Gadget

4 Cara Mudah, Begini Langkah Screenshot di Laptop Windows 10

Biar nggak bingung, simak langkah-langkah sederhana di bawah ini.

Cesar Uji Tawakal

Laptop dengan Windows 10. (Microsoft)
Laptop dengan Windows 10. (Microsoft)

Hitekno.com - Bagi kamu pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10, apakah kamu sudah tahu cara screenshot di laptop Windows 10? Kalau belum itu artinya kamu harus menyimak ulasan berikut ini ya agar kamu bisa dengan mudah mengambil tampilan layar yang ada di laptop kamu.

Sebagai sistem operasi yang dibuat dengan fitur lebih modern, pada sistem Windows 10 sendiri sudah dibekali dengan tombol-tombol maupun aplikasi bawaan yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan kegiatan screenshot. Jadi kamu bisa memilih ingin menggunakan tombol-tombol yang ada di keyboard untuk mendapatkan screenshot yang ingin disimpan atau menggunakan aplikasi bawaan tersebut.

Ada beberapa cara screenshot di laptop Windows 10 yang bisa kamu lakukan yaitu :

Ilustrasi Windows 10. (Pixabay)
Ilustrasi Windows 10. (Pixabay)

1. Tekan tombol Windows + print screen

Buka halaman pada laptop yang akan kamu ambil gambarnya lalu tekan tombol Windows dan tombol prtsc atau print screen secara bersamaan. Setelah itu kamu bisa langsung menyimpan hasil screenshot pada folder penyimpanan di laptop Windows 10 kamu

2. Tekan tombol prtsc atau print screen

Buka halaman pada laptop yang akan kamu ambil gambarnya kemudian tekan tombol prtsc pada keyboard kamu, maka seluruh tampilan layar monitor kamu akan tersalin ke dalam clipboard.

Selanjutnya kamu tinggal buka program microsoft paint, kemudian klik kanan dan pilih paste. Setelah itu hasil screenshot akan muncul, kamu bisa langsung menyimpan hasil screenshot tersebut dengan cara klik ikon disket yang berada di pojok kiri atas

3. Tekan tombol alt + prtsc

Buka halaman pada laptop yang akan kamu ambil gambarnya, selanjutnya tekan tombol alt dan tombol prtsc secara bersamaan maka hasil screenshot kamu akan tersalin di clipboard.

Untuk menyimpan hasil screenshot tersebut kamu terlebih dahulu harus membuka program microsoft paint kemudian klik kanan dan pilih paste.

Apabila hasil screenshot tadi telah muncul, maka kamu bisa langsung menyimpannya dengan cara klik save atau ikon disket yang ada di pojok kiri atas

4. Snipping tools

Buka halaman pada laptop yang akan kamu ambil gambarnya kemudian buka aplikasi snipping tools pada perangkat Windows 10 kamu. Klik new, setelah itu kursor kamu akan berubah menjadi tanda plus.

Selanjutnya kamu hanya tinggal melakukan click and drag saja untuk mengambil tampilan layar sesuai dengan area yang ingin kamu screenshot.

Tunggu beberapa saat maka hasil screenshot tersebut akan muncul dan kamu bisa langsung menyimpannya dengan cara klik save snip atau ikon disket

Itulah beberapa cara screenshot di laptop Windows 10 yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jadi dari beberapa cara di atas, cara mana yang akan kamu gunakan untuk melakukan screenshot? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait