Review Huawei FreeBuds 4: TWS Nyaman, Performa Impresif!

Mengincar TWS nyaman dan berkualitas? Review Huawei FreeBuds 4 patut kalian baca!

Rezza Dwi Rachmanta
Rabu, 21 Juli 2021 | 19:00 WIB
Review Huawei FreeBuds 4. Ilustrasi: Huawei FreeBuds 4. (Huawei)

Review Huawei FreeBuds 4. Ilustrasi: Huawei FreeBuds 4. (Huawei)

Hitekno.com - TWS Huawei FreeBuds 4 siap meluncur ke Tanah Air dengan deretan fitur menarik. Berikut ini tim HiTekno.com akan memberikan review Huawei FreeBuds 4 saat digunakan sehari-hari.

Pada teaser serta pengenalan di awal Juli 2021, Huawei mengklaim bahwa TWS anyar mereka sangat ringan dan nyaman digunakan mengingat beratnya hanya 4,1 gram per earbud.

Perusahaan menyebutnya sebagai "air-like comfort". TWS mendukung perekaman suara HD 48 kHz dan mengusung wide frequency speaker 48 kHz.

Baca Juga: TWS Nokia BH-805 Resmi Dikenalkan, Ini Fitur-fiturnya

Mewarisi teknologi ANC open-fit yang sama namun mampu mendorong teknologi peredam bising ke tingkat yang lebih tinggi, Huawei FreeBuds 4 juga memberikan peningkatan komprehensif baik untuk pengalaman menggunakan maupun mendengarkan, klaim perusahaan.

Peredam kebisingan dengan mikrofon ganda yang inovatif dari Huawei, bersama dengan teknologi Adaptive Ear Matching (AEM), mampu mengatasi dua tantangan utama yang ditimbulkan oleh pembatalan bising di kondisi terbuka, dengan cara pemakaian dan algoritma peredam bising.

Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)
Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)

Earbud nirkabel Huawei FreeBuds 4 diklaim menghadirkan suara beresolusi tinggi untuk pengalaman audio yang lebih mendalam. Tim HiTekno.com bakal memberikan review Huawei FreeBuds 4 untuk membuktikan klaim perusahaan di atas.

Baca Juga: 5 Alasan HUAWEI FreeBuds 4i Menjadi TWS yang Harus Dimiliki

1. Isi kotak penjualan

Isi kotak penjualan Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)
Isi kotak penjualan Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)

Kotak penjualan mengusung warna dominan putih dengan tulisan Huawei FreeBuds 4 berwarna emas. Pada bagian depan, kita bisa menjumpai tulisan berwarna emas yang menampakkan nilai jual perangkat yaitu Open-fit Active Noise Cancelation 2.0 dan Studio-grade Sound.

Kita bisa melihat beberapa fitur Huawei FreeBuds 4 pada kotak penjualan di bagian belakang termasuk Wide-range Speaker, Dual-device Connection, Wireless HD Recording (untuk perangkat Huawei tertentu), Swipe-control, dan 20 jam pemutaran musik.

Baca Juga: Tahan Lama di Rp 200 ribuan, Ini Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2

Kotak penjualan berisi casing, TWS Huawei FreeBuds 4 di dalamnya, kabel USB Type-C dan tiga dokumen (kartu garansi, tata cara penggunaan, serta informasi keamanan perangkat).

2. Cara penggunaan Huawei FreeBuds 4

Huawei FreeBuds 4. (Huawei)
Huawei FreeBuds 4. (Huawei)

Penggunaan Huawei FreeBuds 4 cukup sederhana dan mudah dimengerti. Saat dibuka dan dikeluarkan untuk pertama kali, maka perangkat secara otomatis masuk dalam Pairing Mode.

Baca Juga: Harga Mi True Wireless Earbuds Basic S, TWS Murah dari Xiaomi

Klik menu Bluetooth pada smartphone, kemudian pilih tombol untuk mencari perangkat di sekitar. Muncul tulisan "Huawei FreeBuds 4" dan kalian bisa menghubungkan perangkat.

Salah satu fitur yang dimiliki TWS ini adalah Dual-device Connection. Apabila kita sudah menghubungkan ke satu smartphone, pengguna bisa menghubungkan Huawei FreeBuds 4 pada perangkat kedua seperti tablet, laptop, hingga smartphone lain.

Untuk mengaktifkan Dual-device Connection, kalian perlu menekan tombol di sebelah kanan casing selama dua detik.

Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)
Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)

Ketika lampu indikator berwarna putih berkedip serta menyala cepat, kalian dapat menghubungkan TWS ke perangkat kedua. Fitur ini cukup membantu bagi pengguna yang tak ingin repot mematikan dan menghubungkan TWS pada banyak perangkat.

Tombol di sebelah kanan juga akan mengaktifkan Pairing Mode ketika langkah pertama di atas tidak bekerja. Huawei FreeBuds 4 sudah dibekali dengan fitur Swipe-control.

Pengguna dapat melakukan swipe ke arah atas pada batang earbud untuk menambah volume. Sebaliknya, swipe atau gosok batang earbud ke arah bawah untuk mengecilkan volume.

Untuk menjawab atau menghentikan panggilan telepon, pengguna bisa mengetuk batang earbud dua kali secara cepat. Tekan dan tahan earbud bagian tengah apabila pengguna ingin menolak panggilan telepon.

Ketika mendengarkan musik, tekan dan tahan batang earbud untuk mengaktifkan fitur Active Noise Cancelation (ANC). Fitur ANC diharapkan memberikan pengalaman penggunaan TWS yang lebih jelas dan imersif ketika kondisi sekitarnya terlalu berisik atau banyak noise.

3. Tampilan perangkat

Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)
Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)

 

Huawei FreeBuds 4 mempunyai casing berwarna putih yang terbuat dari plastik dengan tampilan glossy. Casing yang berbentuk bulat mempunyai ukuran diameter 58 mm dengan ketebalan 21.2 mm serta berat 38 gram (tanpa earbud).

Terdapat tulisan Huawei dengan aksen warna silver yang membuat casing nampak premium. Desain casing cukup compact sehingga mudah untuk dimasukkan ke kantong serta dibawa ke mana-mana.

Earbud memiliki panjang sekitar 41.4 mm dengan berat hanya 4,1 gram. Kita bisa melihat adanya port USB Type-C pada bagian bawah dan juga indikator lampu di bagian depan.

Casing mengusung baterai 410 mAh dengan masing-masing earbud mempunyai baterai 30 mAh. Earbud diklaim dapat bertahan hingga 4 jam dalam satu kali pengisian daya (ANC off) dan 2,5 jam apabila fitur ANC menyala.

Sementara penggunaan dengan casing menawarkan pemutaran musik selama 22 jam (ANC off) dan 14 jam jika fitur ANC diaktifkan.

4. Pengalaman penggunaan

Huawei FreeBuds 4. (Huawei)
Huawei FreeBuds 4. (Huawei)

 

Kami merasakan kesan ringan serta nyaman saat menggunakan perangkat ini pertama kali. Klaim "air-like comfort" bisa kami buktikan dengan kenyamanan dua jam saat menonton film. Perangkat juga tak menunjukkan delay berarti saat digunakan untuk menonton streaming film atau YouTube.

Ketika digunakan untuk menemani WFH, TWS cukup ringan sehingga nyaman apabila digunakan dalam waktu lama. Bahkan saking ringannya, terkadang kami lupa bahwa terdapat TWS yang menempel di telinga.

Saat mengaktifkan fitur ANC, suara dari luar memang cukup terisolasi. Meski begitu, terkadang kami merasakan masih terdapat suara yang bocor dari luar sehingga perlu menyesuaikan posisi perangkat.

Fitur Dual-device Connection menurut kami sangat menarik karena pengguna dapat menghubungkan TWS pada dua perangkat sekaligus.

Ketika digunakan selama 40 menit dalam kondisi ANC menyala dan terhubung pada dua perangkat, baterai langsung terkuras 30 persen.

Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)
Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)

Fitur ANC menguras baterai dengan cukup signifikan. Dalam penggunaan biasa (ANC Off), Huawei FreeBuds 4 lumayan tahan lama karena bisa bertahan 3 hingga 4 jam. Mendengarkan musik selama satu jam (ANC off) menguras baterai 25 persen, dalam kondisi volume 65 hingga 70.

Ketika kita mengeluarkan perangkat dari telinga dan menaruhnya ke meja, maka TWS secara otomatis bakal mematikan pemutaran musik atau film.

Fitur ini sangat berguna untuk menghemat baterai. Apabila pengguna mengeluarkan salah satu perangkat dari telinga, maka pemutaran musik atau film dapat mati secara otomatis.

Fitur tersebut sangat membantu, mengingat kita hanya perlu mengeluarkan salah satu TWS untuk berbicara dengan orang lain tanpa terganggu suara musik pada perangkat.

Desain open-fit tanpa adanya ujung karet silikon untuk mengisolasi speaker membuat suara bass terdengar lebih "kalem". TWS ini tidak kami rekomendasikan bagi mereka yang termasuk bass-holic.

Bass terdengar kurang "nendang" ketika kami mendengarkan genre musik rap. Fitur ANC yang dihidupkan dapat sedikit membantu memecahkan masalah di atas, walau belum terlalu menyenangkan bagi bass-holic.

Meski begitu, kami terkesima ketika mendengarkan genre musik jazz, blues, atau suara musik akustik dengan Huawei FreeBuds 4.

Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)
Review Huawei FreeBuds 4. (HiTekno.com)

Klaim Studio-grade Sound cukup terbukti pada deretan genre musik yang kami sebutkan sebelumnya. Perangkat ini sangat cocok digunakan bagi kalian yang menyukai ASMR atau musik relaksasi untuk kegiatan yoga dan semacamnya.

Suara aliran air pada musik relaksasi terdengar begitu jernih pada Huawei FreeBuds 4. Perangkat juga sangat oke untuk mendengarkan genre lagu pop.

Ketika digunakan untuk berolahraga ringan, TWS sudah dilengkapi fitur IPX4 sehingga tak perlu khawatir terkena tetesan keringat. Perangkat juga cukup pas saat menempel di telinga sehingga kalian tak merasa khawatir tentang risiko copot saat digunakan.

Kami juga menggunakan perangkat untuk memainkan game battle royale seperti PUBG Mobile. Pada pengujian, kami tak menemukan kendala delay yang begitu berarti saat menggunakan Huawei FreeBuds 4.

Suara tembakan dan juga hentakan kaki musuh masih cukup sinkron dengan baik. Kami bahkan meraih WWCD saat bermain menggunakan Huawei FreeBuds 4.

5. Kesimpulan

Huawei Freebuds 4. (Huawei China)
Huawei Freebuds 4. (Huawei )


Bagi kalian yang menginginkan TWS bergaya open-fit yang ringan dan berkualitas suara jernih, Huawei FreeBuds 4 bisa menjadi pilihan menarik.

Menurut kami, TWS ini sangat nyaman apabila digunakan dalam jangka waktu lama sehingga cocok untuk menemani WFH. Pada beberapa TWS, penggunaan dalam jangka waktu lama biasanya dapat menimbulkan rasa kurang enak di telinga.

Kami tak menemukan masalah di atas saat menggunakan Huawei FreeBuds 4. Baterai TWS juga tergolong awet, dengan catatan fitur ANC dimatikan.

Huawei FreeBuds 4 memiliki kualitas jempolan untuk memainkan musik-musik relaksasi sehingga penggemar yoga wajib melirik perangkat ini. Detail suara sangat berkualitas ketika kami memakai TWS untuk menonton film.

Sesuai pengalaman penggunaan, penggemar musik rap mungkin kurang senang apabila memakai perangkat ini. Kami tak merekomendasikan pengguna yang menyukai dentuman bass tinggi untuk memilih Huawei FreeBuds 4.

Perangkat dijadwalkan meluncur ke Indonesia pada 27 Juli mendatang. Harga resmi Huawei FreeBuds 4 juga akan diumumkan pada tanggal tersebut.

Sekilas bocoran, Huawei FreeBuds 4 nanti akan berada pada kisaran Rp 2 jutaan. Untuk mengetahui detail harga, kalian harus menunggu perilisan resmi dari perusahaan. Dilihat dari banderol harga Huawei FreeBuds 4, TWS mempunyai kualitas mumpuni di kelasnya.

Kelebihan:

  • Ringan dan nyaman digunakan dalam waktu lama
  • Kualitas suara jernih
  • Dual-device Connection yang sangat berguna
  • Baterai awet (fitur ANC off)

Kekurangan

  • Bass kurang "nendang"
  • Fitur Swipe-control kurang responsif
  • Fitur ANC menguras baterai secara signifikan

Itulah tadi review Huawei FreeBuds 4 dari tim HiTekno.com, tertarik membeli TWS nyaman satu ini?

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB
Tampilkan lebih banyak