Anak yang Diberi Smartphone Sejak Dini Rentan Alami Masalah Kejiwaan, Menurut Studi

Studi ini menemukan bahwa semakin tinggi usia smartphone pertama, semakin baik kesehatan mental yang pada orang dewasa muda.

Cesar Uji Tawakal
Sabtu, 20 Mei 2023 | 15:28 WIB
Ilustrasi HP Android. (Pexels)

Ilustrasi HP Android. (Pexels)

Hitekno.com - Sebuah studi terbaru oleh Sapien Labs yang juga dibagikan oleh mantan Wakil Presiden Xiaomi India, Manu Kumar Jain, menunjukkan risiko yang sangat besar dalam memberikan ponsel pintar kepada anak-anak. Laporan dari Sapien Labs ini menguji bagaimana memiliki ponsel pintar pada usia muda mempengaruhi faktor-faktor seperti keterlibatan sosial, harga diri, dan kecenderungan bunuh diri. Laporan ini didasarkan pada data dari 27.969 orang dewasa muda Generasi Z (usia 18-24 tahun) dari 34 negara di mana penurunan kesejahteraan mental orang dewasa muda ini telah dimulai sebelum pandemi.

Dilansir dari Gizchina, studi ini sangat penting karena kita sering menemukan semakin banyak anak-anak memiliki ponsel pintar mereka sendiri. Menurut Common Sense Media dalam laporan tahun 2021, remaja antara usia 13 tahun hingga 18 tahun menghabiskan rata-rata 8,4 jam setiap hari di layar hiburan. Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa mereka yang berusia antara 8 tahun hingga 12 tahun menghabiskan rata-rata 5,3 jam. Hal ini tentu harus menjadi kekhawatiran serius mengingat efek yang mungkin ditimbulkan oleh ponsel pintar pada anak-anak ini.

Menurut studi ini, mereka yang berusia antara 18 dan 24 tahun yang mendapatkan ponsel pintar pertama (atau tablet) pada usia yang lebih tua memiliki kesehatan mental yang lebih baik dan oleh karena itu lebih sedikit masalah dengan pikiran bunuh diri, perasaan permusuhan terhadap orang lain, dan rasa pemisahan dari realitas.

Baca Juga: Video Lawas Prilly Latuconsina Bagi-bagi Nomor HP ke Penggemar Viral, Netizen: Sepolos Itu

Ilustrasi iPhone. (pixabay)
Ilustrasi iPhone. (pixabay)

Hal ini menunjukkan dampak kumulatif penggunaan ponsel pintar pada masa kecil terhadap orang dewasa. Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa efek ini dapat lebih buruk pada perempuan. Menurut laporan, 60% - 70% perempuan yang menggunakan ponsel pintar sebelum berusia 10 tahun mengalami masalah kesehatan mental sebagai orang dewasa. Meskipun pria juga tidak kebal, jumlah kasusnya lebih rendah. Sekitar 45% - 50% pria yang menggunakan ponsel pintar sebelum usia 10 tahun menghadapi masalah serupa pada masa tua.

Laporan ini menemukan bahwa ada peningkatan kesejahteraan mental jangka panjang untuk setiap tahun penundaan mendapatkan ponsel pintar pada masa kecil. Semakin tinggi usia ponsel pintar pertama, semakin baik kesehatan mental yang dilaporkan oleh orang dewasa muda, yang dinilai berdasarkan Mental Health Quotient (MHQ).

Persentase perempuan dengan tantangan kesehatan mental menurun dari 74% untuk mereka yang mendapatkan ponsel pintar pertama pada usia 6 tahun menjadi 46% untuk mereka yang mendapatkannya pada usia 18 tahun. Pada pria, persentasenya turun dari 42% yang mendapatkan ponsel pintar pertama pada usia 6 tahun menjadi 36% yang mendapatkannya pada usia 18 tahun.

Baca Juga: Link Nonton Witch's Love, Ketika Penyihir Cantik Sedang Jatuh Cinta

Dataset Sapien Labs berasal dari survei kesejahteraan mental global yang sedang berlangsung, bersama dengan berbagai faktor gaya hidup dan pengalaman hidup. Data diperoleh menggunakan penilaian yang mencakup 47 elemen yang mencakup berbagai gejala dan pengalaman. Studi ini dimulai pada tahun 2019 sehingga tidak dapat menunjukkan tren sejak tahun 2010, tetapi dapat menunjukkan bagaimana kondisi orang dewasa muda saat ini dan menghubungkan variasi kesehatan mental saat ini dengan variasi usia ponsel pintar pertama.

Laporan oleh Sapien Labs menyoroti hubungan yang mungkin antara penggunaan ponsel pintar pada masa kecil dan kesehatan mental saat ini. Laporan tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan kesejahteraan mental jangka panjang untuk setiap tahun penundaan dalam mendapatkan ponsel pintar pada masa kecil. Laporan juga menemukan bahwa semakin tinggi usia ponsel pintar pertama, semakin baik kesehatan mental yang dilaporkan oleh orang dewasa muda. Studi ini memberikan bukti yang kuat bagi orang tua yang telah menahan diri untuk memberikan jendela dunia genggam kepada anak-anak mereka.

Baca Juga: Ariel NOAH Asyik Manggung Sambil Bawa Es Teh di Plastik, Netizen: Pesonanya Gak Pernah Hilang

Berita Terkait
TERKINI

Melalui Yandex Cloud, Yandex Weather, dan Yandex School of Data Analytics (YSDA) berkolaborasi untuk mengintegrasikan ke...

sains | 12:33 WIB

Apa saja fitur canggih yang ada di CBR 150? Simak rinciannya di bawah ini....

sains | 12:12 WIB

Pertamina Foundation bersama Fakultas Kehutanan UGM telah melakukan kerja sama rehabilitasi hutan "Hutan Pertamina UGM"...

sains | 14:04 WIB

Dengan memanfaatkan algoritma AI, perusahaan ini berhasil membuka jalan bagi pengembangan obat terobosan potensial....

sains | 16:10 WIB

Objek ini punya suhu jauh lebih tinggi daripada matahari walaupun tak begitu terang. Objek apa gerangan?...

sains | 16:22 WIB

Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA (CNEOS) telah mencatat lebih dari 32.000 asteroid yang berada dekat dengan Bumi....

sains | 15:44 WIB

Kontribusi Goodenough merevolusi bidang teknologi membuat namanya layak dikenang sebagai sosok penting....

sains | 13:54 WIB

Jika tidak ada yang dilakukan, tingkat diabetes akan terus meningkat di setiap negara selama 30 tahun ke depan....

sains | 18:50 WIB

Vladimir Putin, pertama kali mengumumkan pengembangan drone Poseidon dalam pidato kepada parlemen Rusia 2018 lalu....

sains | 18:26 WIB

Berikut adalah sederet mitos tentang daging kambing yang banyak dipercaya masyarakat. Benarkah?...

sains | 10:19 WIB

Apakah kalian tahu apa perbedaan antara pandemi dan endemi? Simak penjelasannya di sini....

sains | 20:20 WIB

Prosedur bariatrik ramai disorot setelah beberapa seleb Indonesia diketahui menjalani tindakan medis ini....

sains | 17:01 WIB

Begini akal-akalan Toyota untuk memikat orang agar tertarik dengan mobil listrik. Seperti apa?...

sains | 10:25 WIB

SATRIA adalah satelit yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan digital di Indonesia....

sains | 15:42 WIB

Satelit Satria-1 milik Indonesia akhirnya berhasil diluncurkan, diklaim sebagai terbesar di Asia....

sains | 15:59 WIB

Simak penjelasan apa itu El Nino lengkap dan dampak hingga potensi bahayanya bagi Indonesia....

sains | 15:48 WIB

Sering berlama-lama di depan monitor atau ponsel? Leher terasa kaku bahkan cenderung nyeri?...

sains | 16:38 WIB

Apa saja tanda-tanda rabies pada anjing? Awas jangan sampai terkena gigitanya, ya! Bisa fatal!...

sains | 13:09 WIB
Tampilkan lebih banyak