Gadget

Apple Pimpin Pasar Smartwatch Global, Seri Ini Paling Laris

Apple meraih pangsa pasar smartwatch global terbesar, Huawei nomor dua.

Rezza Dwi Rachmanta

Apple Watch SE. (Apple)
Apple Watch SE. (Apple)

Hitekno.com - Apple berhasil mempertahankan kepemimpinan di pasar smartwatch global dari kuartal kedua tahun lalu. Data riset dari Counterpoint mengungkapkan bahwa Apple meraih 28 persen pasar smartwatch global pada periode kuartal kedua 2021 (Q2 2021).

Meski mengalami penurunan dari periode sebelumnya (Q2 2020 menembus 30,1 persen), namun Apple masih memimpin di peringkat pertama.

Berdasarkan data dari Counterpoint’s Global Smartwatch Shipments Tracker yang dirilis pada Kamis (26/08/2021), Huawei dan Samsung masing-masing menampati posisi kedua dan ketiga secara global.

Huawei meraih pangsa pasar 9,3 persen sementara Samsung memperoleh pangsa pasar 7,6 persen. Pangsa pasar dari Huawei mengalami penurunan namun Samsung malah mengalami kenaikan.

Produsen asal Korea Selatan ini hanya meraih pangsa pasar 6,8 persen di Q2 2020, dan berhasil meningkat menjadi 7,6 persen di Q2 2021. Dikutip dari NDTV, pasar smartwatch global mengalami peningkatan 27 persen secara YoY.

Pasar smartwatch global kuartal kedua 2021. (Counterpoint)
Pasar smartwatch global kuartal kedua 2021. (Counterpoint)

Counterpoint turut menyoroti bahwa meski Apple mempertahankan peringkat pertama, namun Samsung dan Garmin diketahui mencatatkan pengiriman smartwatch yang luar biasa di kuartal kedua 2021.

Salah satu alasan yang diungkapkan di balik penurunan pasar Apple adalah mereka menghadapi "persaingan yang semakin ketat" dari merek-merek China dan India dalam beberapa bulan terakhir.

Smartwatch terlaris di pasar global. (Counterpoint)
Smartwatch terlaris di pasar global. (Counterpoint)

Meski pangsa pasar menurun, namun Apple Watch berhasil mencatatkan basis pengguna yang mencapai 100 juta untuk pertama kalinya.

Counterpoint menjelaskan bahwa Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE menjadi seri smartwatch terlaris secara global. Ketiga smartwatch lain yang masuk dalam daftar adalah Samsung Galaxy Watch Active 2, Apple Watch Series 3, dan Imoo Z6-4G. Di antara lima merek smartwatch teratas secara global, Samsung dan Garmin menunjukkan pertumbuhan pengiriman yang signifikan, masing-masing sebesar 43 persen dan 62 persen secara YoY.

Berita Terkait