Gadget

Model iPad Layar OLED 10,9 Inci Diprediksi Hadir pada 2022

Beberapa model iPad anyar akan hadir pada tahun 2022 dan 2023.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Apple. (pexels/Armand  Valendez)
Logo Apple. (pexels/Armand Valendez)

Hitekno.com - Sebuah bocoran terbaru mengklaim bahwa Apple dapat meluncurkan model iPad layar OLED 10,9 inci pada tahun 2022. Tak hanya itu, dua varian iPad kabarnya juga sedang dikembangkan oleh perusahaan untuk tahun berikutnya lagi.

Menurut laporan dari Display Supply Chain Consultants, raksasa teknologi berbasis di Cupertino ini akan mengenalkan iPad yang menampilkan layar AMOLED 10,9 inci di tahun depan.

Laporan tersebut sejalan dengan bocoran sebelumnya yang mengklaim bahwa perusahaan bakal menghadirkan panel OLED pada model iPad anyar.

Dikutip dari Gizmochina, DSSC menambahkan bahwa merek tersebut akan meluncurkan dua iPad dengan panel OLED pada 2023.

Panel layar ini hanya akan dipasok oleh Samsung Display, unit khusus produksi layar asal perusahaan Korea Selatan. Saat ini, satu-satunya iPad dengan panel 10,9 inci adalah iPad Air. Jadi iPad OLED yang dimaksud mungkin adalah model iPad Air 2022 mendatang.

Ilustrasi iPad dengan layar OLED. (GSMArena)
Ilustrasi iPad dengan layar OLED. (GSMArena)

Model iPad Air dengan ukuran 10,9 inci yang sudah dipasarkan masih mengusung layar Liquid Retina IPS LCD beresolusi 1640 x 2360 piksel dengan kecerahan 500 nits dan kerapatan 264 ppi.

Laporan lain dari The Elec Korea, iPad 2023 diyakini memakai panel LTPO 120 Hz yang datang dalam ukuran 12,9 inci dan 11,1 inci. Teknologi LTPO seharusnya mengurangi konsumsi daya pada kecepatan refresh yang lebih tinggi.

Sebagai perbandingan, iPad Pro 11 (2021) yang meluncur pada April lalu membawa layar Liquid Retina IPS LCD 11 inci dengan dukungan refresh rate 120 Hz, HDR 10, Dolby Vision dan kecerahan 600 nits.

Bocoran iPad Mini 6. (Leaker Jon Prosser)
Bocoran iPad Mini 6. (Leaker Jon Prosser)

Sementara iPad Pro 12.9 (2021) mengusung layar Liquid Retina XDR mini-LED LCD dengan beberapa fitur seperti di atas, namun mempunyai tingkat kecerahan puncak hingga 1.600 nits.

Apple dikabarkan turut menyiapkan iPad Mini dengan desain lebih ringkas yang bakal meluncur pada 2021. Laporan Bloomberg pada awal Juni lalu mengungkapkan bahwa iPad anyar yang diharapkan datang di tahun ini akan mengusung desain yang benar-benar baru dibanding generasi sebelumnya.

Bocoran mengklaim bahwa bezel pada iPad Mini terbaru akan menyusut lebih jauh untuk menawarkan layar lebih luas. Beberapa hal di atas masih sebatas bocoran sehingga kita perlu menunggu teaser atau konfirmasi resmi dari Apple terkait kabar iPad layar OLED tersebut.

Berita Terkait