Sains

Peringatan Dini BMKG, Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter di Wilayah Ini

Masyarakat di wilayah ini diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Agung Pratnyawan

Logo BMKG. (BMKG)
Logo BMKG. (BMKG)

Hitekno.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi 4 hingga 6 meter. BMKG meminta masyarakat untuk waspada akan beragam potensi bahaya.

Dalam peringatan dini BMKG ini, wilayah yang harus waspada adalah Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Nias, Samudra Hindia Barat Aceh hingga Kepulauan Nias, dan Samudra Hindia Selatan Banten hingga Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, peringatan gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter juga berpotensi terjadi di antaranya di Laut Flores, Laut Banda, Perairan Bengkulu, Perairan Timur Pulau Simeulue Hingga Kepulauan Nias.

Begitu juga di Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai Hingga Lampung, Selat Sunda Bagian Barat Dan Selatan, Perairan Selatan Banten Hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas Bagian Selatan, dan Selat Makassar Bagian Selatan.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi sejumlah daerah di Indonesia.

Ilustrasi gelombang laut raksasa. (Pixabay/ WikiImages)
Ilustrasi gelombang laut raksasa. (Pixabay/ WikiImages)

Dilansir laman Suara.com mengutip BMKG, Minggu (11/7/2021), menyebutkan bahwa wilayah yang berpotensi mengalami cuaca hujan lebat itu adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan.

Cuaca yang sama juga diprakirakan terjadi di Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

"Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diharapkan selalu waspada," imbauan BMKG.

Itulah peringatan dini BMKG yang meminta masyarakat di wilayah tersebut untuk meningkatkan kewaspadaanya pada gelombang tinggi. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait