Sains

Tak Hanya Dipegang Elon Musk, Permen Kopiko Sudah Pernah Sampai Luar Angkasa

Para astronot pernah membawa permen Kopiko ke International Space Station.

Agung Pratnyawan

Permen Kopiko dibawa astronot ke stasiun luar angkasa. (Twitter/ Space_Station)
Permen Kopiko dibawa astronot ke stasiun luar angkasa. (Twitter/ Space_Station)

Hitekno.com - Netizen di media sosial sedang ramai menanggapi pertemuan Elon Musk dengan rombongan Menteri Bidang Maritim dan Kelautan (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Namun keramaiannya malah menyoroti permen Kopiko.

Potret Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sebungkus permen Kopiko pun menjadi viral di media sosial mendapatkan banyak respon netizen.

Dalam pertemuan tersebut, tampak Elon Musk dan Luhut memegang sebungkus permen kopiko ditangannya. Seperti yang kita bersama ketahui bahwa permen Kopiko merupakan salah satu produk keluaran PT. Mayora Indah Tbk.

Foto tersebut adalah sungguhan, bukan editan atau sebuah meme. Hal itu di konfirmasi oleh Rosan P Roeslani kepada Duta Besar Indonesia Untuk Amerika Serikat. Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) itu membenarkan keberadaan foto tersebut.

"Iya itu benar karena Kopiko dipakai astronot di antariksa," kata Rosan pada, Selasa (26/4/2022).

Pernyataan Rosan tidak mengada-ngada. Selain dipegang Elon Musk, permen Kopiko rupanya juga pernah dibawa para astronot ke luar angkasa.

Pada 2017 lalu sempat ramai dibicarakan jika para astronot Nasa sangat gemar mengkonsumsi permen Kopiko. Sehingga mereka membawa sebungkus permen Kopiko ketika bertugas di International Space Station (ISS)

Sebungkus permen Kopiko ikut terbang hingga ke luar angkasa bersama kru NASA (Twitter/@Space_Station)
Sebungkus permen Kopiko ikut terbang hingga ke luar angkasa bersama kru NASA (Twitter/@Space_Station)

Hal itu disebabkan, di sana tidak bisa mengkonsumsi kopi cair, jadi mengkonsumsi permen Kopiko adalah ide yang bagus.

Salah satu akun Twitter @huedaya menggunggah foto perbekalan para Astronot Nasa pada perayaan Thanksgiving 2017 yang lalu, foto tersebut diambil dari International Space Toon (ISS) @space_station.

"Bukan Sponsor! Tapi tahukah kamu kalau permen Kopiko dari PT Mayora Indah pernah dibawa sampai ke ISS? Yap! Permen kopi legendaris itu nampak di foto perayaan Thanksgiving pada 2017 lalu,"cuit akun tersebut dalam postingannya.

Foto yang sama juga pernah diunggah akun Twitter @Space_Station pada 24 November 2017. Dalam keterangannya, akun ini menyebut para astronot merayakan makan malam saat hari Thankgiving di luar angkasa.

"Para kru menikmati makan malam Thanksgiving saat mereka mengorbit Bumi pada ketinggian 250 mil. Makan malam hari kalkun mereka datang setelah seharian penuh melakukan penelitian dan pekerjaan pemeliharaan, memungkinkan mereka pada hari libur pada hari Jumat, 24 November untuk menikmati pemandangan planet dari laboratorium orbit mereka," begitu tulis akun @Space_Station mengiringi dua buah foto.

Di salah satu foto terlihat sebungkus permen Kopiko di antara perbekalan kru NASA. Permen dengan ekstrak kopi asli Indonesia yang diproduksi oleh PT Mayora Indonesia Tbk ini ikut mejeng di foto dari luar angkasa.

Setelah beredar foto permen Kopiko terbang ke angkasa, pihak Mayora merasa bangga dan bahagia melihat produk Indonesia menjadi pilihan para Astronot NASA dalam memberikan efek melek, sama halnya seperti minum kopi.

"Kami sangat bangga melihat Kopiko menjadi pilihan astronot NASA," ujar pihak MAYORA dalam keterangan tertulisnya pada media (25/11/2017) silam.

"Kopiko adalah pocket coffee yang terbuat dari ekstrak kopi asli yang memberikan efek melek. Jika tidak sempat membuat secangkir kopi, maka satu butir Kopiko akan membantu Anda untuk stay awake, stay ahead," lanjutnya.

Sejak beredarnya foto Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk memegang bungkus permen Kopiko. Saham Mayora melonjak hingga ke 7,36 persen ke Rp 1.750/unit hingga penutupan perdagangan Selasa kemarin.

Sebagai informasi, Mayora awalnya merupakan pembuat biskuit rumahan pada 1948. Kemudian, secara resmi berdiri menjadi kelompok usaha Mayora pada 1977 dengan pabrik pertama di Tangerang dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Perusahaan tersebut kemudian melantai di bursa domestik pada 4 Juli 2000 dengan target market konsumen ASEAN. Saat ini, produk Mayora telah tersebar di 5 benua.

Itulah keramaian fakta baru yang harus kamu ketahui, permen Kopiko tidak hanya dipegang Elon Musk. Namun pernah sampai ke luar angkasa juga. (Suara.com/ Damayanti Kahyangan)

Berita Terkait