Geek

One Piece: Mengapa Luffy Tidak Pernah Membunuh Musuhnya?

Eiichiro Oda sendiri yang menjelaskan mengapa Luffy tidak pernah membunuh musuhnya.

Agung Pratnyawan

Luffy - One Piece. (Fandom)
Luffy - One Piece. (Fandom)

Hitekno.com - Pada mang One Piece chapter 1048, pembaca akan mengetahui alasan mengapa Luffy tidak pernah membunuh musuhnya.

Ya, One Piece chapter 1048 akan memiliki banyak kejutan. Beberapa pertanyaan tentang Luffy yang selama ini ditanyakan penggemar akan terjawab pada chapter ini.

Salah satu pertanyaan yang selalu dilontarkan para penggemar hingga saat ini adalah alasan mengapa Luffy dan One Piece 1048 tidak pernah membunuh musuhnya?

Memang selama ini, saat bertarung dengan musuhnya, Luffy sering menjatuhkan musuhnya dan juga menghajar mereka hingga tak berdaya. Meski begitu, Luffy tidak pernah membunuh musuhnya.

Ternyata, ini alasan mengapa Luffy tidak pernah membunuh musuhnya seperti dalam kisah di manga One Piece.

Dalam sesi tanya jawab dengan penggemar, Eiichiro Oda menjelaskan bahwa ini bukan masalah moralitas.

Eiichiro Oda mengatakan jika ini adalah masalah keadilan yakni pahlawan sebenanya adalah yang menghukum penjahat berdasarkan kesalahan mereka.

Luffy - One Piece. (Fandom)
Luffy - One Piece. (Fandom)

Oda menganggap bahwa penjahat juga pantas untuk melanjutkan hidupnya. Bukan karena berharap agar mereka berubah menjadi karakter baik.

Akan tetapi agar para penjahat itu bisa melihat mimpi mereka hancur, dan itu adalah hukuman yang pantas lebih dari membunuhnya.

Ya, Luffy ingin "membunuh" musuhnya tanpa kekerasan. Ia ingin musuhnya mati perlahan karena merasa gagal dan putus aja.

Ketika dia pergi berperang, Luffy merusak kepercayaan musuhnya. Dan ketika kepercayaan musuh mereka rusak, mereka akan merasakan kehancuran seperti kematian.

Meski Luffy tak suka membunuh musuhnya, namun dia tak pernah melarang jika kawannya coba melakukan hal tersebut.

Seperti ketika Luffy mengizinkan Law untuk mencoba mengambil tindakan lebih lanjut pada Doflamingo setelah dia mengalahkannya.

Hal tersebut lantaran salah satu cara menghentikannya adalah dengan membunuh Doflamingo secara langsung atau menghentikannya dengan kesadarannya sendiri.

Selain itu alasan Luffy tidak pernah membunuh musuhnya adalah karena Luffy juga berharap agar beberapa musuh yang potensial masuk ke dalam kelompoknya.

Hal ini pernah terjadi pada Crocodile dan Jinbei. Buaya yang telah dikalahkan oleh Luffy di kerajaan Alabasta, kemudian ditangkap dan ditahan oleh angkatan laut di Impel Down.

Berkat Luffy, Crocodile bisa keluar dari penjara angkatan laut. Sampai pertempuran di Marineford, Crocodile datang dan membantu Luffy menyelamatkan Ace, meski akhirnya Ace tewas di tangan Akainu.

Itulah alasan mengapa Luffy tidak pernah membunuh musuhnya menurut Eiichiro Oda dirangkum dari Hitlava.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait