Gadget

MediaTek Helio A22, Chipset Seri A Pertama MediaTek

MediaTek Helio A22 mendukung teknologi NeuroPilot yang memungkinkan pengembang memiliki ekosistem AI terbaik.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: iPon
Sumber: iPon

Hitekno.com - MediaTek sangat agresif dalam mengeluarkan prosesor murahnya tahun ini. MediaTek Helio A22 diharapkan menjadi chipset pertama seri A yang sukses di pasaran.

Sebelumnya, MediaTek berhasil memasarkan seri P dan S dengan sangat baik di segmen smartphone murah namun berkualitas. Chipset pertama seri A ini sepertinya mirip dengan pendahulunya yaitu Helio P22 SoC.

MediaTek Helio A22 adalah System on Chip (SoC) entry-level yang hadir dengan desain A53 quad-core yang sederhana. Banyak yang menduga Helio A22 ini adalah penerus MT6738/ MT6739. MediaTek sepertinya ingin mengubah sistem penamaan yang lebih sederhana dengan menghapus nomor produk MTXXX dan menggantinya dengan seri X/ P/ A.

Dengan sistem penyederhanaan nama tersebut, MediaTek kemungkinan ingin mempermudah pengguna agar dapat dengan cepat mengenali segmen dan kinerja prosesor.

Sumber: Gizmochina
Sumber: Gizmochina

Dilansir dari Gizmochina, struktur prosesor ini terdiri dari quad-core ARM Cortex A53 CPU yang dipasangkan dengan MediaTek CorePilot serta pengontrol memori LPDDR3 / LPDDR4x fleksibel. Pemroses grafisnya menggunakan Imagination PowerVR GE8320.

Desain GPU ini berupa single cluster GPU yang dirilis tahun lalu. Dengan spesifikasi tersebut prosesor dapat mendukung layar HD + dengan resolusi 1600 x 720 piksel dan aspek rasio 20: 9.

Prosessor ini diproduksi dengan proses 12 Nm dari TSMC. MediaTek mengklaim kinerja CPU akan meningkat sebesar 30 persen lebih cepat. Selain itu kinerja GPU juga akan meningkat sebesar 72 persen. Prosesor ini akan lebih cepat dari Qualcomm Snapdragon 425 SoC.

Sumber: PhoneRadar
Sumber: PhoneRadar

MediaTek Helio A22 mendukung teknologi NeuroPilot yang memungkinkan pengembang memiliki ekosistem AI terbaik. Di sektor konektivitas, prosesor sanggup mengunduh dengan kecepatan 300Mbps dan mengunggah sebesar 150Mbps.

Xiaomi Redmi 6A diketahui telah menggunakan prosesor ini dan dibanderol dengan harga $ 106 atau Rp 1,5 jutaan. MediaTek Helio A22 diharapkan akan banyak dijual pada smartphone entry-level tahun ini dan tahun depan.

Berita Terkait