Games

Siap Tambah Atlet Esports, Free Fire 2021 Fall Season Digelar Sebentar Lagi

Garena menyiapkan Rp 8,6 M sebagai intensif pembiayaan.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Free Fire. (YouTube/ Garena Free Fire Pakistan)
Logo Free Fire. (YouTube/ Garena Free Fire Pakistan)

Hitekno.com - Melalui konferensi pers yang digelar hari ini (12/08/2021) Garena resmi mengumumkan kompetisi akbar eSports Free Fire tingkat nasional. Garena kembali menghadirkan Free Fire Master League Season IV dan Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall sebagai upaya mendukung ekosistem eSports di Tanah Air.

Direktur Garena Indonesia, Hans Saleh berharap bahwa turnamen mereka ini dapat menghadirkan atlet eSports baru.

"Dengan hadirnya dua turnamen season Fall 2021 ini, kami berharap untuk melihat pertumbuhan para tim profesional esports dari turnamen season sebelumnya, serta kelahiran atlet-atlet esports baru yang dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," kata Hans Saleh.

Mereka masih menghadirkan konsep pertandingan dengan dua divisi utama dalam seri FFML Season IV. Turnamen ini menghadirkan dua divisi dengan dengan sistem promosi dan degradasi dari ajang season sebelumnya.

Tim beranggotakan pemain profesional akan dipertemukan di Divisi 1, sementara talenta-talenta esports semi-pro akan bertanding di Divisi 2.

Free Fire Master League Season IV Divisi 1. (Garena)
Free Fire Master League Season IV Divisi 1. (Garena)

Tidak hanya itu, di tahun ini Garena juga memberikan kesempatan lebih untuk Divisi 2 dengan lebih banyak tim yaitu 18 tim, yang sebelumnya hanya 12 tim.

Tim-tim tersebut akan memperebutkan total uang tunai sebesar 1,5 miliar rupiah untuk FFML Season IV Divisi 1 dan 2, serta 800 juta rupiah nantinya di FFIM 2021 Fall.

Christian Wihananto selaku Produser Game Garena Free Fire Indonesia menjelaskan bahwa mereka turut memberikan dukungan sebesar Rp 8,6 miliar sebagai insentif pembinaan bagi tim-tim esports Divisi 1 yang mengikuti rangkaian turnamen FFML di tahun 2021.

Free Fire Master League Season IV Divisi 2. (Garena)
Free Fire Master League Season IV Divisi 2. (Garena)

Lebih lanjut, tim pemenang FFML Season IV dari masing-masing divisi kemudian akan dipertemukan kembali di ajang FFIM 2021 Fall untuk memperebutkan tempat di kejuaraan dunia Free Fire World Series nantinya.

Berdasarkan skema, enam tim teratas FFML Season IV Divisi 1 Regular Season akan bertanding di FFIM 2021 Fall.

Sebanyak 12 tim terbawah FFML Season IV Divisi 1 belum gugur dan masih memperjuangkan tempat di FFML Season IV Divisi 1 Play-off. Kemudian enam tim teratas dari Play-off serta tiga tim teratas FFML Season IV Divisi 2 Regular Season bakal bertarung di FFIM 2021 Fall babak play-ins.

Skema pertandingan menuju Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall. (Garena)
Skema pertandingan menuju Free Fire Indonesia Masters 2021 Fall. (Garena)

Enam tim teratas babak play-ins serta enam tim teratas sebelumnya dari FFML Season IV Divisi 1 Regular Season mengunci tempat di FFIM 2021 Fall.

Tercatat, pada musim sebelumnya, penonton FFML dan FFIM 2020 Fall mencapai lebih dari 26 juta total views, sementara di FFML FFIM 2021 Spring jumlah ini meningkat menjadi lebih dari 43 juta total views di kanal Facebook dan YouTube Free Fire.

Siaran pertandingan Free Fire Master League akan ditayangkan secara Live Streaming mulai tanggal 18 Agustus 2021 hingga 2 Oktober 2021, setiap Sabtu dan Minggu (Divisi 1), serta setiap Rabu dan Kamis (Divisi 2) di YouTube FF Esports ID. Informasi selengkapnya mengenai jadwal, rekap, dan hasil pertandingan, dapat diakses di website resmi Turnamen Garena Free Fire.

Berita Terkait