Sains

Ulang Tahun, Teleskop Hubble Pamer Foto Menakjubkan Ini

Terungkap bahwa foto menakjubkan yang dirilis memperlihatkan dua nebula yang berada di Large Magellenic Cloud.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Foto nebula hasil karya Teleskop Hubble. (NASA)
Foto nebula hasil karya Teleskop Hubble. (NASA)

Hitekno.com - 30 tahun lalu, Teleskop Hubble resmi diluncurkan menjadi observatorium luar angkasa. Merayakan ulang tahunnya pada 24 April, belum lama ini NASA merilis foto menakjubkan yang diambil oleh Teleskop Hubble.

Membantu ilmuwan di Bumi memantau luar angkasa, sudah banyak kontribusi yang diberikan oleh Teleskop Hubble bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya mengenai antariksa.

Teleskop Hubble pertama kali meluncur pada 24 April 1990 lalu, salah satu hal menarik yang berhasil diungkap Teleskop Hubble adalah umur alam semesta yaitu 13,8 miliar tahun.

Observatorium luar angkasa ini juga membantu ilmuwan mengungkap exoplanet yang mengorbit bintang dan Matahari, atau bahkan berbagai fenomena seperti nebula hingga black hole.

Melalui situs resmi dan unggahan Instagram @nasa, sebagai perayaan ulang tahun ke-30 Teleskop Hubble, foto menakjubkan di luar angkasa ini lalu dirilis.

Teleskop Hubble. (NASA)
Teleskop Hubble. (NASA)

 

Berdasarkan caption unggahan Instagram tersebut, terungkap bahwa foto menakjubkan yang dirilis memperlihatkan dua nebula yang berada di Large Magellenic Cloud. Berwarna merah dan biru, dua nebula ini layaknya cairan cat yang tumpah di atas tembok hitam.

Diketahui, nebula yang berwarna merah adalah NGC 2014 yang dihiasi bintang-bintang cerah. Sedangkan nebula yang berwarna biru adalah NGC 2020 yang terbentuk saat bintang mengeluarkan gas.

Para ilmuwan juga ikut dibuat terpukau dengan penampakan foto menakjubkan yang dirilis NASA saat peringatan ulang tahun Teleskop Hubble ini. Menurut para ilmuwan, foto ini adalah yang paling indah yang pernah diambil oleh Teleskop Hubble.

Foto nebula hasil karya Teleskop Hubble. (NASA)
Foto nebula hasil karya Teleskop Hubble. (NASA)

 

Setelah 30 tahun beroperasi, jasa Teleskop Hubble memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun begitu, layaknya manusia yang menua, Teleskop Hubble juga mengalami perubahan dan penuaan.

Menurut rencana, 2021 akan menjadi masa di mana penerus Teleskop Hubble akan dirilis. Adalah James Webb Space Telescope yang akan menggantikan kerja Teleskop Hubble nantinya. Sekali lagi, selamat ulang tahun Teleskop Hubble!

Berita Terkait