Sains

Begini Jika Astronot di ISS Buang Sampah, Mirip di Bumi Nggak?

Astronot NASA ini mengumpulkan sampah di stasiun luar angkasa ke dalam kantong plastik untuk segera dibuang.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Astronot di ISS buang sampah. (instagram/nasa)
Astronot di ISS buang sampah. (instagram/nasa)

Hitekno.com - Melalui akun Instagram resminya, NASA membagikan potret astronot di ISS yang sedang membuang sampah. Mirip kebiasaan di Bumi, kemana sampah luar angkasa ini dibuang?

Potret astronot di International Space Station atau ISS yang sedang membuang sampah ini diunggah NASA melalui akun @nasa pada Minggu (16/8/2020) hari ini.

Nampak dari potret yang diunggah, seorang astronot sedang berpose ke kamera sambil membawa sekantung sampah yang melayang akibat gravitasi di luar angkasa.

Berdasarkan keterangan unggahan ini, astronot NASA, Chris Cassidy sedang mengumpulkan sampah di akhir minggu. Walaupun berada di luar angkasa, para astronot tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan di Bumi, salah satunya adalah membuang sampah.

Tepat di depannya, astronot NASA ini mengumpulkan sampah di stasiun luar angkasa ke dalam kantong plastik untuk segera dibuang. Lalu, kemana sampah-sampah luar angkasa ini akan dibuang?

Ilustrasi ISS. (Pixabay/ WikiImages)
Ilustrasi ISS. (Pixabay/WikiImages)

 

Mengutip situs resmi NASA, sistem pembuangan sampah yang dilakukan para astronot adalah dengan mengumpulkan sampah ke kantong sampah kemudian dimasukkan ke dalam roket luar angkasa seperti Northrop Grumman Cygnus atau Russian Progress.

Dua roket ini nantinya akan membakar sampah para astronot tersebut ketika masuk kembali ke dalam atmosfer Bumi. Diakui oleh NASA, penanganan sampah di ISS tentu sangat sulit dilakukan dan menjadi hal menantang.

Pasalnya, sampah yang dikumpulkan di ISS hingga memiliki berat yang cukup tentu membutuhkan waktu yang lama. Semakin lama sampah berada bersama para astronot, maka tentu beresiko pada kesehatan.

Astronot di ISS buang sampah. (instagram/nasa)
Astronot di ISS buang sampah. (instagram/nasa)

 

Di sisi lain, para astronot tidak dapat memusnahkan sampah begitu saja di luar angkasa, pasalnya hal tersebut dapat membahayakan planet-planet lain di luar angkasa.

Walaupun masih perlu penanganan yang lain untuk sampah di ISS, hingga kini para ilmuwan masih berusaha menciptakan cara baru terkait penanganan dan pengelolaan sampah untuk para astronot.

Berita Terkait