Sains

NASA Ketar-ketir, 4 Asteroid Ini Jadi Teror Mengerikan Sepanjang 2019

Sedikit throwback, berikut 4 asteroid yang jadi teror mengerikan sepanjang 2019 hingga buat NASA ketar-ketir.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi asteroid. (pixabay/UKT2)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/UKT2)

Hitekno.com - Sepanjang 2019, NASA dibuat ketar-ketir dengan kedatangan asteroid yang lewat atau bahkan hampir menghantam Bumi. Dari sekian banyak asteroid yang melintas, 4 asteroid ini sepertinya menjadi beberapa yang sukses jadi teror mengerikan untuk Bumi.

Sekadar lewat atau bahkan menghantam Bumi, benda luar angkasa ini benar-benar tidak bisa dianggap remeh.

Walaupun akan hancur saat melewati atmosfer Bumi, pecahan asteroid ini bagaimana pun bentuknya, dapat berakibat fatal dan mengancam.

Bahkan dalam penelitian terbaru, para ilmuwan sepakat bahwa asteroid bisa saja mengakibatkan kiamat untuk Bumi. Ilmuwan asal Irlandia, Alan Fitzsimmons menjelaskan bahwa hal ini dapat terjadi jika asteroid raksasa datang ke Bumi.

Mengatasi ancaman serius ini, Alan Fitzsimmons menjelaskan bahwa manusia perlu bersiap dan memikirkan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari hal mengerikan ini terjadi.

Sedikit throwback, berikut 4 asteroid yang jadi teror mengerikan sepanjang 2019 hingga buat NASA ketar-ketir.

1. Asteroid God of Chaos

Ilustrasi asteroid. (pixabay/rolandoemail)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/rolandoemail)

 

Bulan Mei 2019, NASA melakukan persiapan matang terkait kedatangan asteroid besar bernama God of Chaos dengan lebar 340 meter dan masuk dalam kategori asteroid yang membahayakan Bumi.

Ditemukan pada Juni 2004 lalu, seperti namanya, asteroid ini dapat menimbulkan hal mengerikan jika benar menabrak Bumi. Namun, cukup tanggap dengan perhitungan matang, NASA memastikan bahwa asteroid God of Chaos ini hanya akan melintas dekat Bumi.

2. Asteroid dengan Bulan

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Charlvera)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Charlvera)

 

Mei 2019 sepertinya menjadi masa di mana berbagai asteroid mengerikan melintas dekat Bumi. Usai mendeteksi asteroid God of Chaos, NASA kembali menemukan asteroid dengan bulan sendiri yang mendekat ke arah Bumi.

Asteroid berdiameter hampir 1 mil atau 1,5 kilometer ini merupakan bagian dari asteroid besar yang mengorbit bulan. Saat pertama terdeteksi, asteroid ini berada di jarak aman dengan Bumi.

NASA memprediksi jika asteroid dengan bulan ini akan berada dekat dengan Bumi pada tahun 2036 mendatang.

3. Kecolongan, asteroid ini meledak di Bumi

Ilustrasi asteroid. (pixabay/TBIT)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/TBIT)

 

Sepanjang tahun, NASA berusaha semaksimal mungkin untuk waspada dengan kedatangan asteroid yang mengancam. Namun, pada Juli 2019 lalu, NASA kecolongan, sebuah asteroid meledak di Bumi.

Asteroid berukuran kecil ini sempat dikira berada di jarak aman dari Bumi. Namun, NASA salah perhitungan. Pada 22 Juli 2019, asteroid bernama 2019 MO ini meledak di atas Laut Karibia. Beruntung tidak ada korban jiwa dan merusak fasilitas Bumi.

4. Asteroid sebesar Burj Khalifa berpapasan dengan Bumi

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Buddy_Nath)

 

Pertengahan September 2019, asteroid sebesar Burj Khalifa berpapasan dengan Bumi. Momen tersebut dilaporkan langsung oleh NASA setelah memastikan bahwa asteroid ini tidak berpotensi bahaya untuk Bumi.

Asteroid raksasa ini cukup mengejutkan dan melintasi Bumi dengan kecepatan 14.400 mil per jam atau setara dengan 19 kali kecepatan suara.

Cukup aman, asteroid sebesar Burj Khalifa ini berjarak 3,3 juta mil dari Bumi. Menurut prediksi, asteroid ini berada dekat dengan Bumi pada 2038 mendatang.

Itu tadi 4 asteroid yang jadi teror mengerikan sepanjang tahun 2019 hingga membuat NASA ketar-ketir. Kamu paling terkejut dengan kedatangan asteroid yang mana?

Berita Terkait