Geek

4 Rekomendasi Anime Movie Karya Satoshi Kon, Tontonan Penuh Makna

Banyak karya Satoshi Kon yang menjadi inspirasi sutradara ternama dari Hollywood.

Agung Pratnyawan

Sennen Joyuu karya Satoshi Kon. (IMDB)
Sennen Joyuu karya Satoshi Kon. (IMDB)

Hitekno.com - Berikut ini adalah empat rekomendasi anime movie karya Satoshi Kon yang wajib banget masuk list tonton kamu.

Berbicara tentang anime memang tidak ada habisnya. Bukan hanya karyanya, informasi tentang seseorang di balik karya tersebut juga menarik untuk dibahas.

Jika kamu adalah Otaku, maka kamu akan sering mendengar nama Satoshi Kon.

Dia adalah seorang animator, penulis, dan sutradara. Satoshi Kon juga merupakan salah satu sutradara yang memiliki nilai cerita yang kompleksitas, divine, dan mencampurkan fantasi dan realita.

Bahkan, beberapa karyanya menjadi ide serial Hollywood yang tak kalah terkenal.

Sebut saja film Inception (2010), karya Christopen Nolan, dua film Dareen Aronofsky, film Black Swan (2010) dan Requiem for a Dream (2000), semua terinspirasi dari anime karya Satoshi Kon.

Buat kamu yang sedang cari rekomendasi anime movie karya Satoshi Kon, berikut ini tim Hitekno.com telah merangkum empat terbaik di antaranya:

1. Paprika

Anime Paprika karya Satoshi Kon. (IMDB)
Anime Paprika karya Satoshi Kon. (IMDB)

Paprika adalah sebuah film thriller psikologis fiksi ilmiah animasi Jepang yang dirilis pada tahun 2006 dan disutradarai oleh Satoshi Kon.

Film ini didasarkan pada novel tahun 1993 karya Yasutaka Tsutsui dengan judul yang sama. Ini adalah film fitur keempat dan terakhir Kon sebelum kematiannya pada tahun 2010.

Paprika berkisah tentang pertempuran antara teroris mimpi yang mencuri perangkat.

Perangkat ini memungkinkan orang lain untuk berbagi mimpi mereka dan menyebabkan mimpi buruk bagi orang-orang.

Pada akhirnya, seorang psikolog penelitian yang memasuki dunia mimpi dan berubah menjadi Paprika, seorang detektif mimpi, untuk menyelidiki kasus tersebut. 

Film ini dirilis di Jepang pada 25 November 2006, dan kemudian dirilis di Amerika Utara pada 24 Mei 2007.

Film tersebut juga berkompetisi di Festival Film Internasional Venesia ke -63.

2. Perfect Blue

Perfect Blue karya Satoshi Kon. (IMDB)
Perfect Blue karya Satoshi Kon. (IMDB)

Perfect Blue adalah sebuah film thriller psikologis animasi Jepang yang populer pada tahun 1997. Film ini juga disutradarai oleh Satoshi Kon,

Film ini memiliki alur yang standar, akan tetapi ceritanya sangat menusuk hati jika kamu mengikutinya dari awal hingga akhir.

Plotnya mengikuti seorang anggota grup idola Jepang bernama Mima Kirigoe yang pensiun dari musik untuk mengejar karier akting.

Namun salah satunya justru menjadi korban penguntitan. Setelah itu, pembunuhan mengerikan mulai terjadi, dan dia mulai kehilangan pegangannya pada kenyataan.

3. Tokyo Godfathers

Tokyo Godfathers karya Satoshi Kon. (IMDB)
Tokyo Godfathers karya Satoshi Kon. (IMDB)

Tokyo Godfathers adalah tragikomedi Natal yang dirilis tahun 2003 dan disutradarai oleh Satoshi Kon.

Anime oni menceritakan kisah tiga orang tunawisma bernama Gin, pecandu alkohol dan judi setengah baya bernama Hana, dan seorang wanita transgender dan mantan waria sebut saja Miyuki.

Ketika mereka menemukan seorang bayi perempuan pada suatu Malam Natal, ketiganya memutuskan untuk mengembalikan bayi itu kepada orang tuanya.

Akan tetapi, keputusan baik mereka tersebut nyatanya salah. Itu justru membawa ketiganya terjerumus di dunia yang begitu gelap.

Mereka bertemu dengan mafia dan menyaksikan beragam pembunuhan yang dilakukan secara terorganisir.

4. Sennen Joyuu

Sennen Joyuu karya Satoshi Kon. (IMDB)
Sennen Joyuu karya Satoshi Kon. (IMDB)

Sennen Joyuu atau dalam bahasa Inggris disebut Millennium Actress adalah anime Jepang tahun 2001 oleh sutradara Satoshi Kon dan dianimasikan oleh Studio Madhouse.

Ini bercerita tentang seorang pembuat film dokumenter yang menyelidiki kehidupan seorang aktris tua di mana realitas dan bioskop menjadi kabur.  Ini didasarkan pada kehidupan Setsuko Hara.

Dikisahkan Chiyoko Fujiwara adalah seorang aktris bintang papan atas, yang tiba-tiba berhenti di puncak karirnya.

Genya Tachibana adalah seorang sutradara yang mencarinya untuk membuat film dokumenter tentang hidupnya. Film ini berfungsi sebagai "permainan dalam lakon".

Kehidupan Chiyoko mencakup periode penuh gejolak seputar Perang Dunia II, sementara karakternya dalam film mencakup periode waktu dari periode Sengoku hingga zaman ruang angkasa yang futuristik.

Ini cocok banget ditonton buat kamu yang suka dengan anime berbau sejarah.

Itulah empat rekomendasi anime movie karya Satoshi Kon yang wajib banget kamu tonton.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait