Geek

Marvel: Bagaimana Nick Fury Kehilangan Salah Satu Matanya?

Ada perbedaan bagaimana Nick Fury kehilangan salah satu matanya versi komik Marvel dengan MCU.

Agung Pratnyawan

Marvel - Nick Fury bersama Black Widow dan Iron Man. (fandom)
Marvel - Nick Fury bersama Black Widow dan Iron Man. (fandom)

Hitekno.com - Kita semua telah melihat bagaimana Nick Fury mengalami cedera mata di Marvel Cinematic Universe, tetapi cerita dari komiknya jauh lebih menarik. Sebab di sana dijelaskan bagaimana Nick Fury kehilangan salah satu matanya.

Pencinta Marvel pasti kenal betul siapa Nick Fury ini. Nick Fury adalah salah satu karakter paling menarik yang ditawarkan Marvel, dia dikenal di MCU karena berhasil menyatukan Avengers.

Meskipun dia bukan superhero dan tidak memiliki kostum atau logo yang terpampang di dadanya, namun dia memiliki penampilan yang ikonik.

Sudah pasti ketika seseorang berbicara tentang Nick Fury maka mereka akan fokus pada penutup matanya.

Di film Captain Marvel, diceritakan bahwa ia mengalami cedera pada matanya ketika alien yang menyamar sebagai kucing menggaruknya.

Namun, asal usul mata Nick Fury yang hilang dalam komik Marvel jauh lebih menarik.

Kisah Nick Fury kehilangan matanya menurut komik Marvel

Marvel - Nick Fury versi komik. (fandom)
Marvel - Nick Fury versi komik. (fandom)

Kisah cedera mata Nick Fury pertama kali diceritakan dalam Marvel Spotlight (1976) vol.1 #38 (oleh Jim Starlin dan Howard Chaykin).

Ini menunjukkan kilas balik Perancis selama Perang Dunia II. Cedera mata Fury adalah bagian dari cerita yang lebih besar dan lebih urgent.

Sebab selama perang, dia menghindari Nazi ketika dia tanpa sadar tersandung ke ladang ranjau dan terperangkap dalam ledakan. 

Dia menderita banyak luka, termasuk satu di mata kirinya, tetapi lebih buruk lagi, ketika dia dirawat oleh seorang pria bernama Profesor Sternberg, sang profesor malah bereksperimen padanya.

Sebagai imbalan, Profesor Sternberg memberi keuntungan buat Nick Fury bahwa dia akan berumur panjang karena telah mendapat serum panjang umur dari sang profesor yang disebut  Formula Infinity.

Akan tetapi, Formula Infinity ini disertai peringatan. Jika dia tidak mendapatkan booster tahunan, dia akan berusia 60 tahun dalam semalam dan berpotensi mati. 

Konsep ini cukup memengaruhi cara pandang Fury terhadap dunia. Daripada mati tanpa kenangan, ia sering membuat orang biasa menjadi superhero.

Marvel - Nick Fury versi MCU. (fandom)
Marvel - Nick Fury versi MCU. (fandom)

Gagasan tentang orang biasa yang diberi kekuatan adalah konsep yang akrab bagi penggemar Marvel berkat salah satu pahlawannya yang paling populer, Captain America (alias Steve Rogers ).

Rogers adalah seorang pemuda lemah dengan hati seorang pahlawan, yang ingin tidak lebih dari melayani negaranya selama Perang Dunia II.

Dia disuntik dengan serum tentara super oleh seorang ilmuwan selama perang, mengubahnya menjadi sesuatu yang jauh lebih istimewa daripada sebelumnya,

Kesamaan antara kedua cerita itu jelas, dan mengingat hubungan karakternya, itu membuat cerita asal Nick Fury jauh lebih menarik.

Begitulah cerita bagaimana Nick Fury kehilangan salah satu matanya versi komik Marvel.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait