143 Lukisan Kuno Berumur Ribuan Tahun Ditemukan, Tampilkan Karakter Aneh!

Lukisan kuno berumur setidaknya 2.000 tahun ini menampakkan karakter unik dan aneh.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
Rabu, 20 November 2019 | 10:45 WIB
Ilustrasi lukisan kuno dengan bentuk aneh. (Yamagata University)

Hitekno.com - Jiwa seni atau imajinasi tinggi sudah dimiliki oleh suku kuno yang hidup pada ribuan tahun lalu. Ilmuwan baru saja menemukan ratusan lukisan kuno yang menampakkan karakter unik dan aneh.

Sekitar 2.000 tahun lalu, suku kuno di Peru selatan menciptakan gambar besar di tanah, yang sekarang dikenal sebagai Nazca Line atau Garis Nazca.

Baca Juga: - Disebut New York dari Zaman Perunggu, Arkeolog Temukan Kota Kuno Ini - Robot Curiosity Temukan Oasis Kuno di Planet Mars, Tanda-Tanda Kehidupan? - Arkeolog Temukan Mumi Fashionista dari Peradaban Kuno di Siberia - Inilah Penyebab Banyak Patung Mesir Kuno yang Hidungnya Rusak

Ilmuwan telah menggunakan teknik-teknik canggih untuk menemukan 143 "geoglyph," yang sebelumnya tidak dikenal.

Sebagai referensi, geoglyph adalah desain atau motif besar (umumnya berukuran lebih dari 4 meter) yang diproduksi di tanah atau elemen lanskap yang tahan lama seperti batu, pecahan batu, pohon, atau dataran berkerikil.

Perilisan resmi yang dikeluarkan oleh Yamagata University mengungkapkan penelitian terbaru para ilmuwan yang berhasil menampilkan geoglyph dengan bantuan AI.

Lukisan kuno yang menampakkan makhluk humanoid. (Yamagata University)

Penelitian yang dipimpin oleh Masato Sakai, seorang ilmuwan sekaligus antrpolog budaya mengungkapkan 143 lukisan kuno yang diambil dari satelit luar angkasa.

Upaya-upaya ini mengarah pada penemuan baru yang berkisar 5 hingga 100 meter panjangnya.

Ternyata suku kuno gemar menggambar berbagai benda dan benda hidup termasuk manusia, burung, monyet, ikan, reptil, dan desain yang lebih abstrak.

Ilustrasi lukisan kuno yang menampakkan ular berkepala dua memakan manusia. (Yamagata University)

Gambar-gambar itu dibuat oleh budaya kuno dengan menghilangkan lapisan tanah hitam berbatu, yang mengungkapkan pasir berwarna terang di bawahnya.

Dikutip dari Vice, bahkan ilmuwan juga menemukan lukisan kuno bergambar ular raksasa berkepala dua yang memakan manusia serta makhluk humanoid dengan dua wajah di tiap sisi atas bawah.

Geoglyph yang diberi label Tipe A membentang setidaknya 50 meter dan umumnya muncul dalam garis waktu peradaban Nazca, antara 100 dan 300 Masehi.

Pada periode itu, suku kuno cenderung melukis objek yang mewakili hewan.

Geoglyph yang lebih kecil, yang disebut Tipe B, biasanya beberapa abad lebih tua daripada rekan-rekan mereka yang lebih besar, dan berasal dari sekitar 100 SM.

Objek-objek yang digambar cenderung lebih abstrak dan menampilkan upacara ritual.

Penelitian yang bekerja sama dengan Pusat Penelitian IBM akan terus mengembangkan AI sehingga citra satelit dapat mengungkapkan lukisan kuno lainnya yang belum terpecahkan.