Sains

Menyeramkan, NASA Temuka Dua Planet yang Saling Bertabrakan!

Tabrakan antara dua planet dialami oleh dua exoplanet yang berada di luar Tata Surya kita.

Agung Pratnyawan

Logo NASA. (NASA)
Logo NASA. (NASA)

Hitekno.com - Selama ini tabrakan dua planet hanya menjadi dongeng sains fiksi saja. Namun ternyata, kejadian tersebut memang benar ada di kehidupan nyata.

Badan antariksa Amerika Serikat NASA, mengungkap temuan mereka di luar angkasa terkait tabrakan planet yang menyeramkan.

Gawatnya, kejadian ini benar-benar dialami oleh dua exoplanet yang berada di luar Tata Surya kita. Seperti dikutip dari Mirror, Minggu (12/1/2020), NASA telah mempublikasikan temuannya ini.

NASA menyebut, ada dua exoplanet yang bertuburkan pada 2010, sehingga menyebabkan akibat yang mengerikan.

Kedua planet tersebut berada di sistem planet BD +20 307 yang letaknya sekitar 300 tahun cahaya dari Bumi, atau tepatnya di konstelasi Aries.

Pada tahun 2010, NASA mendeteksi level debu tinggi di sana, mengindikasikan adanya dua planet yang mungkin bertubrukan. Sementara riset terbaru menguatkan dugaan tersebut.

"10 tahun silam, ilmuwan berspekulasi bahwa debu yang ada itu merupakan akibat dari tabrakan antar planet. Sekarang, misi SOFIA NASA menemukan lebih banyak debu hangat, mendukung spekulasi itu," terang NASA.

Ilustrasi dua asteroid tabrakan. [NASA]
Ilustrasi dua asteroid tabrakan. [NASA]

 

Dengan temuan itu, NASA bisa menggambarkan lebih lengkap soal terjadinya sejarah Tata Surya kita yang selama ini hanya berpusat pada Teori Big Bang saja.

"Tabrakan semacam itu mirip dengan peristiwa yang menciptakan Bulan kita," lanjut NASA.

Sebagai informasi, Bulan terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu, sekitar 30 sampai 50 juta tahun setelah awal Tata Surya. Satelit alami Bumi itu terjadi diduga akibat tubrukan antar planet.

"Bulan terbentuk dari serpihan yang terlempar ke orbit oleh tabrakan masif antara Bumi awal dan planet lain seukuran Mars," tutup ilmuwan NASA Jan Heldmann.

Itulah hasil temuan NASA yang menyebutkan benar adanya tabrakan planet di Tata Surya kita. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait