Sains

Kisah Kelam Elisa Lam, Pelancong yang Tewas Mengenaskan di Tangki Air Hotel

Elisa Lam memutuskan menginap di sebuah hotel kecil bernama Hotel Cecil yang berada tepat di pusat kota Los Angeles.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Kematian Elisa Lam. (youtube/Netflix)
Kematian Elisa Lam. (youtube/Netflix)

Hitekno.com - Penikmat Netflix tentu sedang dibuat geger dengan film dokumenter berjudul Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel. Dalam dokumenter tersebut, diungkap kisah kelam Elisa Lam, pelancong asal Kanada yang tewas mengenaskan di tangki air Hotel Cecil, Los Angeles.

Elisa Lam tidak menyangka jika rencananya berlibur di Los Angeles akan menjadi akhir hidupnya di dunia. Bermaksud untuk melepas penat dari Vancouver, Kanada, Elisa Lam justru harus tewas di hotel yang menjadi tempatnya menginap.

Pada tanggal 26 Januari 2013 lalu, Elisa Lam memutuskan untuk berlibur di Los Angeles, Amerika Serikat usai selama ini terjerat rutinitas perkuliahan di Vancouver, Kanada. Tanpa ditemani siapapun, Elisa Lam akhirnya melakukan solo travelling.

Berdasarkan film dokumenter tersebut, Elisa Lam memutuskan menginap di sebuah hotel kecil bernama Hotel Cecil yang berada tepat di pusat kota Los Angeles. Punya harga yang terjangkau dan cocok di kantong mahasiswa, Hotel Cecil menjadi pilihan tepat untuknya.

Kabar buruk tiba-tiba datang menghampiri keluarga Elisa Lam usai hingga 31 Januari 2013, dirinya tidak bisa dihubungi. Padahal tanggal tersebut adalah waktu dirinya untuk check out dan kembali ke Vancouver, Canada.

Kematian Elisa Lam. (youtube/Netflix)
Kematian Elisa Lam. (youtube/Netflix)

 

Khawatir dengan Elisa Lam, pihak keluarga lalu melaporkan kasus kehilangan pada pihak kepolisian setempat. Pencarian lalu dilakukan di Hotel Cecil, sayangnya Elisa Lam tidak kunjung ditemukan.

Anehnya, kamar tempat Elisa Lam menginap justru sangat rapi dengan barang-barang yang menunjukan bahwa dirinya masih menempati ruangan tersebut. Pemeriksaan CCTV lalu dilakukan, berbagai keanehan kemudian menyeruak.

Nampak dalam CCTV berdurasi 4 menit, Elisa Lam masuk ke dalam lift dan memencet sejumlah tombol. Anehnya, pintu lift tak kunjung terutup. Elisa Lam lalu terlihat melangkah ke depan pintu sambil melihat ke arah kanan dan kiri.

Kejanggalan sikap Elisa Lam semakin terasa usai dirinya kembali masuk ke dalam lift layaknya sedang ketakutan. Dalam proses ini, pintu lift di Hotel Cecil tidak juga tertutup. Elisa Lam yang ketakutan lalu berlari meninggalkan lift. Itu merupakan kali terakhir dirinya terlihat.

2 minggu setelah video CCTV ini beredar, polisi lalu mendapat laporan dari pihak Hotel Cecil yang mengaku menemukan jenazah seorang wanita yang sudah membusuk di tangki air hotel. Hal ini karena adanya komplain dari tamu terkait air yang berbau busuk.

Setelah melakukan penyelidikan, polisi memastikan bahwa sosok jenazah yang telah membusuk ini adalah Elisa Lam yang telah menghilang selama 2 minggu.

Penemuan ini jelas saja dianggap tidak masuk akal, pasalnya sangat tidak mungkin ada jenazah yang dapat masuk ke dalam tangki air dengan tutup rapat ini. Mengenai penyebab kematian Elisa Lam, hingga kini masih menjadi misteri.

Banyak yang menduga jika dirinya adalah korban pembunuhan. Dugaan lain menyebut Elisa Lam mengalami depresi dan memutuskan untuk bunuh diri di Hotel Cecil. Selain itu, banyak yang mengaitkan kematian Elisa Lam ini dengan hal-hal mistis yang terjadi di lokasi tersebut.

Menjadi salah satu kasus dingin di dunia, kematian Elisa Lam di Hotel Cecil ini masih belum dapat dipecahkan hingga hari ini. Untuk yang penasaran dengan kisah Elisa Lam ini, bisa langsung menyaksikan dokumenternya di Netflix ya.

Berita Terkait