Gadget

Counterpoint: Apple dan Xiaomi Memimpin Pasar TWS Global

Apple dan Xiaomi di tempat pertama serta kedua, sementara Samsung harus puas di posisi ketiga.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

AirPods. (Apple)
AirPods. (Apple)

Hitekno.com - Kekinian, banyak produsen smartphone yang ikut memproduksi perangkat wearable semacam TWS dan smartwatch. Firma riset Counterpoint Research mengungkapkan data mengenai pasar TWS global yang dipimpin oleh Apple dan Xiaomi.

Melalui analisa data yang dibagikan pada pertengahan Januari 2021, mereka mengungkapkan pangsa pasar wearable global selama kuartal ketiga 2020.

Earwear dan Wristwear (termasuk smartwatch serta band) mendominasi pasar wearable global dengan porsi 52 persen serta 41 persen.

Counterpoint Research menyoroti bahwa Xiaomi mampu meraih pangsa pasar TWS secara global dengan strategi perangkat ramah anggaran.

"Pada Q3 2020, setengah dari 10 teratas adalah merek beranggaran rendah dengan penawaran di bawah 50 dolar dan bahkan di bawah 20 dolar AS. Xiaomi paling baik mengilustrasikan tren saat itu dan mampu mengonsolidasikan untuk meraih tempat nomor dua," kata analis senior Counterpoint, Liz Lee.

Pasar wearable global kuartal ketiga 2020. (Counterpoint Research)
Pasar wearable global kuartal ketiga 2020. (Counterpoint Research)

 

Apple mampu memimpin pasar TWS karena ekosistem IoT mereka telah terbentuk dengan baik.

Dikutip dari NDTV, laporan dari Counterpoint memperkirakan bahwa pengiriman TWS tahunan diharapkan tumbuh 83 persen menjadi 238 juta unit.

Sementara pasar smartwatch diharapkan tumbuh hingga menyentuh angka 100 juta unit.

Pasar TWS global pada kuartal ketiga 2020. (Counterpoint Research)
Pasar TWS global pada kuartal ketiga 2020. (Counterpoint Research)

 

Apple memimpin pasar TWS global selama kuartal ketiga 2020 dengan pangsa pasar 29 persen. Sementara Xiaomi berada di tempat kedua dengan pangsa pasar 13 persen.

Cukup menarik, Samsung harus puas di posisi ketiga dengan pangsa pasar 5 persen.

Realme yang termasuk brand smartphone anyar juga cukup rajin dalam mengeluarkan perangkat wearable terjangkau. Counterpoint ikut menyoroti kinerja Realme yang masuk 10 besar di pasar TWS global.

Xiaomi Mi AirDots Pro 2. (Mi.com)
Xiaomi Mi AirDots Pro 2. (Mi.com)

 

Mereka bahkan menjuluki Realme sebagai "kuda hitam" di tahun ini.

"Realme adalah merek ramah anggaran terkenal lain yang masuk dalam top 10. Dengan memanfaatkan momentum Earwear dan Wristwear, serta kekuatan mereka di pasar online, Realme dapat mengulangi kesuksesan seperti pada smartphone-nya untuk menjadi kuda hitam di tahun 2021," kata Lee menambahkan.

Dalam dua tahun terakhir, pasar TWS mengalami kenaikan pesat sehingga banyak produsen seperti Apple, Samsung, Xiaomi, Realme dan masih banyak lagi yang memproduksi berbagai varian perangkat tersebut.

Berita Terkait