10 Penampakan UFO Paling Terkenal di Dunia, dari 1947 hingga 2019

Ternyata banyak penampakan UFO yang pernah tercatat.

Agung Pratnyawan
Minggu, 27 Juni 2021 | 06:00 WIB
Ilustrasi UFO. (Pixabay)

Ilustrasi UFO. (Pixabay)

Hitekno.com - Setidaknya ada sepuluh penampakan UFO paling terkenal di dunia, yang terekam antara tahun 1947 hingga 2019.

Penampakan objek terbang tak dikenal atau UFO tengah ramai jadi sorotan. Termasuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon yang meliris laporan terbaru.

Selama ini Pentagon dan Washington belum pernah mengeluarkan laporan resmi terkait UFO, meski sempat mengkonfirmasi beberapa rekaman UFO yang diperoleh dari militer AS.

Baca Juga: Penampakan Objek Spiral di Langit Bikin Geger, Kemunculan UFO?

Pada 2020 kemarin, Pentagon juga telah mendirikan Unidentified Aerial Phenomena Task Force, sebuah satuan tugas untuk menyelidiki UFO.

Selain itu selama periode 2007 - 2012, AS juga memiliki program Advanced Aerospace Threat Identification Program yang bertugas mengumpulkan informasi intelijen tentang UFO.

Laporan yang kabarnya dirilis pada 25 Juni waktu AS ini sebelumnya telah diserahkan ke sejumlah anggota kongres atau DPR AS pada pekan ini. Mereka mengatakan bahwa isi laporan mengkhawatirkan dan bahwa UFO sudah tergolong ancaman terhadap keamanan nasional AS.

Baca Juga: Amerika Anggap UFO Sebagai Ancaman Keamanan Nasional

Di dunia sendiri telah terjadi banyak sekali penampakan UFO, baik yang disangkal maupun diakui oleh pemerintah. Diduga laporan Pentagon hari ini akan juga membahas soal penampakan-penampakan ini.

Tangkapan gambar dari sebuah video pesawat tempur AS, yang menunjukkan sebuah pesawat tak dikenal dan diduga sebagai UFO. Peristiwa dalam rekaman itu terjadi pada 2004 silam. [YouTube/Departemen Pertahanan AS]
Tangkapan gambar dari sebuah video pesawat tempur AS, yang menunjukkan sebuah pesawat tak dikenal dan diduga sebagai UFO. Peristiwa dalam rekaman itu terjadi pada 2004 silam. [YouTube/Departemen Pertahanan AS]

Berikut kumpulan penampakan UFO yang sempat menghebohkan dunia:

