Internet

Apa itu Husbando? Istilah di Dunia Otaku Perempuan

Jangan sampai salah, ketahui apa itu Husbando.

Agung Pratnyawan

Kirito dari Sword Art Online. (Fandom)
Kirito dari Sword Art Online. (Fandom)

Hitekno.com - Apa itu Husbando pada dunia Anime? Bagi para wibu dan pecinta budaya Jepang kata Husbando tentu sudah tidak asing lagi. Husbando merupakan kata yang berasal dari "Husband" dan jika diartikan adalah "Suami" menurut Urban Dictionary.

Pada dasarnya kata Husbando ini adalah pengucapan orang Jepang untuk kata "Husband". Husbando didefinisikan sebagai karakter pria dalam suatu Anime, manga, Visual Novel, maupun game yang paling disukai otaku perempuan.

Umumnya daya tarik dari karakter Anime adalah perannya, sifatnya, atau bahkan, parasnya. Itulah yang bikin para otaku perempuan naksir. Lalu menjadikannya sebagai Husbando. Biasanya pada otaku perempuan menganggap karakter Husbando ini sebagai suami khayalan.

Ketertarikan ini bahkan terkadang mengarah pada keinginan untuk menikahi karakter pria tersebut. Ada banyak karakter anime yang kerap dijadikan husbando otaku perempuan. Beberapa di antaranya merupakan karakter anime bergenre aksi hingga olahraga.

Hal unik dari otaku perempuan yang memiliki Husbando adalah tidak hanya mengagumi dalam bentuk karakter, tapi mereka selalu berusaha untuk bisa mewujudkannya dengan cara yang tidak biasa. Mulai dari Memuja karakter Husbando, membeli kaos dan menghias kamar dengan hiasan dan Poster husbando-nya.

Sasuke Uchiha dari Naruto. (Fandom)
Sasuke Uchiha dari Naruto. (Fandom)

Yang tak kalah unik, bahkan mereka sampai membeli Dakimakura (bantal yang bergambarkan sang Husbando), dan selalu menidurinya bahkan membawanya kemana-mana setiap hari. Hal ini sebenarnya sama saja dengan kamu jatuh cinta dengan idola.

Sosok Husbando ini yang sering dianggap bisa membuat harimu jauh dari kata jenuh. Ketertarikan otakku yang sudah di level ini, menjadi peluang untuk para developer. Sekarang ini, tak sedikit developer yang terlalu mementingkan visual karakternya dan kurang menyampaikan isi dari cerita yang mereka buat.

Kebanyakan juga dari mereka yang memang sengaja memuaskan hasrat penggemarnya dengan merilis karakter baru dengan penampilan yang lebih fresh. Sebenarnya hal ini termasuk wajar karena karakter juga merupakan bagian dari strategi penjualan perusahaan Anime, manga, visual novel, maupun game.

Walaupun dianggap aneh bagi sebagian masyarakat, memiliki Husbando sebenarnya juga memiliki manfaat jika masih batas wajar. Memiliki Husbando bagi para otaku memberikan rasa nyaman, ketenangan, rasa senang, bahkan damai saat melihat gambar atau video Husbando.

Itulah kurang lebih penjelasan tentang apa itu Husbando yang biasa digunakan dalam dunia anime/manga atau perwibuan. Apa kamu sudah memilis Husbando mu?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait