Games

Berapa Jumlah Pemain Mobile Legends di Indonesia? Ini Detailnya

Pulau Jawa jadi penyumbang pemain Mobile Legends terbanyak.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Mobile Legends. (Moonton)
Logo Mobile Legends. (Moonton)

Hitekno.com - Mobile Legends Professional League Season 8 (MPL Season 8) siap digelar pada Jumat (13/08/2021). Menjelang turnamen eSports Mobile Legends tingkat nasional, Moonton mengungkapkan perkembangan platform game mereka di Indonesia.

Melalui pertemuan dengan media pada Rabu (11/08/2021), perwakilan Moonton Indonesia turut memberikan statistik game baik di tingkat dunia maupun nasional.

Martinus Manurung selaku Head of Marketing & Business Development Esports Moonton Indonesia menjelaskan bahwa jumlah pemain aktif Mobile Legends bulanan (Monthly Active User) di tingkat dunia mencapai lebih dari 90 juta.

Sementara jumlah pemain Mobile Legends di Asia Tenggara (pemain aktif bulanan) menyentuh angka 70 juta. Cukup menarik, dari angka tersebut, hampir 50 persen pemain Mobile Legends di Asia Tenggara datang dari Indonesia.

Jumlah pemain Mobile Legends di Indonesia (pemain aktif bulanan) mencapai lebih dari 34 juta user. Berdasarkan gender, delapan puluh persen pemain merupakan laki-laki sementara dua puluh persen lainnya adalah perempuan.

Jumlah pemain Mobile Legends di tingkat global. (Konferensi Pers MPL Indonesia)
Jumlah pemain Mobile Legends di tingkat global. (Konferensi Pers MPL Indonesia)

Moonton juga mengumumkan bahwa mereka telah mencetak tonggak sejarah baru di mana total unduhan game Mobile Legends mencapai lebih dari 1 miliar pada kuartal terakhir 2020.

Berdasarkan data Moonton, pemain aktif bulanan Mobile Legends di Indonesia yang sebanyak 34 juta didominasi pemain dari Jawa dan Sumatera.

Sebanyak 52 persen pemain Mobile Legends datang dari Pulau Jawa sementara 29,38 persen datang dari Pulau Sumatera.

Jumlah pemain Mobile Legends di Indonesia. (Konferensi Pers MPL Indonesia)
Jumlah pemain Mobile Legends di Indonesia. (Konferensi Pers MPL Indonesia)

Sebaran di pulau lain termasuk Kalimantan (7,41 persen), Sulawesi (6,29 persen), Bali (3,73 persen) dan Papua (0,54 persen).

Dari jumlah pemain Mobile Legends di Jawa (pemain aktif bulanan), daerah-daerah yang memiliki basis penggemar tinggi ada di Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

MPL Season 6 mencetak 1,39 juta Peak Viewer sementara MPL Season 7 berada di angka 1,83 juta Peak Viewer (data dari Esports Charts). Dalam menyambut MPL Season 8, Moonton berusaha memecahkan rekor Peak Viewer sebelumnya.

Jumlah pemain aktif bulanan Mobile Legends. (Konferensi Pers MPL Indonesia)
Jumlah pemain aktif bulanan Mobile Legends. (Konferensi Pers MPL Indonesia)

"Secara event, kita ingin ada peningkatan dibandingkan season sebelumnya. Untuk saat ini, yang bisa kita bilang adalah kita berusaha memecahkan rekor itu, sampai dengan 2 juta Peak Viewer," kata Martinus Manurung selaku Head of Marketing & Business Development Esports Moonton Indonesia.

Mengingat jumlah pemain Mobile Legends di Indonesia cukup tinggi, turnamen eSports seperti MPL juga memiliki penonton yang banyak di Tanah Air.

Berita Terkait