Geek

Mengenal Apa itu Waifu, Istri Fantasi dalam Dunia Perwibuan

Kenal seseorang yang sering memakai kata waifu? Ketahui apa itu waifu dan penjelasannya berikut ini.

Agung Pratnyawan

Anime My Dress-Up Darling. (IMDB)
Anime My Dress-Up Darling. (IMDB)

Hitekno.com - Cari tahu apa itu Waifu, kata-kata yang sering disebutkan para otaku atau penggemar pop kultur Jepang. Dari penikmat manga hingga anime sering kali menyebutkan kata Waifu ini.

Namun apa itu Waifu, kenapa banyak penggemar anime dan manga yang menggunakan kata-kata ini? Apa sebenarnya makna dari kata tersebut?

Sebenarnya kata Waifu berasal dari bahasa Inggris Wife, yang berarti istri. Pengucapan kata Wife berubah menjadi Waifu seperti pelafalan orang-orang Jepang.

Kata ini biasanya digunakan untuk penyebutan karakter perempuan Anime atau Manga yang sangat disukai atau diidamkan, hingga merasa karakter itu adalah istri khayalannya.

Tak sedikit otaku yang merasa karakter perempuan di Anime adalah istri mereka. Hal ini biasanya dilihat dengan cara membaca, menonton, memainkan manga, anime dan video game di mana karakter tersebut muncul.

Bahkan tak jarang mereka mengoleksi pernak-pernik karakter dari anime dan manga yang mereka anggap waifu.

Bagi masyarakat umum, memiliki waifu ini sering dianggap aneh. Namun, sebenarnya ini merupakan sesuatu yang biasa di dunia Anime. Hal ini sebenarnya sama saja dengan kamu jatuh cinta dengan idolamu. Sosok waifu ini yang sering dianggap bisa membuat harimu jauh dari kata jenuh.

Rent A Girlfriend - Chizuru Mizuhara. (Fandom)
Rent A Girlfriend - Chizuru Mizuhara. (Fandom)

Sama dengan jatuh cinta pada umumnya, banyak otaku yang memilih waifu karena mengagumi visual dan sifatnya.

Contohnya seperti sifat waifu di Anime yang periang, ceria, hebat, dan polos. Inilah yang akan menambah semangat para otaku karena keluguan sifatnya akan selalu terngiang dalam benak kamu.

Sosok Waifu mungkin adalah sesuatu hal yang abstrak, namun waifu memiliki nilai emosional. Sadar atau tidak, ketika seseorang memilih waifu, dia akan memilih karakter yang memiliki persamaan dengan orang yang dikasihinya.

Lantas bagaimana awal kata waifu digunakan di dunia Anime?

Asal mula kata Waifu adalah dari sebuah adegan seri anime yang berjudul Azumanga Daioh, dimana pada salah satu Episode, ada sebuah adegan disaat seorang guru menjatuhkan sebuah foto wanita Misterius ke lantai.

Karena jatuh, murid-murid di kelas itu bingung dan penasaran siapa wanita yang ada di foto tersebut.

Apa arti Wibu? Ilustrasi: Wibu. (YouTube/ Mairou)
Apa arti Wibu? Ilustrasi: Wibu. (YouTube/ Mairou)

Spontan sang guru menjawab dengan kata "My Waifu", dan dari sanalah kata Waifu sering digunakan orang di dunia nyata bahkan sampai sekarang.

Hal unik dari otaku yang memilki waifu ini adalah tidak hanya mengagumi dalam bentuk karakter, tapi mereka selalu berusaha untuk bisa mewujudkannya dengan cara yang cukup aneh.

Mulai dari Memuja sang Waifu, membeli Kaos dan menghias kamar dengan hiasan dan Poster Waifu-nya, bahkan sampai membeli Dakimura (Bantal yang bergambarkan sang Waifu), dan selalu menidurinya bahkan membawanya kemana-mana setiap hari.

Itulah penjelasan tentang apa itu waifu di dunia Anime dan Manga yang sering diucapkan para wibu. Apakah ada sekitarmu yang sering menggunakan kata wifu?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait