Sains

China Sebut Obat Flu Asal Jepang Ini Ampuh Sembuhkan Pasien Virus Corona

Zhang Xinmin dari Kementerian Teknologi dan Sains China yang menyampaikan pernyataan mengejutkan mengenai obat flu asal Jepang ini.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Hitekno.com - Pernyataan mengejutkan baru saja disampaikan oleh beberapa pejabat negara China yang mengklaim bahwa obat flu asal Jepang sangat ampuh untuk sembuhkan pasien virus corona yang kini mewabah.

Adalah Zhang Xinmin dari Kementerian Teknologi dan Sains China yang menyampaikan pernyataan mengejutkan mengenai obat flu asal Jepang ini.

Mengutip The Guardian, menurut Zhang Xinmin, obat flu asal Jepang, favipiravir atau avigan memberikan hasil yang baik saat diuji coba klinis di Wuhan dan Shenzhen.

Punya tingkat keamanan yang tinggi dan efektif dalam terapi, obat flu avigan ini dirasa mampu menangani masalah virus corona yang kian hari terus memakan korban jiwa.

Membuktikan keampuhan avigan ini, dilakukan uji klinis pada 340 pasien positif. Saat diberi obat avigan tersebut, dalam 4 hari, pasien positif itu berubah status menjadi negatif.

Avigan dan Klorokuin untuk pasien Corona Covid-19. (Shutterstock)
Avigan dan Klorokuin untuk pasien Corona Covid-19. (Shutterstock)

 

Hal ini berbanding terbalik dengan pasien positif yang tidak diberi avigan. Pasien tersebut menghabiskan waktu sebanyak 11 hari sebelum kemudian membaik atau bahkan memburuk.

Uji sinar-X juga membuktikan bahwa terjadi peningkatan kondisi paru-paru sebanyak 91 persen pada pasien positif virus corona yang diobati dengan avigan. Angka ini berbeda jauh jika dibandingkan dengan 62 persen yang tidak diobati menggunakan avigan.

Semenjak statement ini diberikan, saham Fujifilm Toyama Chemical selaku produsen avigan meningkat drastis. Namun, pihak perusahaan memilih untuk tidak banyak berbicara terkait hal ini.

Mengenai hal ini, dikonfirmasi bahwa pihak rumah sakit di Jepang memang menggunakan obat yang sama untuk pasien virus corona dalam gejala ringan hingga sedang.

Ilustrasi virus corona. (Pixabay/ iXimus)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay/iXimus)

 

Ampuhnya avigan untuk menangani virus corona memang belum diketahui dengan pasti. Namun, sejarah mencatat pada tahun 2016, avigan digunakan sebagai bantuan darurat untuk penanganan virus ebola di Guinea.

Untuk penggunaan skala penuh pada pasien virus corona, perlu adanya persetujuan pemerintah. Diketahui, pemerintah telah memesan lima ribu avigan untuk penanganan virus corona di Indonesia. Menurut rencana, akan ada pemesanan dua juta avigan lagi.

Mengenai ampuhnya obat flu, Avigan untuk atasi virus corona memang masih dalam penelitian. Jepang sendiri diketahui sudah memulai uji coba obat flu avigan untuk pasien virus corona.

Berita Terkait