Sains

Ilmuwan NASA Deteksi Sinyal Misterius dari Planet Venus

Planet Venus adalah bagian yang menakjubkan bagi Bumi karena memiliki ukuran dan komposisi yang sama dengan Bumi.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Penampakan Planet Venus. (Wikipedia Commons/NASA).
Penampakan Planet Venus. (Wikipedia Commons/NASA).

Hitekno.com - Ilmuwan NASA dibuat terkejut usai menemukan sinyal misterius yang datang dari Planet Venus belum lama ini. Menjadi tanya bagi para ilmuwan, penelitian terkait asal mula sinyal ini lalu dilakukan.

Terdeteksinya sinyal misterius dari Venus ini terjadi saat Parker Solar Probe milik NASA melakukan penerbangan yang cukup dekat dengan planet yang berada dekat dengan Matahari ini.

Dilansir dari Science Alert, saat Parker Solar Probe turun pada 833 kilometer di atas permukaan Venus, alat ini lalu mendeteksi sebuah sinyal radio dengan frekuensi rendah. Sinyal ini diduga sebagai tanda bahwa Probe sudah memasuki ionosfer Planet Venus.

Momen ini adalah hal pertama sebuah instrumen NASA yang dapat merekam signal dari ionosfer tersebut. Kemunculan sinyal misterius ini diduga menjadi respon Venus untuk perubahan siklik di Matahari.

Sebagai informasi, Planet Venus adalah bagian yang menakjubkan bagi Bumi karena memiliki ukuran dan komposisi yang sama dengan Bumi. Sayangnya, Venus justru sangat berancun dengan panas membara yang tidak ramah terhadap kehidupan.

Perbandingan Planet Venus dan Planet Bumi. (Wikipedia Commons/NASA)
Perbandingan Planet Venus dan Planet Bumi. (Wikipedia Commons/NASA)

Misi untuk menjelajahi Planet Venus hingga kini masih belum dilakukan. Pasalnya, beberapa usaha yang dilakukan NASA masih belum berhasil hingga hari ini.

Sejumlah usaha dilakukan untuk mendarat di permukaan Planet Venus ini. Rata-rata tidak dapat bertahan hidup di permukaan planet yang bersuhu 462 derajat celcius.

Sempat membuat para ilmuwan NASA terpukau, sinyal misterius dari Planet Venus ini langsung saja menjadi hal baru dalam dunia ilmu pengetahuan. Kedepannya, tidak dapat dipungkiri akan banyak penelitian terkait hal tersebut.

Berita Terkait