Sains

Beli Rumah Bekas, Pria Ini Mendadak Kaya dari Apa yang Ditemukannya di Sana

Apa yang ditemukan dari rumah bekas tersebut?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi harta karun. (Pixabay)
Ilustrasi harta karun. (Pixabay)

Hitekno.com - Rejeki terkadang datang secara tak terduga, seperti yang dialami pria satu ini. Ia membeli rumah bekas yang ternyata di dalamnya terdapat harta karu.

Yakni Alex Archbold, pria asal Kanada yang membeli rumah bekas seharga 10.000 dolar AS atau sekitar Rp 139,7 juta milik Bette-Joan Rac, seorang guru les piano yang telah meninggal dunia.

Pria yang memang seorang kolektor barang antik sejak kecil itu pertama kali bertemu dengan Bette-Joan Rac, beberapa tahun lalu saat membeli mobil Cadillacnya.

Tak disangka, Alex Archbold justru menemukan pakaian desainer, koin langka, tas dengan cincin emas dan berlian, hingga dompet penuh uang tunai dan dolar perak di dalam rumah tersebut.

Pria ini secara kebetulan memiliki toko barang antik Curiosity Inch di Edmonton.

Untuk keperluan tokonya tersebut, Archbold secara teratur membeli rumah-rumah bekas dan membagikan penemuannya di YouTube. Ia tercengang saat mengetahui isi rumah yang baru dibelinya.

"Saya pikir ini akan menjadi situasi yang impas ketika saya membelinya dengan harapan saya bisa mendapatkan piano dan beberapa hal lainnya senilai 10.000 dolar AS. Tapi saya terkejut bahwa guru piano nyentrik yang saya temui sebenarnya adalah seorang jutawan," kata Alex Archbold, seperti dikutip dari NDTV, Sabtu (13/2/2021).

Beli rumah bekas malah dapat harta karun. (YouTube/ Curiosity Incorporated)
Beli rumah bekas malah dapat harta karun. (YouTube/ Curiosity Incorporated)

 

Archbold mengaku bahwa ia telah mengenal guru les musik tersebut selama bertahun-tahun tetapi belum pernah mengunjungi rumahnya.

Salah satu penemuan paling berkesan adalah batangan perak yang tersembunyi di bawah kasur. Archbold juga menemukan rak penuh mantel bulu dan uang yang berasal dari tahun 1920-an.

Archbold memperkirakan bahwa ia menemukan harta karun senilai sekitar 400.000 dolar AS atau sekitar Rp 5,6 miliar di dalam rumah itu.

"Saya menginvestasikan 10.000 dolar AS untuk membeli isi rumah sebagaimana adanya dan saya akan menjual barang-barang di dalamnya senilai 400.000 dolar AS setelah melakukan tiga kali lelang. Ini adalah investasi terbaik yang pernah saya lakukan sampai saat ini," tambahnya.

Rumah tersebut awalnya akan disimpan Archbold untuk dirinya sendiri namun sekarang ia akan membangun sebuah kafe.

Itulah kisah Alex Archbold yang menemukan harta karun dari rumah bekas yang dibelinya. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait