Cara Memantau Detak Jantung Pakai Oppo Watch

Gunakan cara memantau detak Jantung pakai Oppo Watch ini dengan baik.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 22 Oktober 2021 | 18:53 WIB
Oppo Watch. (Oppo Indonesia)

Oppo Watch. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Bagaimana cara memantau detak jantung pakai Oppo Watch, smartwatch yang hadir dengan sejumlah fitur berguna. Termasuk bagaimana memantau kesehatan pengguna.

Salah satu aktivitas yang perlu kamu pantau sehari-hari adalah mengukur detak jantung. Ukuran detak jantung bisa menjadi patokan penting bagi kesehatan otot jantung seseorang. Detak jantung merupakan ukuran berapa kali jantung berdetak dalam satu menit.

Dengan menghitung detak jantung melalui denyut nadi, maka akan membantu kita untuk melihat kesehatan jantung secara umum, baik saat berolahraga maupun saat mengalami masalah penyakit.

Baca Juga: Oppo Watch Free Resmi Meluncur, Harganya Rp 1 Jutaan

Denyut nadi normal menandakan jantung bekerja dengan baik. Denyut nadi yang rendah biasanya terjadi saat sedang tidur atau beristirahat dan akan meningkat ketika berolahraga. Denyut nadi merupakan ukuran untuk mengetahui berapa kali pembuluh darah arteri akan mengembang dan berkontraksi dalam satu menit sebagai respons terhadap detak jantung.

Jumlah denyut nadi umumnya sama dengan detak jantung, sebab kontraksi jantung menyebabkan peningkatan tekanan darah dan denyut nadi di arteri. Oleh karena itu, mengukur denyut nadi sama artinya dengan mengukur denyut jantung. Ukuran detak jantung normal orang dewasa berkisar antara 60 - 100 denyut per menit atau beats per minute (bpm).

Namun ada standar lain yang menyebutkan denyut nadi normal adalah 50 - 70 kali per menit. Jika denyut nadi melebihi 80 kali per menit saat istirahat, maka dapat berpotensi terkena serangan jantung. Sementara itu, atlet atau orang yang terbiasa berolahraga cenderung memiliki denyut jantung lebih rendah, sekitar 40 kali per menit.

Baca Juga: Oppo Watch 2 Resmi Meluncur, Ini Fitur-fiturnya

Untuk mengukur denyut nadi, sebaiknya lakukan di pagi hari sambil duduk sekitar 10 menit. Raba nadi di pergelangan lengan tangan kiri bawah dengan tiga jari tangan kanan. Sebaiknya kamu tidak menggunakan ibu jari karena cenderung memiliki denyut ringan yang dapat membingungkan ketika kamu menghitung.

Cara Memantau Detak Jantung Pakai Oppo Watch. (Oppo)
Cara Memantau Detak Jantung Pakai Oppo Watch. (Oppo)

Tekan lembut jari sampai kamu bisa merasakan denyut nadi di bawah jari tersebut. Hitung denyut nadi dalam waktu 15 detik, kemudian kalikan dengan 4 untuk mendapat angka denyut nadi per menit. Semisal denyut nadi berjumlah 20 maka diperoleh angka 80 per menit (20 x 4). Agar lebih yakin, kamu dapat menghitung ulang denyut nadi hingga tiga kali.

Sementara itu, untuk menghitung perkiraan detak jantung maksimum saat berolahraga, kamu bisa menggunakan satu rumus universal, yaitu 220 dikurangi usia kamu. Apabila usia kamu saat ini 35 tahun, maka detak jantung maksimalmu yakni (220 – 35) = 185 detak per menit. Ketika kamu berolahraga, maka gunakan rumus ini agar membantumu menjaga agar denyut jantung tidak melebihi batas maksimal.

Baca Juga: Siap Meluncur Sebentar Lagi, Ini Penampakan Oppo Watch 2

Selain dengan cara manual, kamu juga bisa menggunakan perangkat Oppo Watch untuk mengukur detak jantung. Di bagian belakang perangkat jam tangan pintar ini terdapat sensor detak jantung optik untuk merekam aktivitas detak jantung. Kamu bisa memantaunya dengan melalui smartphone menggunakan aplikasi HeyTap Health.  

Selain bisa memantau detak jantung, Oppo Watch juga bisa digunakan untuk memonitor latihan dan aktivitas olahraga lainnya. Karena berbasis Wear OS, maka jam tangan pintar ini pun bisa mengakses sejumlah layanan dari Google seperti Google Play, Google Pay, Google Assistant, atau Google Fit.

Smartwatch Oppo Watch 46mm dikhususkan untuk pengguna cowok dan tersedia dalam pilihan warna hitam saja. Jam tangan cerdas ini memiliki layar AMOLED dual-curve 1,91 inci yang fleksibel, dengan PPI 326.

Baca Juga: Teaser Beredar, Oppo Watch 2 Siap Meluncur di Tanggal Ini

Sebaliknya, Oppo Watch 41mm yang tersedia dalam pilihan warna hitam dan rose gold lebih cocok untuk cewek. Oppo Watch 41mm memiliki layar AMOLED kaku 1,6 inci, dengan PPI 301. Kedua model Oppo Watch tersebut bisa dipersonalisasi tampilan mukanya sesuai dengan keinginan pengguna.

Selain itu, Oppo Watch bisa digonta-ganti strap atau tali jamnya sesuai dengan gayamu saat bekerja atau berolahraga.

Itulah bagaimana cara memantau detak jantung pakai Oppo Watch.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak