Gadget

Review Amazfit GTR 3: Desain Cakep, Banyak Fitur Olahraga

Mencari smartwatch stylish dengan baterai tahan lama? Review Amazfit GTR 3 ini patut kalian baca.

Rezza Dwi Rachmanta

Review Amazfit GTR 3. Ilustrasi Amazfit GTR 3. (Amazfit.com)
Review Amazfit GTR 3. Ilustrasi Amazfit GTR 3. (Amazfit.com)

Hitekno.com - Setelah rilis global pada Oktober lalu, Amazfit GTR 3 akhirnya dipasarkan ke Indonesia. Berikut ini tim HiTekno.com bakal memberikan review Amazfit GTR 3.

Perusahaan merilis tiga perangkat secara komersial yaitu Amazfit GTR 3 Pro, Amazfit GTR 3, dan Amazfit GTS 3 ke Tanah Air mulai 5 November 2021. Amazfit GTR 3 Pro merupakan varian yang lebih premium sementara Amazfit GTR 3 membawa daya tahan baterai cukup tinggi.

Perusahaan mengklaim bahwa Amazfit GTR 3 dapat bertahan hingga 21 hari. Sistem operasi membawa antarmuka yang berubah sehingga memberikan penyegaran dibanding generasi sebelumnya. Smartwatch mempunyai layar AMOLED 1,39 inci beresolusi HD dengan rasio layar-ke-tubuh sebesar 66 persen dan kerapatan 326 PPI.

1. Isi Kotak Penjualan

Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)
Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)

 

Kotak penjualan Amazfit GTR 3 didominasi oleh warna putih dan merah di bagian depan. Apabila kotak penjualan dibuka, pengguna bisa memperoleh satu smartwatch Amazfit GTR 3, kabel USB untuk pengisian daya model magnetik, kartu garansi, dan buku panduan. Kita bisa melihat deskripsi fitur utama di bagian depan termasuk Advanced Bio Sensor, All-Round Heart Tracking, 150 Sports Mode, dan Ultra-long Battery Life.

2. Cara Penggunaan Amazfit GTR 3

Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)
Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)

 

Saat menghidupkan pertama kali, pastikan kalian memiliki aplikasi Zepp App di smartphone. Setelah mengunduh Zepp App, kalian harus mendaftarkan sebuah akun serta opsi untuk mengisi deskripsi tubuh seperti tinggi, berat badan dan lain-lain.

Ketika dihidupkan, Amazfit GTR 3 bakal memperlihatkan QR Code di mana pengguna harus melakukan scan serta mengaktifkan kamera melalui aplikasi Zepp App. Setelah pairing berhasil, maka smartwatch akan langsung menunjukkan waktu yang tepat.

3. Fitur dan Spesifikasi Amazfit GTR 3

Bodi Amazfit GTR 3. (Amazfit.com)
Bodi Amazfit GTR 3. (Amazfit.com)

 

Saat rilis pertama kali, Amazfit GTR 3 mengusung tagline "Smart Health Made to Easy". Perangkat mengusung HD AMOLED Display dengan kecerahan 1.000 nits sehingga memiliki layar cukup terang.

Perusahaan turut menyematkan Classic Navigation Crown di bagian atas untuk pintasan berbagai menu. Pengguna juga dapat memutar Crown untuk memilih berbagai aplikasi secara cepat.

Beberapa fitur yang disematkan termasuk pemantauan oksigen dalam darah (SpO2), pemantauan tingkat stres, deteksi tingkat pernafasan, pengenalan olahraga otomatis, pemantauan detak jantung, pelacakan tidur, dan pelacakan siklus menstruasi.

Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)
Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)

Perusahaan membekali Amazfit GTR 3 dengan lebih dari 150 mode olahraga. Pengguna dapat melihat statistik mengenai detak jantung, kalori, hingga target olahraga yang ditentukan sebelumnya.

Perangkat memiliki sistem AI yang dapat mendeteksi otomatis delapan olahraga termasuk Outdoor Running, Treadmill, Walking, Indoor Walking, Outdoor Cycling, Pool Swimming, Rowing Machine, dan Elliptical.