  1. Kenneth Arnold, 1947
    Tahun 1947 silam, seorang pilot maskapai sipil AS bernama Kenneth Arnold mengaku telah melihat objek tak dikenal yang terbang di Gunung Rainier, Washington, pada 24 Juni 1947. Ia melihat sembilan benda bercahaya biru yang terbang dengan kecepatan 1.700 mph dan membentuk formasi 'V'.
    Awalnya ia meyakini bahwa benda yang mirip seperti piring itu adalah pesawat militer baru milik pemerintah. Namun pemerintah mengaku tidak ada latihan yang dilakukan di sekitar gunung tersebut.
  2. Insiden Roswell, 1947
    Pada Juni 1947 seorang pengelola ranch di Roswell, New Mexico, AS juga mengaku melihat puing mirip piring terbang di sebuah padang rumput tempatnya bertugas. Kesaksian itu diperkuat oleh siaran pers pangkalan angkatan udara AS di Roswell yang mengatakan pihaknya telah menemukan dan mengevakuasi sebuah piring terbang. Belakangan siaran pers itu dicabut.
    Pemerintah AS, demi membantah rumor soal UFO ini, mengatakan bahwa puing itu adalah balon udara yang digunakan dalam sebuah program militer. Tetapi pada 1970an, seorang pensiunan letnan kolonel mengatakan bahwa objek yang ditemukan di Roswell adalah piring terbang.
    Insiden Roswell sendiri sampai saat ini merupakan salah satu insiden yang dikaitkan dengan UFO paling terkenal di dunia.
  3. Lubbock Lights, 1951
    Penampakan ini bermula dari foto yang dilaporkan mahasiswa Texas University yang melihat sebuah benda berbentuk lingkaran terbang di angkasa dengan kecepatan tinggi dan membentuk formasi V. Penampakan ini juga disaksikan oleh tiga profesor asal universitas yang sama.
    Setelah diselidiki, Angkatan Udara menyimpulkan bahwa benda bercahaya itu adalah burung yang memantulkan cahaya dari lampu di Lubbock. Namun banyak orang yang menolak penjelasan ini karena benda bergerak terlalu cepat.
  4. Levelland, 1957
    Puluhan warga Levelland, Texas, melaporkan telah melihat roket atau cahaya aneh yang menyebabkan mesin dan lampu di kendaraan mereka mati. Laporan ini kemudian diselidiki oleh Tim Project Blue Book yang dibentuk Angkatan Udara AS.
    Dari hasil penyelidikan, Project Blue Book menyimpulkan bahwa ini adalah dampak dari badai listrik yang menyebabkan lampu dan kerusakan mekanis lain. Faktanya, tidak ada badai petir yang muncul di sana malam itu.
  5. Teheran, 1976
    Pada 19 September 1976, muncul sejumlah laporan dari warga Teheran, Iran tentang cahaya misterius yang muncul di langit. Radar juga menangkap pergerakan objek tersebut.
    Beberapa jet tempur F-4 dikirim untuk menyelidiki objek tersebut. Tetapi dua jet tersebut justru mengalami masalah pada instrumen dan peranti komunikasi saat mendekati objek tersebut. Saat mundur, fungsi peranti dan instrumen pada jet tersebut normal kembali.
    Tak diketahui pasti objek apa yang melintas di Teheran itu, tetapi beberapa pengamat mengatakan yang terlihat pada malam itu adalah Planet Yupiter. Sementara penjelasan lain merujuk pada meteor, karena sekitar waktu kejadian sedang terjadi dua hujan meteor di Bumi.
  6. Hutan Rendlesham, Inggris 1980
    Desember 1980, Angkatan Udara AS melaporkan ada lampu warna-warni yang terbang di Hutan Rendlesham, Inggris. Kemudian seorang pria memasuki hutan dan menyelidiki objek tersebut. Dari sana, ia mengklaim telah menemukan semacam pesawat ruang angkasa yang menyebabkan kerusakan di pepohonan karena adanya radiasi tinggi.
    Namun Kementerian Pertahanan Inggris yang meneliti insiden itu hingga awal 2000-an menyatakan bahwa itu bukanlah ancaman berarti. Penelitian akhirnya tidak dilanjutkan.
  7. Belgia, 1989-1990
    November 1989, warga Belgia melaporkan telah melihat UFO berbentuk segitiga yang melayang di langit. Kemudian pada Maret 1990, sebuah objek baru ditemukan oleh radar milik angkatan darat. Dua jet tempur F-16 kemudian dikirim untuk menyelidiki objek tersebut.
    Sayangnya, objek bergerak sangat cepat sehingga jet kehilangan jejak mereka. Fenomena ini telah disaksikan hingga 13.500 orang warga Belgia dan menjadi penampakan UFO yang paling banyak disaksikan.
  8. USS Nimitz, 2004
    Beberapa pilot jet tempur dari Angkatan Laut AS yang bertugas di kapal induk USS Nimitz mendeteksi sebuah benda tak dikenal yang terbang cepat di atas laut California. Objek itu juga terdeteksi radar. Pilot tersebut kemudian merekam objek itu menggunakan kamera inframerah.
    Rekaman pada disiarkan oleh media di seluruh dunia pada 2017. Tetapi beberapa pengamat UFO mengatakan video itu sudah tersebar di berbagai forum online setidaknya sejak 2007.
    Angkatan Laut AS sendiri, pada 2020, telah menyatakan bahwa video itu benar dan fenomena ini kemudian diidentifikasi sebagai fenomena UFO.
  9. USS Theodore Roosevelt, 2014-2015
    Pada periode ini pilot pesawat tempur yang bermarkas di kapal induk USS Theodore Roosevelt juga merekam aktivitas UFO di Pantai Timur AS. Angkatan Laut AS pada 2020 juga mengakui insiden ini.
  10. USS Omaha, 2019
    Pada Juli 2019 lalu, kapal perang USS Omaha berhasil merekam sebuah UFO yang tidak saja terbang di atas air tetapi juga berhasil menyelam ke dalam air. AL AS telah berusaha melacak UFO itu di dalam air dan mencari puing-puingnya, tetapi hasilnya nihil. Video UFO yang bisa menyelam ini disebarkan ke publik - dan diakui oleh Pentagon - pada Mei 2021 kemarin.

Itulah sepuluh penampakan UFO paling terkenal di dunia. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Baca Juga: 5 Ciri UFO yang Membedakan dari Pesawat Buatan Manusia

Berita Terkait
TERKINI

Melalui Yandex Cloud, Yandex Weather, dan Yandex School of Data Analytics (YSDA) berkolaborasi untuk mengintegrasikan ke...

sains | 12:33 WIB

Apa saja fitur canggih yang ada di CBR 150? Simak rinciannya di bawah ini....

sains | 12:12 WIB

Pertamina Foundation bersama Fakultas Kehutanan UGM telah melakukan kerja sama rehabilitasi hutan "Hutan Pertamina UGM"...

sains | 14:04 WIB

Dengan memanfaatkan algoritma AI, perusahaan ini berhasil membuka jalan bagi pengembangan obat terobosan potensial....

sains | 16:10 WIB

Objek ini punya suhu jauh lebih tinggi daripada matahari walaupun tak begitu terang. Objek apa gerangan?...

sains | 16:22 WIB

Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA (CNEOS) telah mencatat lebih dari 32.000 asteroid yang berada dekat dengan Bumi....

sains | 15:44 WIB

Kontribusi Goodenough merevolusi bidang teknologi membuat namanya layak dikenang sebagai sosok penting....

sains | 13:54 WIB

Jika tidak ada yang dilakukan, tingkat diabetes akan terus meningkat di setiap negara selama 30 tahun ke depan....

sains | 18:50 WIB

Vladimir Putin, pertama kali mengumumkan pengembangan drone Poseidon dalam pidato kepada parlemen Rusia 2018 lalu....

sains | 18:26 WIB

Berikut adalah sederet mitos tentang daging kambing yang banyak dipercaya masyarakat. Benarkah?...

sains | 10:19 WIB

Apakah kalian tahu apa perbedaan antara pandemi dan endemi? Simak penjelasannya di sini....

sains | 20:20 WIB

Prosedur bariatrik ramai disorot setelah beberapa seleb Indonesia diketahui menjalani tindakan medis ini....

sains | 17:01 WIB

Begini akal-akalan Toyota untuk memikat orang agar tertarik dengan mobil listrik. Seperti apa?...

sains | 10:25 WIB

SATRIA adalah satelit yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan digital di Indonesia....

sains | 15:42 WIB

Satelit Satria-1 milik Indonesia akhirnya berhasil diluncurkan, diklaim sebagai terbesar di Asia....

sains | 15:59 WIB

Simak penjelasan apa itu El Nino lengkap dan dampak hingga potensi bahayanya bagi Indonesia....

sains | 15:48 WIB

Sering berlama-lama di depan monitor atau ponsel? Leher terasa kaku bahkan cenderung nyeri?...

sains | 16:38 WIB

Apa saja tanda-tanda rabies pada anjing? Awas jangan sampai terkena gigitanya, ya! Bisa fatal!...

sains | 13:09 WIB
Tampilkan lebih banyak