Sains

Program Pangan Dunia Raih Nobel Perdamaian 2020

Program Pangan Dunia dianugerahi penghargaan inikarena upaya-upayanya untuk memerangi kelaparan di dunia,

Agung Pratnyawan

Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP)
Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP)

Hitekno.com - Nobel Perdamaian 2020 telah menentukan siapa yang berhak mendapatkannya. Untuk tahun ini dianugerahkan kepada Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP).

Program Pangan Dunia dianugerahi penghargaan ini karena upaya-upayanya untuk memerangi kelaparan di dunia, demikian diumumkan oleh Komite Nobel Norwegia, Jumat (9/10/2020).

WFP, demikian diumumkan Komite Nobel di Oslo, Norwegia, telah berperan sebagai salah satu kekuatan utama untuk mencegah penggunaan kelaparan sebagai senjata dalam perang serta konflik.

Menerima penghargaan itu, WFP yang berada di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga.

Program Pangan Dunia tersebut memperkirakan bahwa pihaknya membantu sekitar 97 juta jiwa per tahun di 88 negara.

Organisasi Pangan Dunia (WFP) memenangkan Nobel Perdamaian 2020, demikian diumumkan pada Jumat (9/10/2020). [Foto:Twitter/@wfp]
Program Pangan Dunia (WFP) memenangkan Nobel Perdamaian 2020, demikian diumumkan pada Jumat (9/10/2020). [Foto:Twitter/@wfp]

 

"Penghargaan ini semoga bisa mengalihkan pandangan dunia ke jutaan orang yang menderita atau terancam kelaparan. WFP memainkan peran kunci dalam kerjasama multilateral yang menjadikan keamanan pangan sebagai instrumen perdamaian," kata Berit Reiss-Andersen, Ketua Komite Nobel Norwegia.

Pada tahun ini, ada 211 orang dan 107 yang dinominasikan untuk menerima Nobel Perdamaian. Namun penghargaannya jatuh pada Program Pangan Dunia.

Sebelumnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan aktivis lingkungan Greta Thunberg disebut sebagai kandidat kuat pemenang Nobel Perdamaian 2020.

Itulah penghargaan Nobel Perdamaian 2020 yang dianugerahkan kepada Program Pangan Dunia atau WFP. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait