Geek

Mengenal Apa Itu Isekai dalam Budaya Anime dan Manga, Lengkap Sejarahnya

Ketahui apa itu Isekai yang populer di berbagai manga dan anime.

Agung Pratnyawan

Anime Isekai - Log Horizon. (Fandom)
Anime Isekai - Log Horizon. (Fandom)

Hitekno.com - Buat kamu para otaku atau wibu, pasti tak asing asing dengan anime juga manga bergenre isekai. Namun apakah kamu tahu apa itu Isekai yang populer ini?

Genre isekai memang sedang populer di manga dan anime, begitu juga di novel fantasi dari Jepang banyak mengusungnya. Karenanya kamu akan sering mendengar kata ini. Lantas apa sebenarnya arti Isekai? apa itu Isekai yang marak disebut-sebut?

Isekai memiliki arti sebagai dunia lain menurut Kamus Instan Nihon: Jepang-Indonesia, Indonesia-Jepang yang ditulis oleh Irma Nirmala (2020: 443).

Sebulum populer di anime dan manga, ternyata genre isekai lebih dulu muncul di novel ringan Jepang. Bahkan isekai menjadi subgenre novel ringan Jepang, dan berkembang ke video game, manga, juga anime.

Yakni kisah di mana protagonis akhirnya dipindahkan atau dilahirkan kembali ke dunia lain. Hal ini menggambarkan bagaimana karakter utama berpindah kedunia lain seperti berenkarnasi setelah mati.

Anime Isekai - Re:Zero - Starting Life in Another World,  That Time I Got Reincarnated as a Slime. (IMDB)
Anime Isekai - Re:Zero - Starting Life in Another World, That Time I Got Reincarnated as a Slime. (IMDB)

Dunia lain digambarkan sebagai dunia penuh fantasi dan imajinasi dimana ada sihir, monster dan mahluk mitologis lainnya.

Menurut Sejarah Isekai, cerita semacam ini sebenarnya bersumber dari sastra jepang kuno, terutama kisah dongeng rakyat Urashima Tar.

Kisah ini berisi tentang seorang nelayan bernama Urashima Tar yang menyelamatkan kura-kura dan dibawa ke kerajaan bawah laut yang menakjubkan.

Pada genre isekai penonton dapat menikmati berbagai dunia fantasi yang unik seperti dunia magis pada anime.

Urashima Taro, anime tertua di Jepang. (myanimelist)
Urashima Taro, anime tertua di Jepang. (myanimelist)

Kenapa Ganre Isekai Banyak Disukai?

Umumnya dalam cerita berjenis isekai, tokoh utama perlahan-lahan akan berkenalan dengan dunia barunya dan menguak misteri yang ada di dalamnya. 

Jenis cerita ini bukan hanya populer di Jepang saja, tetapi juga di karya fiksi Amerika, contohnya seperti Alice In Wonderland, Peter Pan, The Chronicles of Narnia ataupun The Wizard of Oz.

Alur cerita yang menarik mampu membuat penggemarnya berimajinasi dan kagum dengan penggambaran karakteristik tokoh.

Tak hanya itu, anime isekai juga memenuhi harapan penonton bahkan melampauinya. Beberapa anime isekai terbaik ini terdiri dari lebih dari satu musim, namun tetap menarik untuk ditonton.

Inuyasha. (Fandom)
Inuyasha. (Fandom)

Sejarah Isekai

Ganre Isekai pertama kali ada pada sastra kuno Jepang berjudul Urashima Tar yang bercerita mengenai seorang pria yang dibawa oleh kura-kura ke kerajaan bawah laut.  Dalam dunia animasi, genre Isekai diangkat pertama kali dalam berjudul Aura Battler Dunbine (Seisenshi Danbain) di tahun 1983.

Dilanjutkan dengan anime-anime shoujo lainnya, seperti Fushigi Yugi, El-Haszard, Twelve Kingdom, dan Spirited Away. Pada era tahun 90an genre isekai lebih ditujukan untuk remaja perempuan, di mana mereka akan dibawa ke dunia baru dengan sihir, pertempuran yang dahsyat, dan tentunya romansa.

Di era modern, cerita Isekai lebih populer di kalangan anak laki-laki dengan tokoh utama laki-laki. Umumnya tokoh utama Isekai di era ini merupakan seseorang yang tidak pandai bergaul di dunia nyata lalu mencoba bertahan di dunia baru mereka.

Ada juga cerita Isekai berjenis slice of life fantasy. Jenis Isekai ini fokus kepada orang yang mengalami reinkarnasi ke dunia fantasi.

Log Horizon. (Fandom)
Log Horizon. (Fandom)

Rekomendasi anime Isekai:

  1. Inuyasha
  2. Sword Art Online
  3. Log Horizon
  4. No Game No Life
  5. Tate no Yuusha no Nariagari
  6. Overlord
  7. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!
  8. Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu
  9. Tensei Shitara Slime Datta Ken
  10. Itai no wa Iya nano de Bougyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu (Bofuri)

Itulah penjelasan singkat apa itu Isekai dan beberapa hal yang perlu kamu tahu soal genre yang satu ini. Apakah kamu penggemar manga dan anime Isekai juga?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait