Sains

Teleskop Hubble Deteksi Uap Air di Bulan Jupiter, Ada Kehidupan?

Apakah uap air ini menjadi bukti adanya kehidupan di luar sana?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Bulan terbesar Jupiter, Europa. (NASA)
Ilustrasi Bulan terbesar Jupiter, Europa. (NASA)

Hitekno.com - Europa, salah satu bulan Jupiter sekaligus satelit terbesar keenam di tata surya menjadi perhatian para peneliti. Termasuk dengan pengamatan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Tidak lain karena para ilmuwan menduka ada potensi kehidupan di tempat tersebut, karena memiliki kondisi yang mendukung.

Bulan es Europa kemungkinan memiliki danau di bawah permukaan, tempat di mana makhluk asing bisa bertahan hidup.

Saat ini, Teleskop Luar Angkasa Hubble telah mendeteksi uap air di belahan trailing Europa, yaitu belahan bulan yang selalu berlawanan dengan arah gerakannya.

Temuan tersebut membingungkan para ilmuwan, yang tidak mengerti mengapa uap air dalam keadaan gas air tidak berada di belahan utama bulan.

"Pengamatan luar angkasa Hubble menemukan bahwa uap air terus-menerus diisi ulang di seluruh belahan bulan. Itu agak misterius. Namun demikian, atmosfernya hanya sepersemiliar tekanan permukaan atmosfer di Bumi," tulis Badan Antariksa Eropa (ESA), seperti dikutip dari Metro pada Senin (18/10/2021).

Hubble tidak melihat uap air secara langsung, melainkan dalam bentuk tanda ultraviolet oksigen.

Europa bulan Jupiter. [NASA]
Europa bulan Jupiter. [NASA]

Para ilmuwan memperkirakan uap air tidak berasal dari dalam bulan, tetapi efek sinar Matahari yang menyebabkan permukaan es menyublim.

"Europa sangat menarik sebagai tempat tinggal potensial yang menjadi target misi Europa Clipper NASA dan Jupiter Icy Moons Explorer (JUICE) dari Badan Antariksa Eropa. Kedua misi akan diluncurkan dalam satu dekade," tambah ESA.

Europa hanya salah satu dari 79 bulan yang dimiliki Jupiter. Empat bulan terbesar dari satelit planet raksasa ini dikenal sebagai bulan Galilea.

Selain Europa, tiga bulan lainnya adalah Io, Ganymede, dan Callisto, yang dapat diamati dengan teleskop amatir sekali pun di langit malam.

Keempat bulan Jupiter ini adalah salah satu objek terbesar di tata surya, setelah Matahari dan delapan planetnya.

Itulah penemuan Teleskop Luar Angkasa Hubble tentang adanya uap air di Europa, salah satu bulan Jupiter yang mendukung adanya kehidupan. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait