Huawei Bisa Garap Smartphone Android tanpa Google, Tapi Ada Masalah Ini

Huawei tetap bisa garap smartphone Android, tapi ada banyak masalah lain yang harus dipecahkan.

Agung Pratnyawan
Kamis, 23 Mei 2019 | 19:45 WIB
Logo Huawei. (Huawei)

Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Seperti diberitakan sebelumnya, Google bakal mencabut lisensi Android dari Huawei. Bisakah Huawei garap smartphone Android tanpa Google yang memberikan lisensi?

Tentu saja bisa, karena Android adalah sistem operasi open source. Dengan kata lain, source code Android ini terbuka dan bebas digunakan siapa saja.

Jika mau, Huawei juga bisa membuat sistem operasi lain berbasiskan source code Android. Atau cukup memakai Android Murni saja.

Baca Juga: ARM Putuskan Hubungan dengan Huawei, Nasib Chipset Kirin Suram

Semua orang boleh mengembangkan dan menggunakan sistem operasi Android, termasuk Huawei. Lalu kenapa harus takut diputus hubungan dengan Google?

Yang jadi bagian penting dari smartphone Android saat ini adalah layanan dari Google. Dari Google Play Service termasuk Google Play Store, Gmail, Gmaps, dan layanan Google lainnya.

Juga dari sisi keamanan, ada Google Play Protect dan update security patch. Selain itu, Google juga memberikan dukungan untuk pabrikan yang mengembangkan smartphone Android.

Baca Juga: Ditinggal Android, 4 OS Open Source Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Huawei

Tanpa kerja sama dengan Google, Huawei akan kehilangan dukungan dan layanan Google di atas. Namun Huawei tetap bisa membuat smartphone Android.

Smartphone Android dengan aplikasi Google. (HiTekno.com)
Smartphone Android dengan aplikasi Google. (HiTekno.com)

Smartphone Android tetap bisa dibuat dan dipasarkan tanpa dukungan dan layanan Google. Hal ini banyak ditemukan pada smartphone Android di pasar China.

Jika membeli beberapa smartphone Android di China, beberapa tidak memiliki layanan google di dalamnya. Termasuk Google Play Store, bahkan YouTube.

Baca Juga: Departemen Perdagangan AS Rilis Daftar Hitam Ekspor Huawei di Negara Ini

Sebagai gantinya, ada beberapa App Store lain disediakan oleh produsen smartphone. Seperti Xiaomi App Store dan Huawei juga punya store sendiri.

Atau bahkan cara ekstremnya, Huawei bisa membuat sistem operasi lain seperti HongMeng yang telah lama mereka kembangkan di China.

Di sisi Software, Huawei cukup aman untuk tetap bisa membuat smartphone Android tanpa Google. Namun bagaimana dengan sisi Hardware untuk smartphone mereka?

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Beda Android One vs Stock Android

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Intel, Qualcomm, dan Broadcom juga ikut menghentikan kerja sama dengan Huawei. Ketiganya adalah produsen chip dan suplier chip yang banyak dipakai smartphone.

Namun tenang, Huawei juga Huawei punya HiSilicon. Anak perusahaan Huawei ini telah bisa mendesain chip sendiri bahkan bisa bersaing dengan Qualcomm.

Salah satunya adalah HiSilicon Kirin 980 yang dipakai smartphone flagship Huawei. Dan chipset Kirin lainnya yang bayak dipakai smartphone Android Huawei.

Perusahaan ini tak hanya punya desain chip sendiri, namun juga bisa mendesain modem. Bahkan sudah bisa menghadirkan modem 5G yang jadi pesaing Qualcomm.

Produksi chipset HiSilicon sendiri dikerjakan oleh TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company), perusahaan semikonduktor berbasis di Taiwan.

Banyak chip smartphone dan memory yang kini dikerjakan TSMC. Termasuk Qualcomm, AMD, Nvidia, mempercayakan produksi chip mereka ke TSMC.

Silikon wafer TSMC untuk chip. (TSMC)
Silikon wafer TSMC untuk chip. (TSMC)

Nampaknya produksi chipset Kirin yang digunakan Huawei aman dong? Eits, tunggu dulu. Chip mobile yang kini banyak digunakan memakai arsitektur ARM.

Mayoritas sistem operasi mobile seperti Android dan iOS juga berjalan di atas chip atau prosesor dengan arsitektur ARM. Dan dibutuhkan lisensi dari ARM untuk membuat prosesor ini.

Lalu ARM sendiri adalah perusahaan berbasis di Inggris yang dimiliki SoftBank, raksasa teknologi asa Jepang. Namun ARM punya fasilitas riset yang berada di Amerika Serikat.

Berita terbaru, ARM juga memerintahkan karyawannya untuk memutuskan kerja sama dengan Huawei. Karena teknologi arsitektur ARM mereka dibuat di fasilitas riset tersebut.

Dengan akta lain, HiSilicon tak bisa menggunakan lisensi ARM untuk chip mereka. Masa depan chipset Kirin pun makin suram tanpa lisensi ARM.

Chip ARM Cortex-A76. (ARM)
Chip ARM Cortex-A76. (ARM)

Cara lainnya adalah memakai chip produksi perusahaan lain yang bukan berasal dari China. Seperti MediaTek dari Taiwan, atau Spreadtrum dari China.

Namun susah juga, karena dalam chpset MediaTek maupun Spreadtrum terdapat banyak komponen yang memakai teknologi Amerika Serikat. Termasuk lisensi ARM di dalamnya.

Nampak pemerintah Amerika Serikat telah membuat Huawei terpepet baik dari sisi Software maupun Hardware terkait smartphone Android.

Di sisi software mereka kehilangan akses layanan Google. Di sisi hardware, mereka tak bisa memakai chip dan teknologi dari Amerika Serikat.

Dengan himpitan ini, apakah Huawei akan berhenti memproduksi smartphone Android tanpa Google ke depannya? Atau tetap bertahan dengan ivonasi mereka?

Berita Terkait
TERKINI

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB

Redmi A3, HP murah baru dari Xiaomi Indonesia....

gadget | 18:09 WIB

Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...

gadget | 12:05 WIB

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....

gadget | 18:59 WIB

POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....

gadget | 16:15 WIB

POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....

gadget | 17:22 WIB

Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....

gadget | 18:45 WIB
Tampilkan lebih banyak