Sains

Ilmuwan: Keluyuran Naik Motor Bisa Menyehatkan Mental

Berdasarkan riset penelitian tersebut, berikut lima efek berkendara sepeda motor untuk kesehatan mental

Agung Pratnyawan

Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Pixabay)
Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Pixabay)

Hitekno.com - Hasil penelitian terbaru mendapati kalau berpergian menggunakan sepeda motor bisa menyehatkan mental. Penilitian ini dilakukan ilmuwan dari surveri yang dilakukan pada 1000 pemotor.

Penlitian yang dilakukan Asda Money ini mendapati kalau ada hubungan antara bepergian naik sepeda motor dengan kesehatan mental.

Tapi hal itu bisa terjadi dengan catatan bahwa aktivitas ini dilakukan untuk dinikmati, bukan sekadar berpergian naik motor biasa.

Ditemukan bahwa alasan utama untuk menikmati sepeda motor antara lain: menikmati rasa kebebasan (59%), sensasi mengendarai sepeda (40%) dan kemampuan untuk bepergian (34%).

Tapi yang menarik di sini, beberapa pengendara mengungkapkan bagaimana roda dua juga membantu mereka dengan kecemasan dan/atau depresi.

Dilansir dari Visordown, berdasarkan riset penelitian tersebut, berikut lima efek berkendara sepeda motor untuk kesehatan mental:

Mencerahkan suasana hati Anda

Ternyata, para ilmuwan menemukan bahwa mengendarai sepeda motor melepaskan hormon dopamin dan endorfin, yang membuat kita merasa bahagia.

Hal ini bisa mengakibatkan suasana hati yang buruk teralihkan saat berada di atas motor, dan setelah beberapa kilometer semuanya terasa baik lagi.

Tapi sederhananya motoran membuat kita bahagia. Bahagia membuat kita sehat.

Ilustrasi Pemotor. (Pexels)
Ilustrasi Pemotor. (Pexels)

Putuskan sambungan dari teknologi

Saat Anda naik motor, Anda mendapat kesempatan untuk sejenak putus dari dunia online. Walau saat ini motor-motor keluaran terbaru mulai dibekali fitur konektivitas dengan ponsel, tapi tetap saja fitur tersebut bisa dimatikan.

Menikmati udara segar

Buka visor pada tutup Anda di pedesaan, dan dapatkan bau alami atau udara segar.

Sepeda motor adalah hobi di luar ruangan, udara segar merangsang kita dan melihat pohon, kegiatan ini juga disebut dengan istilah 'mandi pohon' dan mengurangi stres.

Bertemu orang baru

Berapa kali Anda berhenti di tempat baru dan bertemu pengendara motor, dan langsung memiliki kesamaan topik pembicaraan.

Topik-topik ini antara lain cerita tentang motor, cerita rute, dan gosip sepeda motor baru, yang mana adalah cara terbaik untuk bertemu orang baru.

Jika Anda memilih untuk bergabung dengan grup motor lokal, Anda langsung menjadi bagian dari jaringan pengendara. Hal ini bisa membuat orang merasa bahagia.

Ilustrasi motor. (pexels)
Ilustrasi motor. (pexels)

Tingkatkan kesehatan fisik Anda

Ada banyak waktu di mana orang akan benar-benar berkeringat saat motoran. Berkendara bisa sangat melibatkan fisik, Anda akan menggunakan tubuh Anda untuk berkeliling.

Dan itu dianggap sebagai latihan. Olahraga terbukti sebagai cara terbaik untuk menempatkan pikiran Anda di tempat yang tepat.

Leon Haslam, pembalap sepeda motor Inggris mengatakan bahwa aktivitas bermotor juga bisa dijadikan sebagai sarana melepas stres.

"Sangat bagus bahwa sepeda motor dapat menawarkan pelarian bagi banyak orang, baik itu dari masalah kehidupan sehari-hari, stres, atau potensi masalah mental," ucapnya.

"Fokus yang dibutuhkan dari sepeda motor membuat semua masalah lain bisa terlupakan dan bahkan jika itu untuk waktu yang singkat, itu bisa sangat berharga," imbuhnya.

"Jelas balap adalah sarana pendistraksi utama bagi saya, tetapi naik sepeda motor balap di pitlane juga menimbulkan perasaan yang sama seolah-olah saya melompat pada motor jalanan atau motor trail," pungkasnya.

Itulah hasil penelitian yang mengungkap kalau bepergian dengan seped motor bisa berdampak baik pada kesehatan mental. (Suara.com/ Cesar Uji Tawakal).

Berita Terkait