Sains

Penampakan Loch Ness Monster Bikin Geger, Ini Fakta Sebenarnya

Salah satu spekulasi menyebutkan bahwa penampakan di Loch Ness tersebut adalah Loch Ness Monster.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Penampakan diduga Loch Ness Monster. (facebook/Steve Carrington)
Penampakan diduga Loch Ness Monster. (facebook/Steve Carrington)

Hitekno.com - Pada September 2019 lalu, foto unggahan Steve Carrington di Facebook sukses membuat geger banyak orang. Dalam foto tersebu, Steve Carrington diduga memotret makhluk mitologi, Loch Ness Monster.

Lama menjadi misterius, analisa baru terkait penampakan Loch Ness Monster akhirnya diungkap oleh para ilmuwan dalam penelitian terbaru mengenai hal ini.

Menurut pengakuan Steve Carrington selaku pemilik foto, penampakan Loch Ness Monster ini ia temui saat berada di danau Loch Ness di Skotlandia pada September 2019 lalu.

Saat mengambil foto tersebut, dirinya mengaku melihat riakan air diikuti oleh seekor makhluk air yang berenang ke permukaan air. Usai fotonya diunggah ke Facebook, banyak spekulasi mencuat terkait hal ini.

Salah satu spekulasi menyebutkan bahwa penampakan di Loch Ness tersebut adalah Loch Ness Monster. Cukup membuat geger, usai menunggu lama, penelitian yang dilakukan Loch Ness Mystery lalu mengungkap fakta sebenarnya.

Ikan Lele di Italia. (twitter/angling_times)
Ikan Lele di Italia. (twitter/angling_times)

 

Menurut hasil penelitian yang dilakukan, Loch Ness Mystery mengungkap bahwa penampakan hewan di permukaan Loch Ness tersebut adalah seekor ikan lele atau Slurus Glanis. Tepat pada punggung kedua hewan ini ditemukan kesamaan corak.

Sebelumnya, seekor ikan lele Silurus Glanis ditemukan di Sungai Po, Italia. Ikan lele raksasa ini memiliki berat 130 kilogram atau 286 pon dan panjang 268 sentimeter atau 105,5 inci.

Namun, fakta ini cukup mengejutkan bagi Loch Ness Mystery. Pasalnya, selama bertahun-tahun melakukan penelitian, kelompok ini sama sekali tidak menemukan jejak DNA ikan lele di lokasi tersebut.

Kesamaan penampakan diduga Loch Ness Monster dan Ikan Lele. (twitter/supahflylol)
Kesamaan penampakan diduga Loch Ness Monster dan Ikan Lele. (twitter/supahflylol)

 

Mengutip Science Alert, ugaan lain menyebutkan bahwa Steve Carrington yang bekerja sebagai seniman 3D bisa saja telah memanipulasi foto tersebut.

Sudah lama rasanya para ilmuwan terlibat dalam penelitian untuk membuktikan keberadaan Loch Ness Monster. Namun, tidak juga mendapat titik terang, Hingga kini, Loch Ness Monster tinggal sebagai misteri di danau tersebut.

Berita Terkait