa, seorang gadis luar biasa cantik yang kepercayaan diri dan ketenangannya sangat kontras dengan kelembutan Gojou.

3. Welcome to the N.H.K.

Welcome to the NHK. (IMDB)
Welcome to the NHK. (IMDB)

Welcome to the NHK bercerita mengenai Tatsuhiro Sato, seorang hikikomori (orang yang tidak bekerja dan tidak bersosialisasi di dunia luar) yang telah menjadi pengangguran selama 4 tahun.

Sato awalnya percaya bahwa hal ini terjadi karena sebuah konspirasi mengenai sebuah agen misterius bernama NHK, yang memiliki kepanjangan Nihon Hikikomori Kyoukai.

Namun, semua itu berubah ketika ia bertemu seorang gadis bernama Misaki Nakahara. Misaki mengklaim bahwa dirinya dapat menyembuhkan Sato dan membawanya ke dunia luar. Sejak saat itu, Sato pun jadi sering bertemu dengan Misaki dan membahas banyak hal dengan gadis itu.

4. Himouto! Umaru-chan

Himouto! Umaru-chan. (IMDB)
Himouto! Umaru-chan. (IMDB)

Himouto! Umaru-chan adalah sebuah anime yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Umaru Doma yang tinggal satu atap berdua dengan kakak laki-lakinya yaitu Taihei Doma. Daya tarik serial ini adalah Umaru yang seperti memiliki kepribadian ganda.

Di luar rumah, Umaru adalah sosok remaja sekolah yang sempurna; cantik, pintar, lembut, atletis dan sangat ramah. Namun sesampainya di rumah, dirinya menjadi seorang yang cerewet, pemalas, dan menghabiskan sebagian besar waktunya hanya dengan bermain video game atau menonton anime.

5. Bakuman

Bakuman bercerita tentang dua orang murid SMP yang sudah menginjak kelas 9, Moritaka Mashiro dan Akito Takagi. Kedua pelajar tersebut sama-sama bermimpi menjadi mangaka.

Awalnya Mashiro sama sekali tidak terpikir untuk menjadi mangaka. Setelah Takagi melihat gambar coret-coretannya di buku catatan sekolah, Takagi pun antusias mengajak Mashiro menjadi mangaka.

6. Shirobako

Shirobako. (IMDB)
Shirobako. (IMDB)

Shirobako menceritakan studio Musashino Animation yang menerima proyek film anime baru, dinamakan “Kuchu Kyoshu Yorikukan SIVA (Kapal Induk Udara Perang SIVA)”.

Aoi Miyamori, staf asisten produksi dari studio tersebut mendapat tugas untuk mengemban arahan produksi proyek film tersebut.

Pada segi manajemen proyek tersebut terkendala beberapa masalah, membuat Aoi harus mencari solusi untuk menuntaskan film tersebut meski dirundung drama internal.

Kala itu Ia bertemu dengan kolega baru bernama Kaede Miyai yang bersedia membantu Aoi untuk menyelesaikan proyek bersama dengan tim MusAni (Musashi Animation)

7. I Can't Understand What My Husband Is Saying

Danna ga Nani wo Itteiru ka Wakaranai Ken. (IMDB)
Danna ga Nani wo Itteiru ka Wakaranai Ken. (IMDB)

Anime ini bercerita tentang pasangan suami istri Hajime dan Kaoru. Kaoru sendiri adalah seorang pegawai kantoran, sementara suaminya sendiri hanyalah seorang Otaku pengangguran yang menghabiskan waktu menonton anime dan membuat blog di internet.

Sebagai seseorang yang tidak mendalami budaya anime, terkadang Kaoru dibuat kebingungan dengan ulah suaminya yang aneh dan terlihat anti-sosial itu. 

Itulah tujuh rekomendasi anime bertema wibu yang menarik untuk disimak. Menyaksikan bagiamana kehidupan otaku dalam anime harusnya menarik bagi para wibu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait