Sains

Astronot Misi Apollo 11 Beri Saran Ini untuk Karantina Virus Corona

Sebelumnya, bersama dengan Neil Armstrong dan Michael Collins, Buzz Aldrin menghabiskan 21 hari di karantina.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Buzz Aldrin. (NASA)
Buzz Aldrin. (NASA)

Hitekno.com - Berbicara mengenai karantina, astronot Buzz Aldrin sepertinya sudah sangat tidak asing dengan proses ini. Menanggapi wabah virus corona saat ini, Buzz Aldrin lalu memberi beberapa saran terkait karantina virus corona.

Sebelumnya, bersama dengan Neil Armstrong dan Michael Collins, Buzz Aldrin menghabiskan 21 hari di karantina usai melakukan misi ke Bulan tahun 1969 lalu.

Karantina yang dilakukan ini bertujuan untuk menghindari penyebaran bakteri dan kuman asing yang mungkin saja dibawa oleh ketiga astronot kenamaan ini.

Kejadian tersebut terjadi pada tahun 1969 usai NASA mengirimkan tiga astronotnya untuk misi ke Bulan menggunakan kapsul astronot Apollo 11.

Takut jika tiga astronot ini membawa penyakit atau kuman dari luar angkasa, astronot-astronot ini lalu di karantina dengan menganakan pakaian anti-kontaminasi. Ketiga astronot ini lalu dibawa ke pusat karantina yang ada di Houston, Texas.

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

 

Tiba di lokasi tersebut, ketiganya lalu menjalani karantina dalam trailer Airstream yang sudah dimodifikasi bernama Mobile Quarantine Facility atau MQF.

Trailer ini lalu diletakkan di Lunar Receiving Laboratory. Buzz Aldrin dan kawan-kawan lalu menghabiskan waktu sebanyak kurang lebih 3 minggu dalam masa karantina di lokasi tersebut.

Mengutip News Week, belajar dari masa karantinanya, Buzz Aldrin lalu memberikan beberapa saran untuk karantina manusia dari virus corona.

Misi Apollo 11. (NASA)
Misi Apollo 11. (NASA)

 

Dalam sebuah wawancara, Buzz Aldrin menjelaskan bahwa yang ia lakukan untuk melindungi diri adalah dengan berbaring dan mengunci pintu.

Untuk nasihat pada masa karantina virus corona, Buzz Aldrin menjelaskan bahwa dirinya dan Mike Collins biasanya akan berolahraga dan lari-lari kecil di masa karantina.

Di usianya yang ke-90 tahun, Buzz Aldrin memang memiliki resiko tinggi terpapar virus corona. Namun, pria paruh baya ini sepertinya benar-benar menikmati masa karantina yang diwajibkan oleh pemerintah ini.

Berita Terkait