Sains

BMKG Minta Warga Jakarta di Tiga Wilayah Ini untuk Lebih Waspada, Kenapa?

Wilayah mana saja yang harus memperhatian peringatan BMKG ini?

Agung Pratnyawan

Logo BMKG. (BMKG)
Logo BMKG. (BMKG)

Hitekno.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga Jakarta di tiga wilayah ini untuk lebih mewaspadai adanya potensi hujan disertai kilat petir pada hari ini, Senin (11/1/2021).

BMKG menyampaikan hal ini melalui halaman resminya, terkait potensi adanya hujan yang disertai kilat atau petir dengan angin kencang. Namun wilayah mana saja?

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jaksel (Jakarta Selatan), Jaktim (Jakarta Timur) dan Jakbar (Jakarta Barat) antara menjelang siang dan sore hari," tulis BMKG di laman resminya, dilansir laman Suara.com.

BMKG memperkirakan kondisi cuaca Jakarta sepanjang Senin dari pagi hingga malam hari kondisinya berawan hingga hujan dengan intensitas sedang.

Data BMKG Senin dini hari menyebutkan wilayah administrasi Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan pada pagi hari.

Warga yang sedang beristirahat sejenak saat Car Free Night yang diwarnai hujan, di malam perayaan Tahun Baru 2020 di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (31/12/2019). [Suara.com / Alfian Winanto]
Warga yang sedang beristirahat sejenak saat Car Free Night yang diwarnai hujan, Jakarta Pusat, Selasa (31/12/2019). [Suara.com / Alfian Winanto]

 

Sementara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur cuacanya pada pagi hari diprediksi cerah berawan.

Kemudian memasuki siang hari, wilayah administrasi Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara kondisi cuacanya diperkirakan hujan dengan intensitas ringan, sementara Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mengalami hujan dengan intensitas sedang. Untuk Kepulauan Seribu diperkirakan cuacanya berawan.

Memasuki malam hari cuaca di seluruh wilayah administrasi DKI Jakarta kecuali Kepulauan Seribu diperkirakan berawan. Sementara Kepulauan Seribu akan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Sementara itu, suhu udara diperkirakan berkisar 24-32 derajat celsius. Jakarta Barat akan berada pada rentang 25-32 derajat, Jakarta Pusat 25-31 derajat.

Berikutnya, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan pada rentang 24-32 derajat, sedangkan Jakarta Utara berkisar 25-32 derajat, dan Kepulauan Seribu 26-31 derajat.

Sementara itu, BPBD DKI Jakarta menyebutkan untuk ketinggian muka air di berbagai daerah di Jakarta sampai Senin dini hari dalam status normal.

Itulah tiga wilayah di DKI Jakarta yang berpotensi hujan disertai kilat atau petir dengan angin kencang menurut BMKG. Masyarakat di tiga wilayah ini diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait