Gadget

TWS Sony Anyar Resmi Meluncur, Baterai Tahan Lama dengan Sertifikasi IPX4

Sony WF-1000XM4 mengusung desain lebih ringkas jika dibandingkan pendahulunya.

Rezza Dwi Rachmanta

TWS Sony WF-1000XM4. (Sony)
TWS Sony WF-1000XM4. (Sony)

Hitekno.com - Setelah beberapa bocoran yang muncul bulan lalu, Sony akhirnya mengenalkan TWS anyar mereka ke publik. Membawa nama komersial sebagai Sony WF-1000XM4, perangkat mengusung baterai tahan lama, dan fitur ANC (Active Noice Cancellation) yang ditingkatkan.

TWS anyar Sony dengan model WF-1000XM4 meluncur dengan desain compact. Jika dibandingkan dengan generasi pendahulu (XM3), desain nampak lebih ringkas dan membulat. Kita juga bisa melihat adanya rubber tips serta celah untuk mikrofon.

TWS dibekali tulisan Sony dan tombol beraksen emas sehingga menambah kesan eksklusif. Dikutip dari The Verge, Sony menjelaskan bahwa WF-1000XM4 memiliki desain yang 10 persen lebih kecil jika dibandingkan 1000XM4.

Perangkat mempunyai chip pemrosesan baru yang menghasilkan pengurangan kebisingan lebih baik "di semua frekuensi", klaim Sony.

TWS dilengkapi chip Sony V1 yang memberikan peningkatan Active Noice Cancellation frekuensi tinggi dan menghasilkan tingkat kebisingan hingga 40 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan pendahulunya.

TWS Sony WF-1000XM4. (Sony)
TWS Sony WF-1000XM4. (Sony)

Perangkat ini diklaim sebagai earbud TWS pertama di dunia dari Sony yang menampilkan dukungan untuk audio Hi-Res melalui codec LDAC.

LDAC mentransmisikan tiga kali lipat jumlah data dibandingkan dengan audio Bluetooth biasa. TWS Sony ini menghadirkan dukungan 360 Reality Audio untuk menghadirkan pengalaman audio yang imersif.

Sony WF-1000XM4 bisa bertahan selama delapan jam pemutaran terus menerus dengan fitur Noise Cancellation yang diaktifkan.

TWS Sony WF-1000XM4. (Sony)
TWS Sony WF-1000XM4. (Sony)

Ini termasuk sebuah keunggulan tersendiri jika dibandingkan AirPods Pro, Galaxy Buds Pro, QuietComfort Earbuds, dan Jabra Elite 85t (terkait ketahanan baterai pada fitur ANC).

Tanpa fitur ANC, Sony WF-1000XM4 bisa bertahan hingga 12 jam. Apabila menggunakan casing, maka TWS bisa bertahan sekitar 24 jam (dengan ANC) atau 36 jam (tanpa ANC).

Sony XM4 dibekali fitur di mana perangkat dapat memutar musik 60 menit pada pengisian daya sekitar 5 menit. TWS Sony mengusung sertifikasi IPX4 yang membuat perangkat bisa bertahan terhadap keringat atau cipratan air.

Harga Sony WF-1000XM4 dibanderol sekitar 280 dolar AS atau Rp 4 juta. Perangkat masih dipasarkan di Amerika Serikat dan Eropa. Masih belum diketahui terkait ketersediaan global, termasuk ke Indonesia.

Berita Terkait