Sains

Auto Takjub, Begini Wujud Pulau Jawa dan Bali dari Luar Angkasa

Dalam foto tersebut nampak sebagian pulau Jawa dan Bali di malam hari.

Amelia Prisilia

Foto pulau Jawa dan Bali dari luar angkasa. (NASA)
Foto pulau Jawa dan Bali dari luar angkasa. (NASA)

Hitekno.com - Akun Twitter @semestasains baru-baru ini membagikan foto pulau Jawa dan Bali yang diambil dari luar angkasa. Menunjukan suasana malam Indonesia dari luar angkasa, foto ini langsung saja berhasil membuat takjub siapa saja yang melihatnya.

Dua foto yang menunjukan wujud pulau Jawa dan Bali ini diambil dari Stasiun Luar Angkasa oleh para astronot yang kebetulan melintas di lokasi tersebut.

Berdasarkan situs resmi NASA, foto pertama yang menunjukan sebagian pulau Jawa dan Bali diambil pada 9 Juni 2018 lalu. Dalam foto tersebut nampak sebagian pulau Jawa dan Bali di malam hari.

Dalam foto tersebut nampak lampu kota dari pulau utama Indonesia ini. Tepat di sisi-sisinya nampak sisi gelap yang adalah Laut Jawa dan Samudra Hindia.

NASA menyebut jika wilayah paling terang dari foto ini adalah Surabaya yang dikenal sebagai kota terbesar kedua di Indonesia. Bagian laut dari pulau ini diramaikan dengan lampu-lampu kapal yang berlalu lintas di lokasi tersebut.

Foto pulau Jawa dan Bali dari luar angkasa. (NASA)
Foto pulau Jawa dan Bali dari luar angkasa. (NASA)

Tepat di bibir Kota Surabaya terlihat Tanjung Perak yang adalah pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia. Setidaknya ada 33 juta ton karbo dan sembilan juta manusia yang datang melalui pelabuhan tersebut.

Pada foto yang kedua, pulau Jawa dengan Surabaya yang berada di ujung timur pulau tersebut nampak begitu terang dengan gemerlap lampu di malam hari layaknya pada foto yang pertama.

Tidak ada yang berada pada foto pertama dan kedua. Yang membedakan dua foto ini hanyalah angle pengambilan foto yang kemudian menunjukan sisi berbeda dari pulau Jawa dan Bali ini.

Diunggah kembali oleh akun @semestasains beberapa waktu lalu, foto pulau Jawa dan Bali dari luar angkasa ini langsung saja menjadi perbincangan hangat usai membuat takjub siapa saja yang melihatnya.

Berita Terkait