Internet

Mengenal Apa Itu Anime Harem, Lengkap dengan Ciri-cirinya

Kenali apa itu anime Harem, genre yang unik dan punya penggemar tersendiri.

Agung Pratnyawan

Saenai Heroine no Sodatekata - Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend. (.ist)
Saenai Heroine no Sodatekata - Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend. (.ist)

Hitekno.com - Harem menjadi genre yang banyak digemari otaku laki-laki, baik untuk anime maupun manga. Namun tahukah kamu apa itu anime harem ini?

Konon istilah tersebut berasal dari kata Arab "Hareem" yang berarti wanita. Namun, itu mungkin juga berarti banyak wanita yang menikah atau berhubungan dengan satu pria.

Jika kamu pernah melihat acara anime di mana protagonis pria utama dikelilingi oleh banyak gadis, nah seperti itulah anime Harem didefinisikan.

Namun ada juga anime harem yang kebalikannya, yakni satu protagonis wanita yang dikelilingi banyak karakter pria.

Pemeran utama akan menjadi satu-satunya gender berbeda yang pada akhirnya diperebutkan beberapa lawan jenisnya sekaligus.

High School DxD. (fantasiabunko.jp)
High School DxD. (fantasiabunko.jp)

Ciri-ciri anime Harem

Anime Harem biasanya ditandai dengan adanya karakter pendukung dengan penampilan fisik yang menarik hati. Baik pria maupun wanita.

Karena karakter utama adalah gender yang berbeda sendiri, maka si karakter utama akan jadi rebutan oleh para karakter pendukung ini.

Jikapun mereka menikah, maka karakter utama akan sangat beruntung. Sebab ia mungkin bisa melakukan poligami ekstrim dengan dua, tiga, bahkan 10 wanita sekaligus.

Penggambaran karakter yang kontras

Ciri anime Harem selanjutnya adalah soal penggambaran karakter utama dan karakter pendamping.

Biasanya, karakter utama justru digambarkan sebagai orang yang biasa-bisa saja, tidak punya kemampuan apa-apa, yang cenderung jadi pecundang di lingkungannya.

Sementara karakter pendamping alias mereka yang nantinya memperebutkan karakter utama, digambarkan sebagai para sosok yang sangat sempurna.

Memang, di sinilah daya tarik anime Harem ini. Sebab sutradara memberikan gambaran jika siapapun kamu, kamu bisa jadi idola di mata orang yang tepat.

Nisekoi. (fandom)
Nisekoi. (fandom)

Tidak hanya untuk cowok

Banyak yang mengira jika anime Harem ini khusus bercerita tentang laki-laki yang diperebutkan dan akhirnya menikahi banyak wanita. Tapi tidak itu saja.

Beberapa anime harem juga menceritakan tentang wanita yang akhirnya menjadi milik beberapa laki-laki sekaligus.

Kebanyakan Anime Dewas

Karena ceritanya yang kebanyakan berbau seksual, maka anime Harem ini disarankan hanya ditonton untuk mereka yang sudah cukup umur.

Melihat penjelasan apa itu anime harem, mayoritas anime dan manga dengan genre ini didominasi dengan rating usia dewasa.

Conton anime harem:

  • High School DxD
  • Nisekoi
  • Kiss x Sis
  • Sekirei
  • To Love Ru
  • Infinite Stratos
  • Rosario To Vampire

Itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang anime Harem. Setelah mengetahu apa itu anime Harem dan contohnya, semoga jangan sampai salah pilih.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait