Sains

Pemburu Alien Klaim Deteksi Sinyal Misterius, dari Sistem Bintang Terdekat

Para ahli ini masih mempersiapkan makalah tentang penemuan sinyal misterius tersebut.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi luar angkasa. (Pixabay/ PublicDomainPictures)
Ilustrasi luar angkasa. (Pixabay/ PublicDomainPictures)

Hitekno.com - Salah satu tim astronom pemburu alien mengklaim mendeteksi sinyal misterius yang berasal dari arah Proxima Centauri, sistem bintang terdekat ke Matahari.

Sebagai informasi, ada beberapa tim dan astronom yang memburu dan mencari tahu keberadaan alien dan peradaban di luar Bumi.

Menurut laporan The Guardian, para ahli ini masih mempersiapkan makalah tentang penemuan tersebut dan datanya belum dipublikasikan.

Sinyalnya dikabarkan berupa sinar sempit gelombang radio 980 MHz yang terdeteksi pada April dan Mei 2019 di teleskop Parkes, Australia.

Teleskop Parkes merupakan bagian dari proyek Breakthrough Listen senilai 100 juta dolar AS untuk berburu sinyal radio dari sumber di luar tata surya.

Breakthrough Listen mendeteksi sinyal radio yang tidak biasa sepanjang waktu, antara sumber Bumi, keluaran radio alami matahari, dan sumber alam di luar tata surya.

Ada banyak gelombang radio yang memantul di alam semesta, tetapi sinyal ini tampaknya datang langsung dari sistem Proxima Centauri yang hanya 4,2 tahun cahaya dari Bumi.

Teleskop VLBA. (Phys.org)
Teleskop VLBA. (Phys.org)

Menariknya, sinyal tersebut dilaporkan bergeser sedikit saat sedang diamati. Gerakan tersebut sama seperti cara yang menyerupai pergeseran oleh pergerakan planet.

Proxima Centauri sendiri diketahui memiliki satu planet berbatu yang 17 persen lebih besar dari Bumi dan satu planet gas raksasa.

"Ini adalah sinyal paling menarik yang kami temukan dalam proyek Breakthrough Listen, karena kami belum mendapatkan sinyal ini dari filter kami sebelumnya," kata Sofia Sheikh dari Penn State University, yang memimpin analisis sinyal untuk Breakthrough Listen, seperti dikutip Live Science, Selasa (22/12/2020).

Sheikh menambahkan bahwa sinyal itu sekarang disebut sebagai Breakthrough Listen Candidate 1 atau BLC1.

Meski diduga sebagai komunikasi alien, namun tidak menutup kemungkinan bahwa sinyal ini berasal dari duniawi.

Tantangan terbesar saat ini dalam mencari komunikasi alien adalah tidak ada yang tahu, bagaimana alien bisa berkomunikasi dan tidak ada yang tahu semua potensi sumber alami gelombang radio di alam semesta.

Itulah klaim astronom pemburu alien yang mendapati adanya sinyal misterius dari sistem bintang terdekat Matahari. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait