Sains

Biar Nggak Bosan, NASA Membuka Pelatihan Astronot Online

Program pelatihan astronot online ini mencakup cara menjadi astronot hingga meluncurkan roket.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi astronot. (unsplash/NASA)
Ilustrasi astronot. (unsplash/NASA)

Hitekno.com - Menghibur siapa saja yang harus di rumah aja selama masa isolasi, NASA belum lama ini merilis program pelatihan astronot yang dapat dilakukan secara online.

Mewujudkan mimpi siapa saja yang ingin terbang ke Bulan atau luar angkasa, NASA bersama ISS National Lab lalu merilis program satu ini di tengah masa pandemi.

Mengutip Sciencealert.com, program ini dikhususkan untuk anak-anak yang harus di rumah aja selama masa pandemi. Program pelatihan mencakup cara menjadi astronot hingga meluncurkan roket.

NASA sadar betul bahwa hal-hal yang menjadi pekerjaannya ini membuat banyak orang penasaran termasuk anak-anak. Hal ini yang lalu melatar belakangi kemunculan program tersebut.

Lebih lanjut, NASA berharap agar anak-anak nantinya tertarik dengan berbagai aktivitas dalam sains, kesehatan, matematika, robotik, hingga fisika.

Logo NASA. (Shutterstock)
Logo NASA. (Shutterstock)

 

Secara khusus, program pelatihan astronot online ini nantinya dilengkapi dengan panduan spesifik untuk anak-anak dari bangku TK hingga SMA.

Cukup detail, seluruh pelatihan astronot online ini membuat anak-anak akan merasa langsung apa yang sering kali dilakukan para astronot di International Space Station atau ISS.

Menggunakan data satelit, anak-anak nantinya akan belajar cara mencari planet dan bintang kerdil layaknya para ilmuwan yang begitu sibuk mempelajari antariksa dan segala isinya.

Astronot. (Pixabay/WikiImages)
Ilustrasi astronot. (Pixabay/WikiImages)

 

Makin menarik, anak-anak yang mengikuti program pelatihan astronot online ini akan memilih tumbuhan yang akan ditanam di ISS, tiga tanaman legume tersebut antara lain alfalfa, kacang hijau dan lentil.

Nantinya, bibit tanaman tersebut akan dibawa oleh roket SpaceX untuk misi pengiriman kargo ke ISS pada Oktober 2020 mendatang.

Pelatihan astronot online dari NASA tersebut nantinya sudah bisa diakses melalui situs resmi lembaga antariksa Amerika Serikat ini.

Berita Terkait