Gadget

4 Cara Screenshot di Laptop Windows 11, Ikuti Tips Berikut Ini

Ada beberapa cara screenshot di laptop Windows 11 yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Begini tipsnya.

Cesar Uji Tawakal

Windows 11. (Microsoft)
Windows 11. (Microsoft)

Hitekno.com - Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan kegiatan screenshot? Screenshot biasanya digunakan untuk membagikan apa yang kita lihat pada tampilan layar laptop milik kita.

Pada perangkat laptop dengan sistem operasi Windows 11, ada beberapa cara screenshot di laptop Windows 11 yang bisa kamu lakukan dengan mudah mulai dari menggunakan tombol kombinasi shortcut Windows + Print Screen atau Windows + Fn + Print Screen, menggunakan tool bawaan dari Windows 11 yang bernama snip and sketch, menekan tombol PrtSc pada keyboard, hingga melalui game bar.

Fitur screenshot pada laptop dibuat oleh sistem operasi atau perangkat lunak yang berjalan pada perangkat yang menyalakan layar untuk menampilkan isi layar laptop.

Cara screenshot di laptop Windows 11 sendiri terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini saja :

1. Screenshot menggunakan kombinasi shortcut Windows + Print Screen atau Windows + Fn + Print Screen

Tekan tombol Windows + Print Screen atau Windows + Fn + Print Screen melalui keyboard kamu maka setelah itu hasil screenshot kamu akan langsung tersimpan pada folder penyimpanan di laptop kamu

2. Screenshot menggunakan tool Snip and Sketch

Snip and sketch merupakan tool bawaan dari sistem operasi Windows 11 yang bisa kamu akses melalui menu start menu, setelah itu kamu bisa dengan bebas mengambil screenshot yang kamu inginkan dan kamu bisa langsung menyimpan hasil screenshot tersebut dengan cara klik tombol Ctrl + s secara bersamaan

Windows 11. (Microsoft)
Windows 11. (Microsoft)

3. Screenshot menggunakan tombol PrtSc

Tekan tombol prt sc pada keyboard kamu kemudian buka aplikasi paint dan tekan tombol ctrl + v secara bersamaan, maka hasil screenshot kamu akan langsung muncul di aplikasi paint. Setelah itu kamu bisa langsung menyimpan hasil screenshot tersebut dengan memilih menu file, dan klik opsi menu save as.

4. Screenshot menggunakan Game Bar

Tekan tombol Windows dan "G" pada keyboard kamu, maka akan muncul jendela baru dengan tampilan game bar. Klik pada ikon kamera untuk melakukan screenshot dan hasil screenshot akan muncul pada jendela gallery. Kamu bisa membuka file hasil screenshot tersebut dengan cara klik tombol open file location yang terletak pada bagian pojok kanan bawah

Itulah beberapa pilihan cara screenshot di laptop Windows 11 yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi dari beberapa cara di atas, cara mana yang menurut kamu paling mudah? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait