Sains

Berbagai Perubahan Wujud Benda, Dari Mencair hingga Mengkristal

Ada beraram perubahan wujud benda, apa saja?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi es batu. (Pixabay)
Ilustrasi es batu. (Pixabay)

Hitekno.com - Ada berbagai perubahan wujud benda yang merupakan peristiwa dari satu bentuk menjadi bentuk lain yang berbeda. Dan masing-masing punya istilahnya sendiri.

Setiap benda yang ada di sekitar kita pasti akan mengalami perubahan wujud walau tidak terlalu terlihat. Perubahan wujud tersebut termasuk wujud padat, cair dan gas. 

Perubahan wujud benda ini biasanya terjadi akibat adanya sebuah aksi atau tindakan terhadap benda tersebut, seperti pemanasan, pendinginan dan pengembunan.

Berikut beberapa peristiwa perubahan wujud benda beserta contohnya.

1.    Mencair

Mencair adalah peristiwa perubahan wujud  benda dari padat menjadi benda cair. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energy dingin.

Contohnya adalah lilin yang dibakar akan meleleh menjadi sebuah cairan. Contoh lainnya adalah coklat yang padat dipanaskan sehingga mencair dan berubah menjadi benda cair.

2.    Membeku

Membeku adalah peristiwa perubahan wujud benda dari cair hingga menjadi benda padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contohnya adalah air yang dibekukan di dalam lemari pendingin (freezer). membeku merupakan kebalikan dari perubahan wujud benda mencair.

3.    Menguap

Menguap merupakan peristiwa dimana benda cair berubah wujud menjadi gas yang memerlukan energi panas. Contoh peristiwa menguap adalah  proses penguapan pada air yang dimasak lalu bensin yang dibiarkan ditempat terbuka lama kelamaan akan habis.

Ilustrasi Salju. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi Salju. (Pixabay/Free-Photos)

 

4.    Mengembun

Perubahan wujud benda selanjutnya adalah mengembun. Perubahan wujud benda ini merupakan peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi benda cair yang memerlukan energi panas. Contoh Peristiwa ini adalah es batu diletakkan dalam sebuah gelas sehingga lama kelamaan bagian luarnya menjadi basah.

5.    Menyublim

Menyublim adalah peristiwa perubahan wujud benda padat menjadi gas. Menyublim dipengaruhi oleh suhu yang dingin. Contoh dari peristiwa ini adalah kapur barus yang ada di dalam lemari ataupun di kamar mandi lama kelamaan akan habis sendirinya.

Contoh lain perubahan wujud benda menyublim adalah berubahnya dry ice atau es kering.

6.    Mengkristal

Mengkristal adalah peristiwa perubahan wujud benda dari gas menjadi benda padat dan peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh dari peristiwa ini bisa dilihat berubahnya uap menjadi salju ataupun uap air panas yang dibiarkan membeku di tempat dingin.

Itu dia ulasan tentang beberapa peristiwa perubahan wujud benda beserta contohnya. Semoga  membantu! (Suara.com/ Theresia Simbolon).

Berita Terkait