Sains

Lengkap, Ini Jadwal Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari 2021

Simak ini jadwal gerhana Bulan dan gerhana Matahari selama 2021.

Agung Pratnyawan

Gerhana Matahari Cincin. (Shutterstock)
Gerhana Matahari Cincin. (Shutterstock)

Hitekno.com - Fenomena alam yang terjadi selalu menarik untuk diulas. Termasuk gerhana Bulan dan gerhana Matahari yang hapir terjadi setiap tahunnya. Untuk itu, simak jadwal gerhana 2021.

Untuk tahun 2021 ini, dilaporkan akan ada sejumlah fenomena alam gerhana Bulan maupun gerhana Matahari. Lantasa kapan saja, simak jadwal gerhana 2021 tersebut?

Jadwal gerhana bulan 2021 akan terjadi dalam waktu yang tidak lama lagi. Sementara jadwal gerhana matahari 2021 dapat dinikmati dari permukaan bumi sebanyak dua kali.

Berikut jadwal gerhana 2021, baik gerhana Bulan maupun gerhana Matahari catat tanggalnya! 

1.  Gerhana bulan total

Fenomena ini akan terjadi pada tanggal 26 Mei 2021 mendatang, Gerhana bulan total adalah fenomena ketika posisi bulan akan terhalang oleh umbra gelap bumi. Kabarnya Hawaii menjadi tempat paling ideal untuk menyaksikan fenomena alam ini karena posisinya berada pada lingkar pasifik. 

2.  Gerhana matahari cincin

Gerhana matahari cincin akan terjadi pada tanggal 10 Juni 2021, gerhana cincin adalah peristiwa yang terjadi saat bumi, bulan dan matahari berada pada satu garis lurus dan saat kejadian itu berlangsung piringan bulan yang terlihat dari bumi berukuran lebih kecil daripada piringan matahari.

Yang terjadi saat peristiwa gerhana matahari cincin adalah hilangnya cahaya pada waktu siang hari sehingga menunjukkan seolah sedang malam hari, sayangnya fenomena ini hanya bisa disaksikan di Kanada, Greenland barat laut dan Siberia timur laut.

Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Martin Adams)
Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Martin Adams)

3. Gerhana matahari total

Terakhir adalah gerhana matahari total, fenomena ini akan terjadi pada tanggal 4 Desember 2021, fenomena ini menjadi salah satu fenomena spesial diantara kebanyakan fenomena alam lainnya karena termasuk fenomena yang jarang terjadi. 

Fenomena alam ini akan terjadi di beberapa belahan dunia, ketika gerhana matahari total terjadi posisi bumi, bulan dan matahari sejajar sehingga cahaya bulan akan menutup seluruh cahaya matahari yang masuk ke bumi.

Setelah Anda tahu jadwal gerhana bulan dan gerhana matahari 2021, simak juga ulasan lengkap tentang gerhana bulan dan matahari berikut ini.

Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah fenomena ketika posisi bumi berada di antara matahari dan bulan, proses terjadinya adalah ketika bulan memantulkan sinar matahari. Pantulan sinar matahari tersebut membuat bulan bersinar pada saat malam hari. 

Namun ketika gerhana bulan terjadi bayangan bumilah yang jatuh di permukaan bulan, bukan sinar matahari

Jenis-jenis Gerhana Bulan:

  1. Gerhana bulan total
    Saat peristiwa ini terjadi bayangan bumi akan menutupi bulan dan posisinya akan sejajar dengan matahari dan bulan
  2. Gerhana bulan sebagian
    Ketika gerhana ini terjadi hanya sebagian dari bulan yang berada pada bayangan bumi dan apa yang akan tampak dari bumi bergantung pada posisi bumi, matahari dan bulan 

 

Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)
Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)

Gerhana Matahari

Gerhana matahari adalah fenomena yang terjadi saat posisi bulan berada diantara bumi dan matahari, ketika bulan bumi dan matahari berada pada satu garis linear maka bayangan bulan akan jatuh di bumi dan menutupi sinar matahari

Jenis-jenis Gerhana Matahari:

  1. Gerhana matahari total
    Cahaya matahari akan tertutup sepenuhnya saat gerhana matahari ini terjadi
  2. Gerhana matahari sebagian
    Piringan matahari akan tertutup sebagian saat gerhana matahari mengalami puncak
  3. Gerhana matahari Cincin
    Ketika piringan bulan terletak tepat di depan piringan matahari maka seluruh piringan bulan akan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
  4. Gerhana matahari sebagian atau hibrida
    Gerhana ini hanya terjadi pada bagian bumi tertentu, satu sisi mendapati gerhana bulan total dan sisi lainnya hanya terlihat cincin yang bercahaya

Jangan lupa catat tanggalnya dan saksikan fenomenanya, jika anda tidak bisa menyaksikan secara langsung anda bisa melakukan streaming pada laman resmi NASA. 

Itulah jadwal gerhana Matahari dan gerhana Bulan yang akan terjadi pada 2021. Semoga bermanfaat! (Suara.com/ Dhea Alif Fatikha).

Berita Terkait