Gadget

Amazfit GTR 3 dan GTR 3 Pro Resmi Meluncur, Segini Harganya

Amazfit GTR 3 series sudah dibekali sistem operasi Zepp OS yang lebih hemat daya.

Rezza Dwi Rachmanta

Amazfit GTR 3. (Amazfit)
Amazfit GTR 3. (Amazfit)

Hitekno.com - Setelah serangkaian bocoran dan teaser, Amazfit akhirnya resmi mengeluarkan smartwatch teranyar. Amazfit GTR 3 dan GTR 3 Pro mengusung berbagai peningkatan jika dibandingkan generasi pendahulu.

Amazfit GTR 3 Pro merupakan versi premium sementara Amazfit GTR 3 memiliki ketahanan baterai lebih tinggi. Perusahaan turut memperkenalkan sistem operasi anyar yang disebut sebagai Zepp OS.

Sistem operasi membawa antarmuka yang berubah sehingga memberikan penyegaran tersendiri pada smartwatch. Zepp OS tak sekuat Wear OS, tetapi mendukung aplikasi pihak ketiga di mana mereka dirancang untuk mengurangi penggunaan daya.

Salah satu dari 10 atau lebih aplikasi terintegrasi dengan Home Connect, yang merupakan alat lintas merek untuk mengontrol gadget rumah pintar.

Amazfit GTR 3 Pro mengusung layar AMOLED 1,45 inci Ultra HD dengan rasio layar-ke-tubuh sebesar 70,6 persen serta kerapatan piksel 331 PPI.

Amazfit GTR 3 Pro. (Amazfit)
Amazfit GTR 3 Pro. (Amazfit)

Dikutip dari GSMArena, smartwatch sangat terang mengingat tingkat kecerahan puncak yang mencapai 1.000 nits. Refresh rate pada layar juga meningkat sebesar 67 persen.

Baik GTR 3 atau GTR 3 Pro sama-sama dibekali lebih dari 150 mode olahraga. Beberapa fitur yang disematkan termasuk pengenalan olahraga otomatis, pemantauan detak jantung, pemantauan oksigen dalam darah (SpO2), pemantauan tingkat stres, deteksi tingkat pernafasan, pelacakan tidur, dan pelacakan siklus menstruasi.

Amazfit GTR 3 Pro dibekali baterai 450 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 12 hari. Perusahaan turut menyediakan fitur penyimpanan 2,3 GB sehingga pengguna dapat menyimpan musik serta memutarnya langsung pada smartwatch.

Smartwatch dibekali fitur ketahanan air 5 ATM sehingga pengguna dapat membawa perangkat untuk berenang. Perangkat dapat menyinkronkan data kesehatan yang dilacaknya dengan Apple Health dan Google Fit. Ini juga berfungsi dengan aplikasi populer seperti Strava, Relive, RunKeeper, dan lainnya.

Amazfit GTR 3

Amazfit GTR 3. (Amazfit)
Amazfit GTR 3. (Amazfit)

 

Ini adalah versi murah dari GTR 3 Pro, namun mempunyai ketahanan baterai lebih baik. Smartwatch mempunyai layar AMOLED 1,39 inci beresolusi HD dengan rasio layar-ke-tubuh sebesar 66 persen dan kerapatan 326 PPI.

Fiturnya hampir mirip seperti versi Pro, namun perangkat tak mempunyai memori internal hingga konektivitas Wi-Fi. Meski begitu, Amazfit GTR 3 diklaim dapat bertahan hingga 21 hari untuk pemakaian normal. Ini berarti smartwatch 9 hari lebih tahan lama jika dibandingkan versi Pro.

Perusahaan menyediakan lebih dari 100 tampilan jam yang dapat dikustomisasi sesuai selera pengguna. Smartwatch akan dipasarkan ke beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Italia, Spanyol, Prancis, dan China.

Masih belum diketahui apakah perangkat akan dipasarkan ke Indonesia atau tidak. Namun mengingat generasi sebelumnya pernah masuk ke Tanah Air, kita berharap bahwa smartwatch juga bakal dikenalkan dalam waktu dekat.

Harga Amazfit GTR 3 dibanderol sebesar 180 dolar AS atau Rp 2,6 juta. Sementara Amazfit GTR 3 Pro dapat dibeli seharga 230 dolar AS atau Rp 3,3 juta.

Berita Terkait