Gadget

Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC dengan Mudah

Gunakan cara cek kecepatan internet berikut ini, mudah!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi kecepatan internet. (Pixabay)
Ilustrasi kecepatan internet. (Pixabay)

Hitekno.com - Cara cek kecepatan internet penting untuk kita ketahui. Bagaimana tidak, selama pandemi ini banyak aktifitas belajar mengajar maupun bekerja yang dilakukan secara online. Oleh karena itu internet menjadi kebutuhan yang cukup penting saat ini. Selain itu, cepat atau lambat koneksi internet juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi penggunanya untuk menghindari kendala ketika mengakses.

Provider atau penyedia jasa internet di Indonesia juga beragam. Kamu bisa menggunakan layanan internet rumahan dengan jaringan wifi atau menggunakan internet seluler dengan membeli paket data.

Cara cek kecepatan internet bisa dibilang cukup mudah dan memiliki manfaat. Di antaranya adalah untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Gangguan kecepatan internet bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kendala sinyal internet. Berikut cara cek kecepatan internet yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Bandwidth Place

Bandwidth Place diluncurkan oleh perusahaan penyedia layanan internet asal Houston, Texas pada 2002 silam. Bandwidth Place menyediakan PING, download speed, dan upload speed. PING adalah waktu respons dari koneksi internet ketika mengirim permintaan. PING diukur menggunakan satuan milidetik.

Apabila nilai PING pada hasil cek kecepatan internet rendah, itu berarti koneksi internetnya sangat baik, begitupun sebaliknya. Download speed merupakan istilah untuk menentukan kecepatan koneksi yang digunakan ketika mengunduh file atau data. Angka pada download speed menunjukkan lamanya perangkat menerima file tersebut dan satuan yang digunakannya yaitu megabits per second (Mbps).

Upload speed digunakan untuk mengetahui kecepatan koneksi internet dalam mengirim file ke perangkat. Misalnya membagikan foto ke media sosial atau kirim pesan. Selain itu, Bandwidth Place dilengkapi dengan kolom untuk mendeteksi jenis provider yang sedang digunakan oleh user.

Cara cek kecepatan internet dengan Bandwidth Place bisa dilakukan dengan mengakses https://www.bandwidthplace. com/ kemudian klik start pada logo oranye dan biarkan beberapa detik untuk mengetahui hasilnya.

2. Speed Smart

Cara cek kecepatan internet dengan Speed Smart dapat diakses gratis ke situs https://speedsmart.net/. Kemudian pengguna tinggal masuk ke laman akses atau buka aplikasi di ponsel dan klik Start Speedtest. Durasi mengetahui kecepatan koneksi internet pada Speed Smart berlangsung sekitar 40 detik dengan menampilkan hasil PING, download speed, upload speed, provider, IP, server.

3. Speedtest.net

Cara cek kecepatan internet juga bisa dengan Speedtest.net yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Ookla asal Montana, Amerika Serikat. Speedtest.net pertama kali dirilis pada 2006. Cara ini bisa mengukur kecepatan internet baik data seluler maupun wifi.

Cara cek kecepatan internet dengan Speedtest.net bisa diakses melalui link https://www.speedtest.net/ atau buka aplikasinya melalui smartphone, kemudian klik Go yang berada di bagian tengah layar. Tunggu beberapa saat sampai seluruh rekapan hasil kecepatan internet selesai dicek.

Kecepatan internet jaringan 4G vs 5G. (Instagram/ Cnet).
Kecepatan internet jaringan 4G vs 5G. (Instagram/ Cnet).

4. Fast.com

Fast.com diluncurkan situs video berbayar Netflix untuk membantu penggunanya melihat kecepatan internet yang dimiliki. Cara cek kecepatan internet dengan Fast.com pengguna cukup mengunjungi laman https://fast.com/id/ sistem kemudian akan menghitung kecepatan internet secara otomatis.

Fast.com merupakan situs yang bisa diakses secara cuma-cuma. Tidak hanya itu, Fast.com bisa diakses oleh berbagai perangkat seperti desktop, smartphone, tablet, hingga smart TV asalkan tersedia browser.

5. Meter.net

Situs Meter.net dapat digunakan untuk cara cek kecepatan internet. Kelengkapan dari layanan Meter.net ini hampir sama dengan speedtest.com yaitu PING, download speed, dan upload speed.

Proses cek koneksi internet melalui Meter.net berlangsung sekitar 30 detik melalui situs https://www.meter.net/, kemudian klik Start. Setelah menekan tombol Start, biarkan sistem memproses dan melakukan pengecekan, kemudian akan ditampilkan PING, download speed, dan upload speed sebagai hasil akhirnya.

Inilah 5 cara cek kecepatan internet yang bisa kalian coba sendiri.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait