Sains

Malam Minggu Besok, 7 Planet Ini Bakal Terlihat di Langit

Kamu bisa menyaksikannya dengan mata telanjang besok malam minggu.

Agung Pratnyawan

Planet Jupiter. (NASA)
Planet Jupiter. (NASA)

Hitekno.com - Pada malam minggu nanti, akan terlihat tujuh planet di langit malam. Apa saja, yakni Venus, Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Di antara tujuh planet tersebut, Venus akan menjadi yang paling terang. Namun Merkurius, Mars, Jupiter, dan Saturnus juga akan dapat dilihat dengan mata telanjang

Sementara Uranus dan Neptunus dapat diamati menggunakan bantuan teropong pada malam minggu besok.

Tanpa teleskop atau teropong, semua planet selain Uranus dan Neptunus akan muncul seperti bintang atau titik cahaya yang sangat terang dan tidak berkelap-kelip di langit malam.

Venus dan Merkurius paling baik dilihat di langit pagi, tepat sebelum fajar, dan Venus akan menjadi objek paling terang ketiga setelah Matahari dan Bulan.

Planet Venus. [Shutterstock]
Planet Venus. [Shutterstock]

 

Untuk menemukan Merkurius, pertama-tama pengamat harus mencari Venus lalu melihat ke bawah dekat ke cakrawala.

Menurut EarthSky, Merkurius akan terlihat paling baik di cakrawala setidaknya satu jam sebelum Matahari terbit.

Setelah Merkurius, Mars dan Jupiter akan mulai terlihat menggantikannya. Mars muncul sebagai bintang paling terang di bagian timur langit sementara Jupiter yang paling terang di barat.

Pada pekan ini pun Bulan akan menjadi sabit dan disebut sebagai Bulan Sabit Pemburu. Dinamakan seperti itu karena waktu tahun dan hubungannya dengan suku asli Amerika menggunakan Bulan purnama pada Oktober atau November untuk mengumpulkan makanan.

Bulan akan memudahkan pengamat mencari Jupiter dan Saturnus, di mana Jupiter akan menjadi yang paling terang di antara keduanya. Sedangkan Saturnus akan muncul sekitar 5 derajat di sebelah timur Jupiter.

Ilustrasi planet Merkurius. (NASA)
Ilustrasi planet Merkurius. (NASA)

 

Kedua planet akan terlihat di langit barat daya setelah Matahari terbenam. Saturnus akan tampak secerah bintang yang tidak berkelap-kelip, namun masih jauh lebih redup daripada Jupiter.

Dilansir dari Dailymail, Rabu (4/11/2020), untuk dapat mengamati cincin Saturnus, pengamat memerlukan teleskop. Cincin tersebut akan tampak miring mengarah ke Bumi.

Hari berikutnya, pengamat dapat mengamati Uranus dan Neptunus. Keduanya akan membutuhkan teropong, meskipun dimungkinkan untuk hanya melihat Uranus dengan mata telanjang sebagai bintang biru kehijauan yang samar di langit.

Itulah laporan terbaru yang menyebutkan kalau tujuh planet akan bisa dilihat langit malam minggu mendatang. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait