Games

Apa Itu Simp? Simak Penjelasan dan Sejarahnya di Sini

Populer di dunia live streaming game, apa itu Simp?

Rezza Dwi Rachmanta

Apa itu Simp? Ilustrasi: streamer cantik Lydia Ellery. (Twitter/ SquidGaming)
Apa itu Simp? Ilustrasi: streamer cantik Lydia Ellery. (Twitter/ SquidGaming)

Hitekno.com - Kita terkadang menemukan seseorang yang melempar istilah Simp ke orang lain. Apa itu Simp? Mengapa istilah ini cukup populer di dunia live streaming?

Simp memiliki arti bersimpati atau tunduk berlebihan kepada seorang wanita. Namun istilah ini awalnya merupakan sikap seseorang yang berlebihan (entah itu cowok atau cewek) kepada orang lain.

Namun lama kelamaan, istilah ini justru sering ditujukan pada gamer cowok yang sangat ngefans atau menyukai streamer cewek. Dikutip dari Dictionary, Simp merupakan istilah slang yang berarti dianggap terlalu perhatian dan tunduk kepada wanita.

Simp pernah menjadi tren antara akhir 2019 dan awal 2020 di mana sebagian karena hype TikTok di antara anggota Gen Z yang disebut Simp Nation. Seorang gamer cowok dengan julukan Simp biasanya akan tergila-gila dengan streamer cewek idamannya.

Salah atau benar, mereka selalu mendukung sang idola baik saat streaming maupun melalui akun media sosial mereka. Mereka tak jarang melalukan donate (donasi), mengirim aksesori, hingga memberikan hadiah spesial untuk streamer cewek idolanya.

Apa itu Simp. Ilustrasi Simp. (YouTube/ MReOS)
Apa itu Simp. Ilustrasi Simp. (YouTube/ MReOS)

Dikutip dari Wikipedia, Simp merupakan kependekan dari Simpleton. New Partridge Dictionary of Slang and Unconventional English telah melacak penggunaan kata Simp hingga tahun 1903.

Istilah tersebut muncul di New York Times sekitar 1923. Surat kabar ini melaporkan sepucuk surat dari seorang Lillian Henderson yang mengkritik anggota klub di Atlantic City untuk pria yang belum menikah.

Salah satu kalimat yang menyebutkan Simp adalah "Para bujangan Simp itu takut mengambil mengambil risiko dan terlalu ketat untuk membagi penghasilannya dengan seorang istri".

Apa itu Simp? Simp mulai mempunyai konotasi yang "lunak" dan "terlalu simpatik" pada 1980-an. Istilah tersebut digunakan oleh rapper Hugh E.M.C., Too Short, dan E-40.

Meme Simp. (YouTube/ MReOS)
Meme Simp. (YouTube/ MReOS)

Definisi Simp muncul di Urban Dictionary pada tahun 2005. Istilah ini terus digunakan oleh rapper hingga tahun 2010-an. Kata Simp menjadi sangat populer di TikTok pada 2019.

Istilih Simp menjadi populer di Twitch dan Twitter setahun setelahnya. Seiring berjalannya waktu, Simp mulai ditujukan pada cowok sebagai istilah lelucon hingga hinaan untuk menyindir sikap mereka yang terlalu berlebihan (bucin level 999) pada sang idola.

Sang idola bisa termasuk streamer, selebriti, hingga karakter e-girls. Itu tadi penjelasan mengenai apa itu Simp dan sejarah di balik istilah tersebut. Apakah kalian termasuk Simp?

Berita Terkait