  • Material bodi: Sport-Aluminum alloy
  • Ukuran: 45.8 x 45.8 x 10.8 mm
  • Berat: 32 gram
  • Waterproof grade: 5 ATM (50 meter)
  • Layar: AMOLED 1,39 inci kecerahan 326 PPI
  • Baterai: 450 mAh
  • Health Sensor: BioTrackerTM 3.0 PPG biometric sensor (supports blood-oxygen, 6PD + 2LED)
  • Movement Sensor: Acceleration sensor, Gyroscope sensor,Geomagnetic sensor, Barometric pressure sensor, Ambient light sensor
  • Lebar Strap: 22 mm
  • Perangkat yang didukung: Android 7.0 atau iOS 12 ke atas

4. Pengalaman Penggunaan

Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)
Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)

 

Saat pertama kali menggunakan Amazfit GTR 3, kesan pertama yang kami dapat adalah perangkat memiliki desain keren dan sporty. Meski begitu, smartwatch ini juga cocok untuk pengguna dengan gaya kasual saat pergi ke kantor.

Tahan cukup lama di bagian layar, maka kita dapat menemui beragam Watch Face yang dapat dikustomisasi. Perusahaan menyediakan lebih dari 100 Watch Face, dengan 15 di antaranya menggunakan efek animasi.

Kalian dapat memilih Watch Face yang menampilkan berapa kalori terbakar, berapa target langkah kaki, hingga sensor detak jantung secara real-time. Crown di bagian atas sangat membantu terutama ketika pengguna tak ingin menyentuh layar untuk memilih menu. Memutar Crown dapat membuat menu berpindah secara otomatis.

Tombol bagian atas (Crown) menawarkan beberapa menu seperti indeks PAI, Heart Rate, Blood Oxygen, One-tap Measuring, Workout, Workout History, Workout Status, Stress, Activity, Sleep, Weather, Music, Alarm, Calendar dan Setting.

Sementara tombol kedua di bagian bawah merupakan pintasan untuk menu workout. Beberapa pilihan default yang disediakan termasuk Outdoor Running, Walking, Treadmill, Outdoor Cycling, Indoor Cycling, Pool Swimming, Climbing, Hiking, Yoga, Jump Rope, Esports dan masih banyak lagi. Pengguna juga dapat melakukan kustomisasi dan menambah pilihan workout lainnya.

Klaim Ultra-long Battery Life dapat kami buktikan saat me-review smartwatch ini. Dalam penggunaan standar dan konektivitas terhubung ke smartphone, baterai Amazfit GTR 3 hanya berkurang 35 persen saat digunakan selama satu minggu.

Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)
Review Amazfit GTR 3. (HiTekno,com)

Ketika menyalakan fitur Always-On, baterai perangkat terkuras sebanyak 6 persen dalam waktu hampir 6 jam. Fitur Always-On membuat layar menampilkan angka atau jarum jam digital sepanjang hari.

Smartwatch secara otomatis memberikan peringatan kepada pengguna ketika duduk terlalu lama. Fitur ini sangat membantu apabila kalian merupakan seorang pekerja kantor yang sering duduk di depan laptop.

Pada perangkat Amazfit yang pernah kami review sebelumnya, fitur GPS terkadang suka hilang dan timbul, terutama apabila di dalam ruangan. Amazfit GTR 3 membawa fitur konektivitas yang lebih baik mengingat kami sudah tak menemui kendala tersebut pada smartwatch ini. Layar AMOLED miliknya juga cukup terang dan dapat dilihat meski berada di bawah sinar matahari.

Kesimpulan

Review Amazfit GTR 3. Ilustrasi Amazfit GTR 3. (Amazfit.com)
Review Amazfit GTR 3. Ilustrasi Amazfit GTR 3. (Amazfit.com)

 

Amazfit GTR 3 cocok buat kalian yang menginginkan smartwatch dengan baterai tahan lama dan banyak fitur olahraga. Hanya dalam satu kali pengisian daya, perangkat dapat digunakan lebih dari dua minggu.

Desain yang keren dan stylish juga menjadi nilai tambah bagi smartwatch. Perangkat cukup ringan sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Amazfit GTR 3 akan dipasarkan secara komersial ke Indonesia pada 05 November 2021. Harga Amazfit GTR 3 dibanderol Rp 2.799.000. Perangkat ini dapat dibeli melalui Amazfit Official Store di Shopee dan Tokopedia.

Kelebihan:

  • Desain keren
  • Bodi ringan
  • Banyak fitur olahraga
  • Tampilan antarmuka yang mudah digunakan

Kekurangan

  • Crown terkadang kurang responsif untuk kembali ke menu utama ketika fitur workout atau heart rate diaktifkan
  • Kustomisasi notifikasi yang terbatas

Itulah tadi review Amazfit GTR 3 dan detail fitur yang dibawanya, tertarik membeli smartwatch satu ini?

Berita Terkait